Share on Pinterest
More share buttons
trip Bogor-Sukabumi

One Day Trip Bogor-Sukabumi, Pelarian Singkat dari Kepadatan Kota Bogor

Bogor dan Sukabumi adalah dua wilayah di Jawa Barat yang berbatasan langsung di bagian kabupaten. Kabupaten Bogor berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukabumi di sebelah selatan. Hal ini menjadikan Sukabumi sebagai pelarian bagi orang Bogor yang ingin mencari pengalaman berwisata baru. Beberapa hari yang lalu, karena sedikit bosan dengan kemacetan di Bogor, saya berencana untuk melakukan one day trip Bogor-Sukabumi.

Untuk mencapai wilayah Sukabumi dari Bogor ada dua jalur yang dapat dilalui. Yang pertama adalah jalur Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Dan yang kedua adalah jalur Leuwiliang-Pelabuhan Ratu. Kedua jalur tersebut dapat ditempuh oleh Ezytravelers yang memiliki waktu agak lama untuk berlibur dari Bogor ke Sukabumi dan menggunakan kendaraan bermotor. Tapi untuk yang “mabokan” alias gampang mual kalau naik kendaraan jarak jauh dengan jalur yang tidak lurus dan keadaan macet, lebih disarankan untuk menggunakan sarana transportasi lain yang lebih nyaman, yaitu kereta api.

Yeay, thanks to penemu kereta api yang banyak menyelamatkan saya di perjalanan jarak jauh selama ini 😀

Untuk Ezytravelers yang ingin ke Sukabumi dengan menggunakan kereta api, Kalian bisa berangkat melalui Stasiun Bogor Paledang atau bisa juga disebut Stasiun Paledang. Berbeda dengan Stasiun Bogor yang memiliki banyak jalur, stasiun Paledang sendiri hanya memiliki satu jalur sehingga stasiunnya sendiri tidak terlalu luas.

trip Bogor-Sukabumi

Stasiun Bogor Paledang, pintu gerbang trip Bogor-Sukabumi

Untuk Ezytravelers yang ingin ke Sukabumi naik kereta, Kalian harus memesan tiket sebelumnya, tidak seperti naik commuter line Bogor-Jakarta yang bisa mendadak perginya. Untuk melakukan one day trip Bogor-Sukabumi ini, saya memesan tiket tiga hari sebelum keberangkatan.

Kereta api Bogor-Sukabumi menyediakan kereta api kelas eksekutif dan kelas ekonomi. Kereta api kelas eksekutif bisa didapatkan dengan harga Rp 50.000,-. Sedangkan untuk kelas ekonomi tiket bisa didapatkan dengan harga Rp 25.000,-.

Saat itu saya memilih kelas eksekutif. Kereta api Bogor-Sukabumi hanya memiliki satu gerbong kereta eksekutif, rangkaiannya bersambung dengan rangkaian kereta ekonomi. Saat melakukan one day trip Bogor-Sukabumi, saya memilih kereta keberangkatan pukul 08.05 WIB.

Waktu tempuh Bogor-Sukabumi dengan menggunakan kereta kurang lebih selama dua jam. Tanpa kemacetan yang tak terduga loh Ezytravelers hohohoho. Pukul 10 lebih sedikit saya sudah sampai di stasiun Sukabumi.

trip Bogor-Sukabumi

Stasiun Sukabumi, awal perjalanan trip Bogor-Sukabumi

Ezytravelers yang ingin ke Sukabumi tanpa kendaraan pribadi seperti saya tidak usah takut atau kebingungan gimana cara jalan-jalan di sana. Karena saat kita turun di Stasiun Sukabumi, sudah banyak kendaraan umum yang berjajar dan bisa disewa untuk keliling singkat di Kota Sukabumi.

Saat itu supir angkot yang saya sewa menawarkan harga Rp 175.000,-. Tapi boleh ditawar loh, setelah ditawar harga deal untuk keliling singkat di Sukabumi adalah Rp 150.000,-. Bisa dibilang cukup murah ya secara kita tinggal duduk manis dan sebut saja minta diantar ke mana. Karena kurang referensi untuk melakukan trip Bogor-Sukabumi ini, jadi saya pasrah, diajak kemana saja saya ngikut deh Mang :’D

Tempat pertama yang saya kunjungi adalah Taman Rekreasi Salabintana.

Perjalanan dari Stasiun Sukabumi ke Taman Rekreasi Salabintana ini memakan waktu kurang lebih 25 menit. Jaraknya yang dekat dari Stasiun Sukabumi menjadikan taman rekreasi ini sebagai destinasi favorit bagi wisatawan yang memiliki sedikit waktu seperti saya.

Udara di taman rekreasi ini sangat segar loh Ezytravelers. Kalian yang memiliki anak kecil yang baru bisa jalan pasti akan sangat senang ke sini. Coba deh bayangin, anak-anak Ezytravelers lagi main lari-larian di hamparan rumput hijau yang luas dengan semilir angin dan kalian duduk santai. Heeemmmmm ngebayanginnya saja sudah bikin bahagia. Tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga dari kepenatan kota Bogor.

trip Bogor-Sukabumi

Salabintana, rekreasi bersama keluarga di trip Bogor-Sukabumi

Selain udaranya yang menyejukan jiwa dan raga, tiket masuknya juga terbilang murah loh Ezytravelers. Saat melakukan one day trip Bogor-Sukabumi ini saya pergi bersama satu orang anak kecil dan dua orang dewasa. Jadi totalnya ada empat orang dewasa (emang supir angkot sudah masuk hitungan ya) dan satu anak kecil. Naik mobil, iya, mobil angkot. Saat itu saya hanya membayar tiket masuk Rp 35.000,- saja loh untuk keseluruhannya.

Setelah merasa puas menikmati sejuknya udara Sukabumi dan bersantai-santai di hamparan rumput yang luas, sambil foto-foto ya tentu saja, saya teringat akan titipan yang biasa orang-orang pesen itu loh kalau orang habis jalan-jalan. Yaps, oleh-oleh. Karena tidak tenang, saya segera mencari supir angkot yang sudah berjanji akan menemani saya sehidup semati. Eh salah. Menemani saya berkeliling kota Sukabumi maksudnya 😛

Hari sudah siang, waktu saya yang terbatas di kota yang terletak di selatan Bogor ini pun makin sedikit. Bak berpacu dengan waktu, saya jadi kejar setoran untuk melanjutkan one day trip Bogor-Sukabumi ini. FYI, kereta pulang saya ke Bogor berangkat pukul 16.20 WIB. Langsung deh saya minta diantar berburu oleh-oleh yang bikin saya gak tenang saat bersantai di Taman Rekreasi Salabintana.

Tempat oleh-oleh pertama yang saya datangi adalah Mochi Kaswari Lampion.

Yapsssss. Sukabumi memang identik dengan mochinya ya Ezytravelers. Yang paling terkenal adalah Mochi Kaswari Lampion ini. Selain mochi, toko oleh-oleh yang terletak di Jl. Bhayangkara Gg. Kaswari II no. 19 ini juga menjual oleh-oleh lainnya. Untuk mochi sendiri harga yang ditawarkan sekitar Rp 35.000,- sampai Rp 40.000,-. Karena yang saya kenal hanya mochi saja, jadi saat itu yang saya beli untuk oleh-oleh di rumah adalah mochi kacang saja deh. Harganya Rp 40.000,- satu dus. Duh, kudet banget ya saya 🙁

trip Bogor-Sukabumi

Mochi Kaswari Lampion, oleh-oleh dari trip Bogor-Sukabumi

Setelah membeli mochi, mamang supir yang baik ini mengajak rombongan saya untuk membeli oleh-oleh lainnya. Yaitu bika ambon. Ya walaupun bika ambon ini bukan makanan khas Sukabumi, tapi di Sukabumi ada bika ambon yang sudah terkenal loh. Namanya bika ambon Sunda Rasa.

Sebagai orang yang tidak suka bika ambon, saya tidak begitu antusias untuk membeli oleh-oleh ini. Tapi untuk icip-icip, saya membeli bika ambon pandan ukuran kecil. Harganya Rp 35.000,-. Kalau yang ukuran besar harganya Rp 70.000,-. Eh pas diicip di rumah, kok rasanya enak banget ya. Jadi nyesel saya hanya beli satu, yang kecil pula :’D

trip Bogor-Sukabumi

bika ambon pandan, oleh-oleh lain dari trip Bogor-Sukabumi

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Paket Tour Indonesia, Hotel di Bogor, dan booking tiket online

Waktu memang gak pernah bohong ya, perut saya yang gampang lapar ini sudah protes minta diisi. Saat itu waktu sudah menunjukan pukul 13.30 WIB. Pantas saja si perut protes. Lagi-lagi karena minimnya referensi dan saya malas bertanya pada mbah Google saat itu, saya jadi pasrah lagi deh diajak makan siang ke mana aja sama si mamang.

Tempat makan khas Sunda tentu saja yang jadi tempat persinggahan kami. Karena tempat makan ini ada juga di Bogor, jadi saya gak foto-foto deh. Ah, alasan. Karena saya sudah sangat lapar sih sebenarnya jadi gak sempet foto. Terlalu khusyuk untuk menghabiskan hidangan khas Sunda yang sangat lezat. Nyam nyam nyam.

Tidak terasa setelah perut kenyang diisi waktu menunjukan pukul 15.00 WIB. Langsung deh saya meluncur ke stasiun Sukabumi karena takut ketinggalan kereta pulang. Duh emang dasar anak parnoan, padahal saya masih punya sedikit waktu untuk jalan-jalan lagi sebentar di Sukabumi.

Saya menunggu kereta pulang cukup lama di sana. Tapi gak apa, waktu menunggu kereta pulang saya manfaatkan untuk beristirahat sebentar setelah marathon trip tadi. Hahahaha. Kereta pulang saya berangkat pukul 16.20 WIB dan tiba di Bogor pukul 18.23 WIB. Dengan jinjingan mochi dan bika ambon, saya pulang ke rumah dengan senyum sumringah.

Datang lagi ke Sukabumi? Big yes!

1238 Total Views 6 Views Today
One Day Trip Bogor-Sukabumi, Pelarian Singkat dari Kepadatan Kota Bogor
3.75 (75%) 4 votes
(Visited 474 times, 1 visits today)



'One Day Trip Bogor-Sukabumi, Pelarian Singkat dari Kepadatan Kota Bogor' have 4 comments

  1. 01/16/2017 @ 11:09 pm Unggul Sagena

    Wah menarik nih, apalagi kalau menginap kali ya. Bisa eksplor lebih banyak. Itu hari Sabtu/Mingu ya

    Reply

  2. 01/17/2017 @ 10:30 am Alfian

    Waah makasih neng.. boleh dicoba nih kapan2

    Reply

  3. 01/17/2017 @ 10:56 am Ian Azis

    Ditunggu trip berikutnya

    Reply

  4. 01/17/2017 @ 12:54 pm Anonymous

    Assiikkkk rekomen bngt deh jalan2 ke skbumi tengkui citra infonya

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool