Share on Pinterest
More share buttons
Malam Mingguan Bareng Bogor Cinema

Nobar Malam Minggu Bareng Bogor Cinema (Sinemataman)

Perfilman Indonesia semakin tahun kesini semakin maju. Salah satu halnya tertulis di tempo mengenai Film Indonesia Paling Dicari di Situs IMDB Amerika Serikat. Hal ini menunjukkan perfilman Indonesia memang sudah mulai dilirik, baik tentunya terlihat dengan kontribusi aktor dan aktris Indonesia yang terlibat dalam film Internasional, ataupun pasar peminat film di Indonesia. Sebuah film yang sukses terlahir dari kerja keras produser, sutradara, pemain dan kru film dengan latihan sejak masa muda yang gigih. Jadi tidak mengherankan jika masa kini banyak komunitas perfilman anak muda, contohnya adalah Bogor Cinema.

Bogor Cinema berdiri sejak 30 maret 2016, bertepatan dengan hari film nasional. Dimulai dari inisiasi anak muda yang bernama Rafliansyah, Rama Adira, Feri, Fadhil, dan Agung komunitas yang bernama Bogor Cinema ini mulai eksis ditengah muda-mudi Bogor. Bogor Cinema sendiri sebetulnya merupakan gabungan beberapa komunitas film yang dijadikan satu. Komunitas film yang masuk dalam Bogor Cinema antara lain Dongscrews, Cornerkick art, Freaktivitas, Daydream production, dan Bori Picture. Kerjasama yang terbentuk antara Bogor Cinema dan Infis Production menjadikan ekspresi anak muda penggiat audiovisual ini tersalurkan positif dengan menaikkan layar di Taman Ekspresi.

Malam mingguan nonton film bareng Bogor Cinema

Malam mingguan nonton film bareng Bogor Cinema

Bogor Cinema punya beberapa program acara yaitu sinemataman, e-toss (sebuah wadah diskusi perfilman), dan watch you hand. Sinemataman, suatu kegiatan pemutaran film-film Indie yang diselenggarakan sebagai penyulut bara semangat produksi serta bentuk apresiasi karya bagi para penggiat audiovisual para filmmaker di Indonesia terutama di kota Bogor. Bergerak bersama komunitas Bogor Cinema hadir pada pekan keempat setiap bulan di Taman Ekspresi,  Bogor Tengah. Program E-toss, sebuah acara diskusi perfilman biasa diadakan bisa seminggu sekali, dua minggu sekali, atau bahkan lebih. Program watch you hand, program diskusi musik yang tentunya berkaitan dengan film, berfokus di akun youtube (https://www.youtube.com/).

Taman Ekspresi

Taman Ekspresi Bogor

Bogor Cinema mengundang anak muda penggiat film yang memiliki film dokumenter atau film indie untuk karyanya ditampilkan dalam layar Bogor Cinema di Taman Ekspresi.

Adapun persyaratan umum :

  1. Film yang dikirimkan tidak mengandung SARA
  2. Film bersifat orisinil dan merupakan hasil karya sendiri.
  3. Untuk film diluar bahasa Indonesia diwajibkan menampilkan subtitle.
  4. Durasi film pendek maksimal 15 menit diluar credit title.
  5. Sineas dapat menyertakan lebih dari satu film.
  6. Materi submit film yang dilengkapi :

–           Poster ( by Online )

–           Trailer ( Jika Ada )

  1. Film dapat dikirimkan secara online melalui perangkat Dropbox, Google Drive, We Share, Wetransfer ataupun lainnya.
  2. Film yang masuk ke Sinemataman akan melalui proses kurasi oleh crew Sinemataman dan akan diumumkan bila lolos seleksi untuk diputar di Sinemataman setiap bulannya.
  3. Pendaftaran gratis dan tidak dipungut biaya apapun.
  4. Hak cipta film tetap menjadi milik peserta.
  5. Film dapat dikirimkan ke sinematamanbogor@gmail.com dengan subject “SUMBIT SINEMATAMAN”.

Contact Info : Rafliansyah 082110694422

Submit film indie kamu bisa disini : bit.ly/2c33Wfk

Malam mingguan bareng Bogor Cinema

Malam mingguan bareng Bogor Cinema

Dua minggu lalu kami telah menikmati serunya malam mingguan yang diisi dengan nonton bareng Bogor Cinema (sinemataman) di Taman Ekspresi Bogor. Berhubung layar tancap ini ditancapkan tiap malam minggu di akhir bulan di Taman Ekspresi, jadi pastikan kita gak ketinggalan infonya @sinema_taman.

sinemataman Bogor Cinema

Sinemataman Januari 2017

Awal kami hadir, karena membaca sebuah poster/ e-flyer bergambar jeruk terkupas bertuliskan 7 film indie yang ada di sosial media. Usut punya usut konsep yang ada di balik poster Sinemataman #10 di bulan Januari ini adalah “fresh”. Januari sebagai bulan pembuka di setiap tahunnya, oleh karena itu tentu perlu ada kesegaran untuk mengawali tahun 2017. Jeruk dipilih Nurarinta sebagai simbol dari kesegaran. Warnanya yang terang dan rasanya yang menyegarkan dirasa cocok mewakili pesan yang dimaksud. Bagi Tata, water colour merupakan media yang menantang. Oleh karena itu dia memilih water colour sebagai media pewarnanya. Bertajuk 7 Film Indie di Kota Hujan, sinemataman periode Januari 2017 menampilkan 7 film hasil karya anak muda Bogor Cinema, yaitu

  1. Fullen

Diproduksi oleh Wedang Ronde Production

Sepasang kekasih berbicara tentang mimpi untuk hidup berdua dibalik kekurangan fisik yang dialami.

Fullen

Fullen

  1. Sedeng Sang

Diproduksi oleh Institut Seni Indonesia Jogja

Seorang anak yang mendapatkan batasan untuk bermimpi demi meneruskan perjuangan bapaknya mengembangkan kebun keluarga.

  1. Mari Bermain

Smophyc Production

Sebuah obrolan di sudut lapangan rumah sakit jiwa yang membahas tentang keanehan manusia dan kegilaan negerinya.

  1. Mental Jiwa

Dua Warna Picture

Seorang pria yang dikejar kejar rasa takut atas apa yang telah ia lakukan terhadap kawan dan kekasihnya.

  1. Mati di Ibukota Mahal

Produksi Adiksi Project and Lookout Picture

Dua kerabat berbincang mengenai sulitnya hidup dan mati di Jakarta.

  1. Singgah Kotaku

Darru Firman dan Mengkies

Bogor kota hujan milik semua manusia di dalamnya. Senang sedih bahagia semua ada terangkum dalam satu cerita dan nilai nilai kehidupan.

Film Indie : Singgah Kotaku

Film Indie : Singgah Kotaku

  1. Shoes of Lesser Feet

Institut Kesenian Jakarta

Perjumpaan antara banyak kaki membully sepasang sepatu jelek yang memiliki kaki terbaik dibandingkan kaki yang lain.

Komunitas Bogor Cinema

Komunitas Bogor Cinema

Hebatnya, walaupun komunitas ini baru terbentuk tahun 2016 lalu, penggiat film yang sudah menyerahkan karyanya untuk ditampilkan ada dari berbagai institusi dan kota, seperti Jakarta, Yogyakarta, dan lainnya. Setiap film yang akan naik layar di Taman Ekspresi, dibagikan infonya via instagram @sinema_taman, selain itu Instagramnya juga digunakan untuk pengumpulan vote film favorit dari masyarakat. Contoh hasil vote film favorit 2 minggu lalu, sebagai berikut:

  1. Singgah kotaku
  2. Mari bermain
  3. Sedeng sang
  4. Mati di ibukota mahal
  5. Fullen
  6. Mental jiwa
  7. Shoes of lesser feet
7 Film Indie edisi Januari 2017 di Bogor Cinema

hasil vote 7 film Indie edisi Januari 2017

Jalan-jalan di Bogor, tapi takut ada spot kelewat? Hmm.. tour aja! Nih cari Paket Tour Murah, Sekalian weekend di Bogor Cari Hotel Murah, Kalau dari Bogor, kamu bisa Booking Tiket Pesawatke destinasi favorit kamu!

Tidak heran saat film indie Singgah Kotaku ini menjadi juara edisi Januari 2017 ini. Karena film indie ini nih yang mengena sekali mengenai suka duka bahagia keseharian di kota hujan tercinta. Film yang berkualitas, pasti dimulai dari langkah-langkah positif anak muda seperti Bogor Cinema ini. Kalau bukan kita, siapa lagi? Penasaran juga untuk malam mingguan hemat di Bogor? Yuk datang saja dulu, siapa tahu candu 😉

689 Total Views 1 Views Today
Nobar Malam Minggu Bareng Bogor Cinema (Sinemataman)
Vote Us
(Visited 186 times, 1 visits today)



'Nobar Malam Minggu Bareng Bogor Cinema (Sinemataman)' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool