Share on Pinterest
More share buttons

Olahraga ‘ala Tentara’ Airsoft di Bogor

“Setiap laki-laki harus punya mainan”.

Ungkapan tersebut sudah tersebar di masyarakat dan tepat rasanya jika menyadari fenomena yang ada. Mainan yang dimiliki laki-laki terdapat berbagai jenis, berikut ini beberapa contoh di masyarakat. Pertama, action figure atau lego suatu tokoh kartun hero atau lainnya; Kedua, motor. Motor besar atapun motor antik masa kini menjadi pilihan untuk dimiliki oleh laki-laki. Ketiga, travelling. Bepergian untuk mendaki gunung tertinggi di suatu negara/daerah, ataupun berkeliling di Indonesia menjadi salah satu pilihan perjalanan. Selain laki-laki, berwisata merupakan hal yang juga disukai oleh perempuan. Wisata yang tepat menjadi keharusan karena tentunya menghabiskan waktu, dana, dan tenaga yang tidak sedikit. Keempat, olahraga. Olahraga ringan seperti berenang dan jogging menjadi salah satu pilihan bagi yang menyukai tidak berolahraga berat. Walau sebenarnya laki-laki cenderung banyak yang menyukai olahraga berat ‘berdampak atau beresiko tinggi’, seperti sepakbola, tenis, basket, bowling, bmx, hoki, pacuan kuda, airsoft, dan lain-lain.

Olahraga yang beresiko tinggi kebanyakan adalah olahraga yang memicu adrenalin. Salah satunya yang sedang happening yaitu olahraga airsoft. Pada 4 November 2015, Bogor kedatangan pemain airsoft dari berbagai daerah di Indonesia untuk hadir pada acara MACAN KUMBANG 2 di Gunung Pancar, Sentul. Gunung Pancar, Sentul selain menjadi lokasi pemotretan pra-wedding yang hits masa kini, dirasa memang cocok menjadi lokasi bermain skirmish bagi penghobi airsoft. Pada 22 Mei 2016 lalu, Bogor tepatnya di Kawasan Pusat Perdamaian dan Keamanan Indonesia (IPSC, Indonesia Peace and Security Center) menjadi tuan rumah lokasi acara airsoft berjudul BALAWIRAWA V dengan tema “Operasi Sapu Jagad” yang dipersembahkan oleh Organisasi Airsoft Brotherhood Indonesia (ABU).

penyuka permainan Airsoft berkumpul di Gunung Pancar, Sentul Bogor Penghobi Airsoft berkumpul di Gunung Pancar, Sentul Bogor (Dok. Noel ABU)
para penggemar permainan Airsoft di ruangan IPSC Sentul Airsoft di ruangan IPSC Sentul

 

Motivasi para penggemar permainan airsoft memilih olahraga ini antara lain menyukai permainan perang-perangan, koleksi barang bertema militer, menyukai replika senjata, hingga passion pada olahraga yang memicu adrenalin. Olahraga airsoft di Indonesia memiliki 3 organisasi bernama PORGASI (Persatuan Olahraga Airsoft Seluruh Indonesia), ABU (Airsoft Brotherhood Unity), dan FAI (Federation Airsoft Indonesia) yang semuanya telah terdaftar di Mabes Polri. Sehingga keanggotaan ini sudah resmi. Menariknya, penghobi airsoft ini tidak hanya laki-laki, perempuan juga ada sebagai sebagai penggemar permainan airsoft. Bahkan ikut bermain ke lapangan untuk war game. Wohooo cool girl!

Perempuan pun ikut bermain airsoft. Cool girl! (Dok. Noel ABU)

Perempuan pun ikut bermain airsoft. Cool girl! (Dok. Noel ABU)

Temukan Artikel Menarik Lainnya tentang WISATA BOGOR DAN SEKITARNYA

Menilik penggemar permainan airsoft di kota Bogor, ternyata kota hujan ini memilki beberapa tim airsoft yang aktif, baik yang baru ataupun telah lama bermain airsoft. The A Team contohnya, salah satu tim airsoft yang berada di kota Bogor. Tim airsoft yang diketuai oleh Bapak Hadi ini mulai terbentuk Juni 2016 ini. Di Bogor selain The A Team juga ada tim airsoft lain, seperti Barets, Blood raven, Bogor beriman airsoft team. Wuihiii ramai juga ya! Nah paling menarik untuk diketahui sekarang adalah Lokasi bermain ‘skirmish’ Airsoft di Bogor. Bagi yang ingin melihat atau bertemu dengan penghobi airsoft bisa kesini nih.

  1. Taman Balitro. The A Team bersama Komunitas Airsoft Bogor bermain airsoft saat cuaca cerah salah satunya di Taman Balitro ini. Semua komunitas airsoft pun bisa bermain disini. Sebuah Kawasan Penelitian Balitro (Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat) yang berlokasi di daerah Jalan Baru Cimanggu, Bogor ini memiliki taman yang cukup luas dengan terdapat beberapa pohon di dalamnya.
    The A Team Bogor bermain di Taman Balitro, Cimanggu Bogor The A Team bersama Komunitas Airsoft Bogor bermain di Taman Balitro, Cimanggu Bogor
  1. Mega M Mall. Sebuah Mall yang berlokasi di daerah Jalan Baru yang hits beberapa belas tahun lalu, namun sekarang sudah ditidak ada aktivitas didalamnya menjadi salah satu lokasi favourite The A Team bermain airsoft secara indoor. Bermain di dalam ruangan menjadi pilihan tepat sehubungan di Bogor sebagai kota hujan yang hampir hujan setiap harinya. Daripada main sambil kehujanan terus kan? Haha.
    Bermain airsoft indoor di Mega M Mall (non aktif) Bogor Bermain airsoft indoor di Mega M Mall (mall non aktif) Bogor
  1. Gunung Pancar, Sentul. Sebuah dataran tinggi yang berada di Sentul Bogor ini memiliki view yang cantik dengan banyak pohon pinus berjajar kokoh. Pasangan calon pengantin biasa melakukan pemotretan pra-wedding di lokasi ini. Hihi. Sebenarnya udara yang sejuk, cuaca yang cerah, lahan luas, kontur lapangan yang berundak, terdapat banyak batuan besar dan pohon menjadi alasan yang kuat pemilihan para penggemar permainan airsoft untuk bermain di Gunung Pancar, Sentul!
    Persiapan sebelum bermain airsoft di Gunung Pancar, Sentul. (Dok. Noel ABU)

    Persiapan sebelum bermain airsoft di Gunung Pancar, Sentul. (Dok. Noel ABU)

  1. Kawasan Perdamaian dan Keamanan Indonesia (IPSC, Indonesia Peace and Security Center). Mengenal lokasi IPSC juga dapat menilik tulisan HelloBogor yang khusus mengulas IPSC . Lokasi yang luas dan memiliki banyak pohon memang menjadi alasan tepat sebagai lokasi bermain airsoft. Termasuk lokasi IPSC (Indonesia Peace and Security Center)
    Penghobi Airsoft dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di IPSC, Sentul (Dok. Tim Kasad14)Penghobi Airsoft dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di IPSC, Sentul (Dok. Tim Kasad14)

Wahh jadi Bogor menjadi lokasi favourite para penghobi airsoft untuk bermain ya. Uhuy. Wajar sih, karena Bogor yang sejuk dan asri juga banyak lokasi dengan lahan yang luas. Hihi.  Empat lokasi ini sudah pernah menjadi lokasi bermain airsoft. Izin dari pihak terkait atau berwenang lokasi tersebut merupakan hal penting sebelum mau bermain airsoft ya.

Oiya, bicara tentang penghobi airsoft, setiap penghobi pantas bermain airsoft disaat sudah memahami dan menerapkan konsep RSSF, yaitu Responsible, Smart, Safe, dan Fun. Responsible, kesiapan tanggung jawab saat memegang dan memiliki airsoft baik terhadap diri sendiri ataupun oranglain.

RSFF artinya Smart, tahu bagaimana bertindak saat memiliki, menggunakan, dan bermain airsoft secara cerdas. Safe, aman ketika bermain airsoft menggunakan goggle dan rompi. Fun, permainan akan menyenangkan saat ketiga konsep sebelumnya terlaksana dengan baik. Jadi para penghobi airsoft ini pasti mengutamakan rule sehingga bermainpun akan menyenangkan. Sedap!

Keseruan bermain airsoft di Gunung Pancar, SentulKeseruan bermain airsoft di Gunung Pancar, Sentul (Dok. Noel ABU)
Tertarik? Kami menyediakan penginapan murah di Bogor yang dapat kalian booking. Cek juga pilihan paket wisata unggulan kami | by. ezytravel

Tertarik bermain atau berkenalan dengan olahraga yang hits di Bogor ini? Silakan berkenalan dengan Bapak Hadi Iyatama yang sedang menjadi ketua umum salam satu tim permainan airsoft, yaitu The A Team Bogor bisa dihubungi via facebok dan nomor whatsapp 0811-1125-052. So, tunggu apalagi? Yuuk coba keseruan main airsoft di Bogor! 😀

1759 Total Views 6 Views Today
Olahraga ‘ala Tentara’ Airsoft di Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 468 times, 1 visits today)



'Olahraga ‘ala Tentara’ Airsoft di Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool