Share on Pinterest
More share buttons
oleh oleh khas bogor

Oleh-oleh Khas Bogor di Terminal Baranangsiang

Terminal Baranangsiang mungkin erat dengan pikiran orang dengan kata bogor itu sendiri. Karena di Bogor, hanya ada satu terminal ini, hingga saat ini. Tempatnya pun juga strategis, dipintu masuk dari tol Jagorawi. Seakan menyambut setiap orang yang datang ke Kota Hujan ini. Terminal, sebagai tempat tiba dan berangkat ke luar kota, pasti deh akan ada yang jual oleh-oleh bogor. Mau yang modern dan package nya cantik, ada di beberapa ruko di depan terminal. Atau, mau buru-buru dan beli oleh-oleh khas bogor yang “basah” seperti asinan, manisan, dan juga camilan murah meriah, ya Ezytravellers tinggal melipir ke dekat terminal, khususnya di depan Rumah Makan Padang TRIO.

Oleh-oleh khas bogor yang ada di terminal juga beragam. Biasanya sih, yang dicari adalah asinan bogor, manisan buah pala, dan kue-kue kering berbahan dasar talas bogor. Tentu, karena ini semua khas bogor. Namun demikian, di beberapa kios oleh-oleh di terminal, banyak pula loh makanan khas daerah lain. Contohnya, dari Jakarta misal kembang goyang, beragam dodol garut, keripik dari purwakarta dan seterusnya. Sepertinya, itu karena kadang kala banyak penumpang asal daerah jawa barat yang ke Bogor, mungkin kelupaan membawa oleh-oleh. Untuk itu, membeli oleh-oleh disini juga menjadi antisipasi kalau terlupa hehe..

oleh oleh khas bogor

oleh oleh khas bogor

Toko oleh-oleh khas bogor ini bisa Ezytravellers temui di dalam terminal, belakang terminal, namun yang paling populer biasanya di depan Rumah Makan Trio, di dekat Jembatan Penyeberangan. Jadi, Ezytravellers jalan aja keluar terminal ke depan, ke jalan raya. Ikuti jalan ke kiri ke arah Mal Botani Square atau KFC. Nah ketemu tuh persis di samping pintu keluar terminal. Jika Anda datang ke Terminal, tak jauh dari pintu keluar. So, kalau kelupaan mau beli oleh-oleh kalau mau ke luar kota dari Bogor, misal ke terminal Kampung Rambutan, beli aja dulu masukin di tas hehe..

oleh oleh khas bogor

oleh-oleh khas bogor

Aneka manisan ini menggiurkan ya? Ada manisan pala khas bogor, juga cery dan berry serta beragam buah seperti kedondong, salak dan sebagainya. Selain itu, dibagian depan, ada Asinan Bogor yang juga sangat khas dan menjadi ikon makanan khas Bogor. Bentuk manisan dan asinan ini memang “basah” dan menjadi favorit. Ezytravellers bisa juga mencicipi aneka jualan disini loh, biar yakin dengan harga dan rasanya yang cocok dengan banderol yang dijual oleh pedagang disini.

20170124_104715

Harga oleh-oleh khas bogor juga beragam. Kalau Manisan Bogor dan Asinan Bogor beragam, dari yang 50ribu per kilogram atau 80 ribu perkilogram. Menurut penjual, memang yang populer adalah oleh-oleh khas seperti ini. Selain itu, kue-kue snack kering sudah dibungkus dengan kemasan 200 gram seharga Rp 15 ribu saja. Kalau beli, jangan masukin ke dalam tas backpack ya nanti hancuur hehe. Lebih baik menggunakan kantong yang memang pasti diberikan oleh penjual.

oleh oleh khas bogor

20170124_104826

Beberapa oleh-oleh disini tak hanya didominasi khas bogor, namun juga dari daerah sekitar. Kamu bisa temukan keripik tempe Bandung, beragam dodol khas garut, kue kering kembang goyang Jakarta, aneka snack kering yang bisa jadi dari mana saja, bahkan juga ada kue mochi sukabumi. Banyak, namun memang fokus dari toko ini adalah penganan snack kiloan yang bisa kamu beli dengan ukuran size 200 gram hingga beberapa kilo. Penjual tinggal menimbang di timbangan jika kamu butuh ukuran yang kustom.

oleh-oleh khas bogor

Menurut penjual, keberadaan toko-toko oleh-oleh khas bogor ini sudah sejak lama. Bahkan toko yang saya kunjungi ini ada sejak era 1980-an. Dari banyak toko, memang akhirnya menjadi hanya beberapa saja, karena menjamurnya ruko-ruko oleh-oleh bogor yang sudah banyak dengan kemasan yang menarik. Namun, toko-toko ini memang punya pelanggan yang loyal, dan mengenai produk-produk baru dengan kemasan menarik, mereka juga ikut menjual dengan sistem konsinyasi. Dengan demikian, terjadi win-win solutions dan pembeli pun dapat memilih dengan lebih banyak pilihan.

Mau jalan-jalan? Temukan Harga Tiket Murah, Promo Diskon, dari Hotel di Bogor

Jika kamu kebetulan ingin keluar kota, ada baiknya sebelum naik bis di terminal Baranangsiang, sempatkan sekedar membeli aneka oleh-oleh khas bogor ini. Jika kamu sebaliknya, datang dari luar kota, juga dapat membeli oleh-oleh yang khas kota kamu misalnya dodol garut atau kembang goyang khas Jakarta. Perjalanan dari Jakarta maupun Garut, bisa kamu tempuh tanpa harus repot membawa oleh-oleh yang berat.

2445 Total Views 4 Views Today
Oleh-oleh Khas Bogor di Terminal Baranangsiang
Vote Us
(Visited 1,489 times, 3 visits today)

About

Part of Disaster Management Student at Indonesia Defense University


'Oleh-oleh Khas Bogor di Terminal Baranangsiang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool