Share on Pinterest
More share buttons
sudut museum peta

Para Pembela Tanah Air Bermula di Bogor

Sebelumnya aku tak menyangka kalau perjuangan para tentara cikal-bakal TNI dimulai di Bogor. Sebelumnya aku tak pernah ngeh kalau Bogor adalah tempat digemblengnya pasukan andalan Republik Indonesia. Sebelumnya aku tak menyangka kalau Jenderal Sudirman, Letnan Supriyani, dan tokoh-tokoh PETA (Pembela Tanah Air) dibina menjadi pribadi tangguh di kota tempat beraneka-ragam tempat wisata atau liburan. Aku tak menyadari itu sehingga mengikuti wisata bogor bertema sejarah.

Museum PETA namanya. Letaknya ada di Jalan Jenderal Sudirman No. 35 Bogor. Tepat sekali antara gedung museum dengan nama jalannya. Klop! Museum PETA  dibangun mulai 14 November 1993. Butuh waktu sekitar 2 tahun untuk menyelesaikannya. Museum ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 18 Desember 1995.

Menuju Museum PETA tidak susah. Lokasinya dekat dengan Istana Bogor, Bogor Junction, Rumah Sakit Salak, Air Mancur, dan Plaza Jambu Dua di Warung Jambu. Dari mana saja Anda datang ke Bogor, jika sudah menemukan patokan yang kusebut tadi, pasti akan sampai ke Museum PETA.

peta area 2

diorama

20140816_130130

Memasuki museum ini kita disambut oleh patung Jenderal Sudirman di sisi kanan dan di area kiri ada Tank. Saat pintu gerbang dibuka, kita dapat melihat relief di kanan kiri lorong Museum. Seperti ruang tunggu yang penuh dengan catatan masa lalu tentang bagaimana PETA menyejarah. Ketika kita masih di kolong lorong gerbang museum, di kanan dan kiri kita adalah raung diorama dan aneka senjata yang pernah dipakai oleh PETA dalam berbagai pertempuran mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

peta area

peta area 3

Melangkah lebih dalam ke area terbuka di museum ini, kita akan melihat patung Daidancho Soedirman. Patung ini memperlihatkan wajah tegas dan berani seorang berpangkat Daidancho (setara dengan komandan batalyon) kala itu. Daidancho adalah salah satu pangkat kemiliteran khas Jepang. Kenapa Jepang? Ya, karena pada 1943 gedung ini digunakan sebagai pusat pelatihan pasukan tanah air. Saat itu Jepang yang berkuasa di Indonesia. Nah, untuk gedungnya sendiri, sebenarnya dibangun pada 1745 oleh tentang KNIL. Jadi Gedung ini memang merupakan salah satu bangunan bersejarah yang harus dilindungi di Indonesia, khususnya di Bogor.

tank

peta area 4

Untuk berkunjung ke Museum Peta, ada prosedur yang harus kita jalani, yaitu mengajukan surat permohonan izin berkunjung kepada Kepala Monumen dan Museum PETA DISJARAHAD (PASIMONMUS PETA). Sebaiknya pengajuan disampaikan minimal 1 minggu sebelum Anda dan rombongan tiba. Untuk rombongan, minimal diikuti oleh 10 orang peserta.

tentara miki

Museum buka seetiap hari Senin sampai dengan Jum’at, pada pukul 08.00 sampai dengan 14.30 WIB. Khusus untuk hari Sabtu, Minggu, dan Hasi Besar nasional, Museum ditutup untuk umum. Untuk kunjungan khusus pada hari-hari yang diliburkan ini, bisa saja asal melakukan koordinasi sebelumnya dengan pihak pengelola Museum.

berkunjung ke museum

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Museum PETA, aku sarankan jangan cuma sendiri. Lebih baik ajak serta teman-teman. Sebab mengajak banyak orang berwisata sejarah, sama saja dengan menyambung kembali semangat generasi muda dengan sejarah bangsanya. Sebab lagi, bagaimana mungkin bangsa ini akan menjadi bangsa dan negara yang membanggakan jika pertalian sejarah terputus dengan generasi muda.

8019 Total Views 3 Views Today
Para Pembela Tanah Air Bermula di Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,856 times, 1 visits today)


About

tinggal di Bogor, suka kelayapan mengamati geliat masyarakat


'Para Pembela Tanah Air Bermula di Bogor' have 2 comments

  1. 03/08/2015 @ 9:23 pm wongkamfung

    Tempat yang asyik untuk dikunjungi. Apalagi untuk yang demen dengan senjata kuno. 😉

    Salam persahablogan,
    @adiwkf

    Reply

  2. 03/09/2015 @ 4:05 pm Melly Feyadin

    Jadi pengen kesini

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool