Share on Pinterest
More share buttons
Pemandangan Saat Mengajar dengan Sanggar Juara Bogor

Sanggar Juara Bogor, Siap Mencetak Juara

Bogor, kota yang identik dengan angkotnya ini memiliki hal yang patut dibanggakan loh. Selain karena destinasi wisata di Bogor dan segudang wisata kuliner Bogor lezat yang ada di sini, Kota Bogor juga memiliki anak-anak muda yang patut diacungi jempol, pasalnya, anak-anak muda di Bogor masih peduli dengan kondisi pendidikan yang ada di kota hujan ini. Hal ini tercermin dari banyaknya komunitas anak muda yang bergerak di bidang pendidikan anak salah satunya Sanggar Juara. Kalau beberapa komunitas pendidikan Bogor mengadakan kegiatan di bagian kota, Sanggar Juara ini lebih melipir sedikit menjauh dari keramaian Kota Bogor alias memilih mengabdi di Bogor bagian kabupaten.

Logo Sanggar Juara Bogor

Logo Sanggar Juara Bogor

Ezytravelers ingin tau kegiatan teman-teman di sini apa saja? Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya kita tau dulu ya latar belakang berdirinya Sanggar Juara ini seperti apa. Karena pepatah mengatakan tak kenal maka kenalan kan? ๐Ÿ˜›

Sanggar Juara berawal dari sebuah program kreativitas mahasiswa (PKM) bidang pengabdian kepada masyarakat yang diusung oleh Yuris Aprilia Setiawan, Faris Prianto, Adelia Ruspita, M. Ashraf Asmat dan Valentina Sokoastri. Program ini berlangsung selama satu tahun dan mendapat pendanaan dari DIKTI loh ezytravelers. Setelah lepas dari pendanaan DIKTI, pada tahun 2010, Valentina dkk merasa sayang jika program ini harus berhenti. Dengan dibantu oleh salah satu himpunan mahasiswa, Valentina dkk merekrut teman-teman mahasiswa untuk menjadi kakak asuh dan bisa terus berbagi dengan adik asuh yang membutuhkan perhatian khusus di bidang pendidikan.

Keanggotaan

Dengan terus berjalannya waktu dan perkembangan dari komunitas yang berbasis di Kabupaten Bogor ini, yang awalnya hanya sebagai kegiatan mahasiswa, sekarang kegiatan yang bersifat voluntary ini bisa diikuti oleh ezytravelers yang memiliki passion yang sama di bidang pendidikan loh.

Pembukaan untuk menjadi pengurus dibuka tiap tahun. Tapi untuk ezytravelers yang tidak suka status yang mengikat, bisa juga loh datang sesekali untuk ikut mengajar. Ikut mengajar dengan Sanggar Juara, selain memberikan pengalaman baru bisa juga sebagai sarana refreshing setelah seminggu bekerja. Jadi kalau saya sih menjadikan ini sebagai wisata alternatif ketika penat tengah melanda. Karena setiap habis ikut mengajar, hari Seninnya jadi semangat kerja lagi :โ€™D

Pengurus Sanggar Juara Bogor Sedang Melakukan Donasi Untuk Adik Asuh

Pengurus Sanggar Juara Bogor Sedang Melakukan Donasi Untuk Adik Asuh

Kegiatan

Karena bergerak di bidang pendidikan, tentu saja kegiatan utama dari komunitas yang sejak tahun 2015 sudah mendapat SK yayasan ini adalah memberikan pengajaran kepada adik asuh. Tetapi selain memberikan pengajaran rutin untuk adik asuh setiap minggu, Sanggar Juara rutin memberikan pelatihan keterampilan, kesenian dan kebudayaan, olahraga dan kewirausahaan. Mereka juga aktif menyelenggarakan kampanye yang berkaitan dengan pendidikan loh ezytravelers. Selain itu, mereka juga sering memfasilitasi komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah dan pengusaha. Kerjasama dengan sesama komunitas juga sering dilakukan komunitas ini.

Olahraga Bareng Adik-Adik Sanggar Juara Bogor Yuk

Olahraga Bareng Adik-Adik Sanggar Juara Bogor Yuk

Memberikan pendidikan berbasis karakter dalam setiap pengajaran yang diberikan merupakan tujuan utama dari komunitas yang sudah mendapat SK yayasan ini loh ezytravelers. Nantinya hasil pengajaran rutin setiap minggunya ini ditampilkan pada kegiatan tahunan yang diharapkan dapat melatih mental adik asuh dari Sanggar Juara. Kabar gembiranya, kegiatan tahunan ini dibuka untuk umum, jadi ezytravelers yang kebetulan sedang berwisata ke Bogor bisa memasukan Sanggar Juara Festival ke dalam list kegiatan ezytravelers ๐Ÿ˜€

Kerjasama Sanggar Juara Bogor dengan Agro Edutourism

Kerjasama Sanggar Juara Bogor dengan Agro Edutourism

Sanggar Juara juga telah membuka tiga taman baca (sebutan untuk perpusatakaan dari Sanggar Juara) di tiga lokasi yaitu Jasinga, Dusun Pabuaran dan Tambilung Leuwiliang. Kalau ezytravelers berkesempatan mengunjungi tiga taman bacanya, mungkin akan merasa lelah di perjalanan karena jarak tempuh yang cukup jauh, tetapi setelah sampai di lokasi, semua rasa lelah terbayar dengan melihat senyum dari adik asuh (adik binaan) Sanggar Juara.

Jalan-jalan di Bogor, tapi takut ada spot kelewat? Hmm.. tour aja! Nih cari Tour Murah Indonesia di Ezytravel, Sekalian weekend di Bogor, cari Hotel di Bogor, dan kalau mau sekalian ke banyak destinasi wisata lain, langsung aja Booking Tiket Online cari pesawat dengan harga terbaik ke destinasi favorit kamu!

Lokasi

Sebelumnya sudah disebutkan ya ezytravelers, pengabdian yang dilakukan Sanggar Juara lebih fokus ke Kabupaten Bogor. Membuka perpusatakaan di tiga lokasi, dan fokus melakukan pengajaran rutin di satu lokasi, yaitu Dusun Pabuaran. Jadi kalau ezytravelers ingin melihat sisi lain dari Bogor dan mungkin bosan berkegiatan di kota, cocok banget nih kalau ezytravelers ikut mengajar. Sambil mengajar menghirup udara segar kalau kata pepatah ๐Ÿ˜›

951 Total Views 3 Views Today
Sanggar Juara Bogor, Siap Mencetak Juara
Vote Us
(Visited 79 times, 2 visits today)


'Sanggar Juara Bogor, Siap Mencetak Juara' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2015ย Hellobogor.comย a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool