Share on Pinterest
More share buttons
Pasar Di Bogor

Pasar Tradisional di Kota Bogor

Kota Bogor yang hanya memiliki luas 118.50 km² yang berbeda jauh dengan luas Kabupaten Bogor 2071 km² memiliki banyak pasar, bukan hanya pusat perbelanjaan modern. Berikut beberapa pasar tradisional yang saya rangkum untuk tulisan ini.

1. Pasar Kebon Kembang

Pasar Kebon Kembang beralamat di Jalan Dewi Sartika Kelurahan Cibogor Kecamatan Bogor Tengah. Memiliki beberapa Blok dari A hingga G. Satu persatu blok mengalami perbaikan untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Salah satu perbaikannya adalah kini banyak kantung untuk parkir motor bagi pengunjung. Untuk kantung parkir bagi mobil pun kini tersedia di lantai atas dari beberapa blok yang sudah beres proses perbaikannya. Rute angkot menuju pasar ini diantaranya Citeureup – Pasar Anyar (08), Salabenda – Pasar Anyar (16).

Salah satu sudut di Pasar Bogor (Foto via Twitter @PasboBogor)

2. Pasar Bogor

Pasar Bogor beralamat di Jalan Suryakencana Kelurahan Babakan Pasar Kecamatan Bogor Tengah. Salah satu department store memang lebih dikenal namanya di Jalan Suryakencana ini dibanding dengan pasar tradisionalnya sendiri. Terlebih di Jalan Suryakencana menjadi chinatown-nya Kota Bogor. Pasar ini lebih menggeliat kegiatannya di waktu dini hari sampai menjelang pagi. Jalan Otista yang tepat mengelilingi salah satu sisi dari Kebun Raya Bogor menjadi salah satu lokasi banyaknya pedagang untuk menjual sayur mayur. Pihak Pemerintah Kota Bogor kini mengijinkan area di Jalan Otista untuk kegiatan berjualan asal menjaga kebersihan. Pasar Bogor dilewati oleh angkot Merdeka –  Sukasari (02). Pemerintah Kota Bogor juga membuat akun Twitter untuk Pasar Bogor ini, silakan follow: @PasboBogor.

3.Pasar Jambu Dua

Pasar Jambu Dua beralamat di Jalan Ahmad Yani no. 83 Kelurahan Tanah Sareal. Lokasinya tepat di belakang dari Jambu Dua Plaza yang menjadi sentra produk telepon selular, sungai Ciliwung memisahkan kedua pusat perbelanjaan ini. Angkot Citeureup – Pasar Anyar (08) sengaja dibelokkan untuk melewati antara Pasar dan Plaza Jambu Dua. Pasar Jambu Dua awalnya merupakan salah satu dari tiga pasar alternatif pemindahan para pedagang sayur mayur dari Pasar Bogor awalnya, namun Pasar Yasmin kini tidak beroperasi dan Pasar Kemang yang justru menjadi pasar induk sayur mayur.

4. Pasar Gunung Batu

Pasar Gunung Batu beralamat di Jalan Mayor Ishak Juarsa No. 21A Kelurahan Gunung Batu Kecamatan Bogor Barat. Seperti di pasar tradisional lainnya, di sini menjual juga sayur mayur, daging dan pakaian. Pasar Gunung Batu telah dievaluasi mengenai pendataan Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor. Dari hasil ini Pasar Gunung Batu rencananya diikutkan dalam Lomba Pasar Tertib Ukur Tingkat Provinsi Jawa Barat. Selain Pasar Bogor yang memiliki akun Twitter, Pasar Gunung Batu juga dapat di-follow di @GunungBatuPasar. Angkot Bubulak – Baranangsiang (03) melewati pasar ini.

5. Pasar Kemang

Pasar Kemang beralamat di Kampung Kayumanis Kecamatan Tanah Sareal. Pasar Induk Kemang menjadi salah satu pasar yang menjual sayur mayur. Kegiatan dari Pasar Kemang dimulai dari dini hari hingga menjelang pagi hari. Pasar induk ini yang dekat dengan rumah saya. Pasar ini dilalui oleh angkot Salabenda – Pasar Anyar (16) kini ada juga angkot Bubulak –  Stasiun Cilebut (20).

Tidak ada salahnya untuk berkunjung ke salah satu pasar tradisional ini, ingin mendapatkan momen ramainya silakan datang di malam hari.

13171 Total Views 6 Views Today
Pasar Tradisional di Kota Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 4,745 times, 2 visits today)


About

Hootsuite Asia Pacific Ambassador


'Pasar Tradisional di Kota Bogor' have 2 comments

  1. 03/09/2016 @ 11:31 pm Emmalia

    Kalau yang jual biang kunyit lebih banyak di pasar apa ya. Thanks

    Reply

  2. 07/18/2016 @ 5:17 am lita

    Ada yang punya langganan di pasar TU ga yah mas /mba.. saya mau belajar jual sayur mayur mas /mba…. tapu saya bingung belanjanya
    tolong info yah mas /mba .. makasih ..

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool