Share on Pinterest
More share buttons
Repling di Bogor

REPLING, Cara Lain Jelajahi Kebun Raya Bogor

Mengunjungi Kebun Raya Bogor memang semacam syarat wajib jika berwisata ke Bogor. Kebun seluas 87 hektar ini merupakan ikon Kota Bogor yang tak mungkin dilewatkan karena letaknya di pusat Kota Bogor. Hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke Kota Hujan, selalu menyempatkan untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor.

Ternyata ada cara seru untuk berwisata di Kebun Raya Bogor. REPLING, namanya. Selain bisa menikmati pemandangan dan udara segar di dalam Kebun Raya, REPLING menawarkan hal lain yang tak kalah menarik. Seperti namanya, Rute Pendidikan Lingkungan (REPLING) yang difasilitasi oleh Yayasan RMI ini sebetulnya edukasi di kawasan konservasi ex-situ namun dengan metode yang menyenangkan laiknya berwisata.

Bermain sambil belajar

Program ini cocok diikuti oleh anak-anak dan remaja yang dikelompokkan dalam kategori usia 5-12 tahun dan usia di atas 13 tahun atau untuk usia dewasa pada umumnya. Tentunya program ini tidak menghilangkan fungsi Kebun Raya sebagai destinasi wisata karena peserta tidak hanya sekadar mendengarkan penjelasan dari fasilitator, melainkan diajak bermain dan menikmati suasana asri di Kebun Raya. REPLING memberikan makna lebih dari sekadar pemanduan dan penjelasan mengenai apa yang ada di Kebun Raya Bogor. Mengapa? Karena metode interpretasi alam yang digunakan dalam program REPLING menghubungkan alam sebagai media belajar dengan kehidupan individu-individu yang mengikuti program ini. REPLING menambahkan arti bagi kegiatan wisata di Kebun Raya Bogor.

Kita sering abai dengan arti keberadaan komponen lain di alam, misalnya pepohonan. Melalui REPLING, kita akan diingatkan bahwa dalam kehidupan sehari-hari ada interaksi yang terjadi antara manusia dengan komponen lain di alam. Disadari maupun tidak.

Belajar mengenali karakter pohon | Sumber foto: RMI

Belajar mengenali karakteristik pohon. | Sumber foto: RMI

Ada beberapa rute yang bisa dipilih dalam program ini, yakni rute menjelajah hutan kita, rute keanekaragaman hayati, rute lahan basah, rute pencemaran. Masing-masing rute memiliki keunikan tersendiri, mulai dari obyek hingga bahan belajar yang ditemui.

Rute Menjelajah Hutan Kita

Banyak orang yang mengenal hutan hanya sebagai hutan, padahal hutan ada banyak jenisnya. Nah, di rute ini peserta akan diajak untuk mengenal hutan dan macam-macam hutan yang terdapat di Indonesia, termasuk karakteristik tumbuhan di masing-masing hutan tersebut.

Rute Keanekaragaman Hayati

Sebagai kawasan konservasi, Kebun Raya pastinya memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Konon 15.000 jenis tumbuhan ada di sini lho. Rute ini membantu peserta untuk mengenali berbagai jenis tumbuhan, juga tipe-tipe ekosistem yang ada di sana.

6

Berjalan sambil mengamati keanekaragaman hayati. | Sumber foto: RMI

Rute Lahan Basah

Apa sih fungsi lahan basah? Apa manfaatnya untuk kehidupan manusia? Nah, rute ini sangat asik untuk mengenali dan mempelajari fungsi, peranan, dan manfaat lahan basah. Peserta juga akan diajak mengenali flora dan fauna lahan basah yang memiliki keunikan tersendiri.

Rute Pencemaran

Selain pengenalan sumber daya alam, REPLING juga mencoba untuk mengenalkan lebih jauh tentang pecemaran yang terjadi di lingkungan, seperti pencemaran udara, air, suara, hingga masalah sampah. Melalui rute ini, peserta akan diajak untuk mengetahui, melihat, dan merasakan berbagai jenis pencemaran.

7

Salah satu aktivitas REPLING. | Sumber foto: RMI

Seru kan? Jika ingin mencoba juga cara lain untuk menjelajahi Kebun Raya Bogor, Anda bisa menghubungi langsung fasilitator REPLING, Fahmi 087870908234. Selamat menjelajah! 😉

2057 Total Views 9 Views Today
REPLING, Cara Lain Jelajahi Kebun Raya Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 575 times, 1 visits today)



'REPLING, Cara Lain Jelajahi Kebun Raya Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool