Share on Pinterest
More share buttons
Barongsai

Pesta Rakyat Cap Go Meh di Bogor

barongsai

Buat anda yang kemarin melewatkan masa Liburan di Bogor, tentu tidak lupa bahwa ada perayaan besar di Bogor. Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh tahun 2015 dan dilaksanakan lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Yuk, kita cari tahu apa saja yang dipestakan.

Apa itu Cap Go Meh?

Cap Go Meh secara harfiah berarti hari ke lima belas dari bulan pertama (Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam). Ini berarti, masa perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama lima belas hari. Cap Go Meh diadakan pada hari ke lima belas setelah imlek atau tahun baru Cina. Perayaan Imlek dan Cap Go Meh pada era orde baru dilarang untuk diperingati. Hal ini baru dibolehkan kembali saat Presiden ke-4 kita, Abdurahman Wahid atau lebih dikenal dengan Gus Dur menjadi Presiden Indonesia. Beliau merupakan tokoh budaya dan sangat menjunjung tinggi pluralisme.

Pesta Rakyat Bogor 2015

Perayaan Cap Go Meh tahun 2015 ini bertepatan pada hari Kamis, tanggal 5 Maret 2015. Dan oleh Pemerintah Kota Bogor dicanangkan sebagai Pesta Rakyat Cap Go Meh 2015 dengan tema ‘Ajang Budaya Bogor Pemersatu Bangsa’. Kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun baru imlek, dan puncaknya adalah pada perayaan Cap Go Meh. Puncak perayaan pesta rakyat bogor ini dimulai pada pukul 16.00 WIB dan beberapa ruas jalan ditutup, yaitu Jalan Surya Kencana yang notabene merupakan kawasan chine town atau pecinan. Puncak pesta rakyat ini merupakan pawai seni budaya, atraksi menarik dan karnaval yang diikuti oleh 12 mobil shio, 20 joli, 25 lion dan 50 barongsai. Disamping itu juga dibangun pangggung atraksi untuk hiburan rakyat yang dimulai setelah pawai berlangsung hingga malam hari.

Ogoh-Ogoh

Ogoh-Ogoh Pada Perayaan Cap Go Meh 2015

Sebagai warga Bogor, tentu tidak mau melewatkan pesta rakyat yang diadakan setahun sekali ini. Setelah mobil di parkir di Botani Square, kami berjalan kaki melalu jalan raya Otto Iskandar Dinata atau lebih dikenal dengan jalan Otista. Jalanan sudah dipenuhi oleh warga yang juga ingin menyaksikan karnaval. Karnaval dimulai dari Vihara Dhanagun, yang merupakan klenteng tertua di Bogor, diawali dengan seremoni pembukaan dan diikuti dengan acara pelepasan karnaval.

Penjual Minuman Dingin

Penjual Minuman Dingin Pada Perayaan Cap Go Meh 2015

Ratusan ribu warga menyemut dilokasi pembukaan maupun sepanjang jalan yang dilalui pawai dan karnaval. Berbaur dengan warga disekitar lokasi pembukaan menjadi momen yang susah untuk dilupakan. Apalagi kegiatan ini dihadiri oleh Presiden Joko Widowo beserta ibu. Setelah acara pembukaan dan semua peserta pawai dan karnaval melewati panggung utama, selesai sudah acara pembukaan. Ada hal yang lucu seusai acara pembukaan. Kebetulan kami berdiri di area menuju pintu kebun raya bogor, tempat parkirnya mobil kepresidenan RI 1. Tak lama seusai pserta pawai terakhir melewati panggung utama, paspampres dan polisi menyiapakan jalur untuk dilewati oleh Presiden Joko Widodo menuju pintu kebun raya Bogor. Setelah menunggu beberapa saat, ternyata yang melewati jalur tersebut adalah Ibu negara, Ibu Iriana. Jalur tersebut kembali disterilkan, akan tetapi Pak Jokowi yang ditunggu tetap belum muncul. Ternyata usut punya usut, Pak Jokowi turun ke arena pawai dan berbaur dengan masyarakat. Kemudian kembali ke kebun raya Bogor melewati jalur yang lain yang bukan disiapkan sebelumnya. Kami yang sudah bersiap dijalur yang disiapkan harus bubar dan menyemut ke jalur yang dadakan tersebut.

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo Berbaur Dengan Masyarakat

Ibu Iriana

Ibu Negara, Ibu Iriana Saat Perayaan Cap Go Meh 2015

Siapa yang mau hadir lagi di acara Cap Go Meh tahun 2016 mendatang?

4066 Total Views 3 Views Today
Pesta Rakyat Cap Go Meh di Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 895 times, 1 visits today)


About

Living in the world of Spatial IT. Interest in free and open source software for geoinformatics. Food lover and enjoy travelling.


'Pesta Rakyat Cap Go Meh di Bogor' have 2 comments

  1. 03/11/2015 @ 2:00 pm rahmiaziza

    Sempet nonton di tv sepintas beberapa hari lalu, rame banget yak

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool