Share on Pinterest
More share buttons
Rafting di Citarik

Rafting Di Citarik, Cara Ekstrim Melipir dari Bogor

Dengan segala wisata alamnya, Bogor menyimpan segudang potensi luar biasa yang seakan tidak ada habisnya. Setiap akhir pekan Kota Bogor selalu saja banyak dikunjungi pelancong dengan berberbagai tujuan wisata. Ada yang niat berbelanja, ada pula yang berniat untuk wisata kuliner dan kebanyakan ingin menikmati hawa sejuk yang ditawarkan kawasan Puncak. Tapi pernah tidak terpikir, jika sudah bosan di Bogor lalu apa lagi? Jika kalian penyuka wisata extreme mungkin sudah saatnya untuk sedikit melipir ke arah Sukabumi yang letaknya bersebelah dengan kota Bogor untuk mencoba rafting di Citarik.

Sungai Citarik merupakan sungai yang melintasi Desa Citarik, sebuah desa di Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Karena potensinya sebagai sungai yang memiliki jeram lalu beberapa provider memanfaatkannya sebagai tempat berolahraga extreme. Jeram sungai memiliki kategori 1 sampai 5, 1 untuk yang termudah sampai dengan 5 dengan level paling berbahaya. Bagaimana dengan Sungai Citarik? Rata-rata jeram di Sungai Citarik memiliki level 3.

Untuk orang-orang kantoran seperti saya, kadang-kadang perlu aktifitas untuk memperkuat kerja sama di tim kerja atau istilahnya team building. Nah, rafting di Citarik bisa dijadikan alternatif untuk itu. Pun letaknya dekat dengan Bogor sehingga secara jarak bisa ditempuh dalam one day trip. Pergi pagi, sore sudah pulang.

Saya dan teman-teman kantor sepakat untuk rafting di Citarik di awal Oktober 2016. Awalnya kami kebingungan untuk mencari provider rafting mana yang bagus. Ternyata ada beberapa provider rafting di Citarik yang bisa dipilih, sebut saja Arus Liar, Caldera, dan Selaras Adventure Land. Atas saran beberapa rekan akhrinya kami memilih Caldera.

Foto sebelum Rafting di Citarik

Selfie dulu sebelum “dibantai” di Sungai Citarik
Ayok, coba juga rafting di sungai Cisadane dari Caringin!

Untuk bisa rafting di Citarik, kita perlu booking jauh-jauh hari terlebih dahulu. Enaknya tidak perlu report untuk ke Citarik dan booking karena semua booking dan administrasi bisa lewat telpon dan email. Praktis dan tidak repot, yang diperlukan hanya list orang-orang akan ikut rafting plus scan KTP dan tentu saja uang muka. Scan KTP? Iya KTP diperlukan selain untuk data diri juga untuk pendaftaran asuransi karena rafting merupakan salah satu olahraga berbahaya yang punya resiko.

Untuk harganya sendiri tiap provider punya patokan harga masing-masing sesuai jarak tempuh. Pilihan jaraknya pada umumnya adalah 5 km dan 9 km dengan durasi 1 sampai 2 jam. Ada juga yang lebih panjang tapi dengan harga yang lebih mahal. Untuk harganya sendiri dimulai dari 200ribuan. Oiya, untuk harga bisa ditawar tergantung banyak atau sedikitinya peserta yang ikut.

Rafting di Citarik

Di truck untuk menuju tempat start

Kami saat itu hanya berdelapan orang untuk ikut rafting, itu artinya nanti akan terbagi menjadi dua perahu. Ini juga harus jadi pertimbangan saat kalian akan booking, minimal ada 4 orang dan sebaiknya kelipatannya agar pas untuk pembangian perhunya.

Sabtu pagi kami berangkat, dengan target jam 8an sudah di Citarik. Jika perjalanan lancar seharunya Bogor-Citarik bias ditempuh dalam waktu 2 jam. Makanya kami janjian di Bogor pagi buat jam 05.30 di Batutulis untuk selanjutnya ke Citarik via Cihideung Bogor.

Rafting di Citarik

Selfie lagi sebelum rafting

Jika berangkat pagi, kemacetan mungkin hanya di sekitar Parung Kuda dan Pasar Cicurug, setelah itu lancar. Karena berangkat pagi kami pun bisa sampai di Caldera sekitar pukul 08:30. Nah jangan terkecoh karena provider Arus Liar berada di lokasi yang berdekatan. Caldera berada setelah parkiran Arus Liar.

Di sana kami sudah disambut oleh timnya, kami diberikan penjelasan tentang apa saja yang akan didapat. Paketnya adalah dan tentu saja rafting dengan pemandu lalu setelah selesai sudah disediakan makan siang prasmanan. Tapi sayangnya kami harus sedikit kecewa, karena cuaca yang kurang bersahabat, paket 9 km kami harus diperpendek jadi 5 km. Sebagai gantinya kami diberikan paket flyng fox. Tetap mengecewakan, tapi the show must go on. Rafting di Citarik harus tetap lanjut walau hanya 5 km.

Rafting di Citarik

Briefing dengan pemandu agar pengarungan sungai aman

Rafting di Citarik

Asik juga turun ke sungai

Provider Caldera sebagai salah satu provider rafting di Citarik punya fasilitas yang lengkap. Parkir yang luas dan juga guest house yang nyaman membuat kawasan base camp-nya jadi tempat yang enak untuk bersantai. Pun kamar mandi bilasnya cukup bersih dan memadai. Semua fasilitasnya memanjakan para pengunjungnya termasuk kami. Selain itu lokasinya yang persis di sebelah sungai Citarik menjadikan berlama-lama disini tidak membosankan karena akan selalu diiringi gemiricik sungai.

Rafting di Citarik

Selfie dulu sebelum berteriak di flying fox

Acara rafting di Citarik sendiri dimulai dari persiapan di base camp. Kami dibekali kelengkapan pelampung, helm dan juga dayung. Setelah itu kami diantar dengan menggunakan truck ke titik start. Disana pun ada briefing kembali soal aturan keselamatan dan apa yang boleh dan tidak dibolehkan selama pengarungan sungai. Dalam jarak 5km kami menghadapi berbagai macam jeram. Berhubung cuaca semalam hujan deras mengakibatkan debit air sungai meningkat dan jeram-jeram pun menjadi sangat menantang. Tak terhitung perahu kami terhempas jeram-jeram yang ada. Namun, dengan pemandu kami yang piawai semua terasa aman dan menyenangkan.

Selesai berarung jeram, di tempat finish sudah menunggu air kelapa muda yang pas melepas dahaga setelah kurang lebih satu jam berada di atas perahu. Adrenalin yang terpacu sukses membuat kami kehabisan stamina, dan pas sekali jika setelah itu menikmati air kelapa. Lalu di guest house pun sudah menunggu santap siang dengan menu yang aduhai. Lengkaplah petualangan kami rafting di Citarik. Setelah itu tinggal leyeh-leyeh dan pulang. Jadi kalau Bogor semua sudah dicicipi tidak ada salahnya untuk melipir ke sebelah untuk rafting di Citarik.

 

 

 

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel makassar, tour murah, dan tiket pesawat Makassar
691 Total Views 1 Views Today
Rafting Di Citarik, Cara Ekstrim Melipir dari Bogor
Vote Us
(Visited 168 times, 1 visits today)


About

Aktif menulis di blog pribadi ilhabibi.com. Karyawan yang berkutat dengan system ERP di sebuah perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara.


'Rafting Di Citarik, Cara Ekstrim Melipir dari Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool