Share on Pinterest
More share buttons
Rujak Mawar

Rujak Mawar, Rujak Juara di Kabupaten Bogor

Jajanan masa kini sudah bermacam saja rasa dan bentuknya. Kemajuan kuliner yang makin inovatif di Bogor ini tentunya ada pengaruh, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Sebut saja negara Asia yang cita rasa kulinernya sedang hits di kota Bogor, seperti Thailand dengan Tom Yam juga Korea dengan GipBam bahkan lucunya ada dessert Korea yang dinamakan dengan nama khas Bogor, yaitu Jagorawi Ice. Haha lucuu yaa!  Sedangkan di sisi lain jika kita menelisik kuliner lokal yang kekinian dan menarik misalnya martabak kekinian, ataupun kebab jumbo yang hits, ketan susucireng rujak dan lain-lain. Membicarakan cireng rujak memang enak, sebuah jajanan renyah dengan balutan bumbu rujak yang pedas manis. Hihi. Rujak selain sebagai bumbu cireng, tentunya menjadi jajanan tradisional yang juara rasanya!  Campuran berbagai macam sayuran atau buah segar bahkan asam yang dibalut bumbu manis dan pedas rasanya akan buat mata melek dan nagih terus! Wkwk.

Rujak Mawar Ibu Marni

Rujak Mawar Ibu Marni

Di Nusantara ini ternyata kita punya segudang kuliner yang tak habis-habis untuk dicicipi haha, termasuk panganan tradisional satu ini, yaitu Rujak. Rujak yang ada di Indonesia ternyata ada sampai belasan rujak lho!

  1. Rujak Cingur, rujak khas Surabaya ini biasaya berisi moncong sapi yang direbus dan diiris dicampur dengan timn, bengkuang, tahu, tempe, tauge, dan sayur lalu diuleg bersama petis, cabai, pisang menjadi satu paduan membuat rujak cingur.
  2. Rujak Kuah Pindang, rujak khas Bali ini biasanya berisi potongan buah segar ditambah kuah encer yang terbuat dari ikan, garam, terasi, dan cabai. Wohoo!
  3. Rujak Bebeg, rujak khas Cirebon ini berisi potongan buah mangga, mentimun, jambu, nanas, bengkuang yang dimasukkan ke dalam lesung dan ditumbuk bersama bumbu gula merah, teras, asam jawa, dan cabai.
  4. Rujak Soto, rujak khas Banyuwangi ini adalah perpadua rujak Cingur yang diguyur soto daging. Hmm, kayak apa tuh ya rasanyaa?
  5. Rujak Petis Madura, rujak khas Madura ini berisi Petis Madura yang asin dihaluskan dengan cabai dan air kemudian dicocol dengan potongn mentimun atau mangga muda.

Ah, membahas rujak berbagai daerah tentunya buat makin geregeretan mau coba rujak khas Bogor! Rujak khas Bogor yang terkenal adalah asinan dan rujak buah. Kali ini saya akan bahas Rujak buah andalan warga Bogor dijamin antri setiap beli kesini! Hihi. Disaat lidah ingin sesuatu yang asam dan pedaaaassss, ini artinya waktu yang tepat untuk Rujak Mawar, Rujak Juara Kabupaten Bogor!

RujakMawar, Rujak Juara Kabupaten Bogor

RujakMawar, Rujak Juara Kabupaten Bogor

Apa sih spesialnya dari Rujak Mawar ini?

Rujak yang berisi berbagai buah ini, diisi oleh buah-bahan yang bersih, sehat, dan segar! Apa aja ya isi buah-buahannya? Kulik yuk! Rujak Mawar berisi Kedondong dan Mangga muda yang asam khas buat mata merem melek hihi, katanya sih seorang Ibu hamil yang sedang ngidam suka makan mangga muda ini. Hihi.  Buah kedondong yang mengandung zat besi, kalsium dan vitamin A ini baik untuk Ibu Hamil, selain itu juga tentunya sebagai penambah energi. Selain itu, segarnya rujak bisa diperoleh dari buah nanas. Kandungan fosfor dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, serta vitamin C untuk membantu kekebalan tubuh, meyakinkan untuk makin dinikmati. Yuhuu!

Disamping itu, adanya Mentimun dan Jambu Air menambah kesegaran dalam rujak. Kandungan air yang banyak dalam Jambu Air menghindarkan dari dehidrasi, melancarkan pencernaan, serta vitamin B3 mengoptimalkan kesehatan otak. Tak lupa, buah yang jelas pasti ada di rujak yang berwarna putih dan menjadi kesukaan Ezytravelers adalah Bengkuang. Buah putih satu ini memang cocok bagi pendiet, karena Bengkoang sangat rendah kalori, tinggi serat, dan kaya vitamin C. Gimana hebat ya jajanan tradisional khas Bogor satu ini? Sederhana tapi kaya manfaat! Makin menikmatinya karena dilengkapi dengan bumbu yang pedas dan manis khas Rujak Mawar, Rujak Juara Kabupaten Bogor!

Rujak Mawar

Rujak Mawar, Rujak Juara Kabupaten Bogor

Kenapa bernama Rujak Mawar?

Mendulang nama besar warung sebelah yaitu Sate Mawar yang terkenal enak dan beragam satenya, dari sate ayam, sate kambing, sate hati hingga sopnya, dengan simpelnya pemilik Rujak Mawar ini menamakan Rujaknya Rujak Mawar. “Supaya mudah ditemukan orang” ujar Ibu Marni. Ya betul saja, dengan cara tersebut masyarakat jadi mudah menemukan keberadaan Rujak Mawar, Rujak Juara Kabupaten Bogor ini. Ide bagus Bu Marni! Hehe. Jadi Rujak Mawar ini memang berlokasi di Jl. Raya Cikaret No.65, Pabuaran, Cibinong.

Rujak Mawar

Rujak Mawar, Rujak Juara Kabupaten Bogor

Ada apa di Rujak Mawar?

Selain rujak yang sehat dan segar, juga terkenal dengan gado-gado, karedok, dan asinannya loh! Selain segar dan sehat, semua makanan ini pun harganya terjangkau hanya RP 12000. Kalau kamu penasaran ingin mencoba, jangan sekali-kali datang kesorean ya! Warung Ibu Marni ini buka dari pukul 09.00 WIB dan tutup di siang hari saat habis makanannya. Jika kesini harus siap sabar mengantri yaa Ezytravelers! Karena ini sudah jadi favoritnya warga kabupaten Bogor. Hehe.

2017 Udah gak jaman jalan-jalan mahal! Temukan pilihan terbaik ini: Booking Tiket Online, Paket wisata Indonesia dan Keliling Nusantara

Oiya satu hal penting saat pesan makanan, pastikan level pedas yang kamu siap nikmati, karena Ibu pemilik Rujak Mawar ini tidak pelit memberi segenggam cabai super pedas (walaupun harga cabai sudah naik ratusan ribu!) dalam makanan kamu jika kamu beneran siap pedaaas! Wohooo! Selamat ngerujak Ezytravelers!

tiket mudik murah

582 Total Views 1 Views Today
Vote Us
(Visited 278 times, 1 visits today)



'Rujak Mawar, Rujak Juara di Kabupaten Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool