Share on Pinterest
More share buttons
Resto Sunda

Resto Sunda di Bogor

Akhir pekan kemarin, bingung makan siang dimana. Akhirnya diputuskan untuk berburu masakan sunda sekaligus wisata kuliner di Bogor. Terbayang lalapan, sambal, sayur asem, dan nasi bakar. Dimana ya?

Usut punya usut ternyata nama sunda memiliki sejarah yang panjang loh. Angga Sukma Wijaya dalam artikelnya menceritakan bahwa bertahun-tahun yang lalu Gunung Sunda lahir dari kaldera letusan Gunung Jayagiri. Setelah gunung Jayagiri membentuk kaldera, 300.000 tahun kemudian lahirlah Gunung Sunda. Secara tertulis kata sunda pertama kali terdapat pada Prasasti Tugu yaitu Sundapura sebagai ibu kota Kerajaan Tarumanagara yang didirikan oleh Raja Purnawarman. Rouffaer (1905:16) menyatakan bahwa kata Sunda berasal dari kata suddha dalam bahasa Sansekerta yang mempunyai pengertian bersinar, terang, berkilau, putih. Suku Sunda dikenal sebagai masyarakat yang senang memakan sayuran atau daun-daunan sebagai ‘lalaban’ (sayuran yang dimakan mentah-mentah dengan sambal).

Resto Sunda

Nah ternyata di Cibinong ada rumah makan sunda yang asyik untuk kumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat, tersedia tempat lesehan dan toilet yang bersih. Suasananya pun dibuat nyaman dengan tanaman-tanaman dan kicauan burung yang berasal dari pengeras suara. Resto Dapoer Graha sedang melakukan renovasi untuk menyambut bulan suci Ramadhan, meskipun begitu resto ini tetap buka dan melayani pengunjung dengan baik. Kami memesan dua menu favorit saya, yaitu paket cumi goreng cobek dan es bajigur kelapa muda. Es bajigur dan sayur asemnya masih tetap seperti dulu, rasanya khas dan nikmat diseruput di panas terik langit Cibinong hari itu. Pesanan selanjutnya adalah nasi ayam lada hitam dan es kelapa muda, porsinya pas dan bandrolnya sesuai dengan rasa masakan yang disajikan. Mau delivery order juga bisa loh!

Resto Sunda

Resto Dapoer Graha ini buka mulai pukul 09.30 – 21.00 WIB. Letaknya bersebrangan dengan Pasar Anggada atau komplek pertokoan Ruko Anggada Indah (RAI). Setelah puas melihat-lihat berbagai macam bahan dan jenis kain, kebaya, serta pilih-pilih pakaian sisa ekspor, tinggal menyeberang jalan dan bersantap di Resto Dapoer Graha. Rumah makan ini bersebelahan dengan Rumah Sakit Sentra Medika Cibinong, untuk orang-orang yang mengunjungi pasien di rumah sakit atau sekedar medical check up rutin, bisa mampir ke Resto Dapoer Graha untuk memanjakan lidah. Tidak jauh dari lokasi terdapat pusat perbelanjaan modern yang bisa menjadi tujuan wisata belanja. Lokasinya yang sangat strategis, cocok direkomendasikan untuk teman dan keluarga.

Resto Sunda

Resto Sunda

Kendaraan umum banyak yang melewati resto ini, meskipun terletak di pinggir jalan raya namun kebersihan dan suasana Resto Dapoer Graha dibuat sedap dipandang mata. Angkutan umum dengan nomor 08 yang berwarna hijau dari pasar anyar bogor melewati resto ini, sedangkan untuk kendaraan pribadi bisa keluar gerbang tol citeureup dan pengguna kereta api bisa turun di stasiun Cibinong.

Gimana? Masih bingung mau icip-icip masakan sunda dimana? Resto Dapoer Graha bisa jadi pilihan santap kamu saat liburan di Bogor!

13491 Total Views 3 Views Today
Resto Sunda di Bogor
5 (100%) 2 votes
(Visited 4,991 times, 1 visits today)


About

Part of Disaster Management Student at Indonesia Defense University


'Resto Sunda di Bogor' have 2 comments

  1. 06/10/2015 @ 3:15 pm Fahmi

    wah! bisa jadi alternatif kuliner kalau lagi main ke bogor ini 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool