Share on Pinterest
More share buttons
Air Panas Ciparay

Nikmatnya Berendam di Wisata Air Panas Ciparay Bogor

Saat melewati plang bertuliskan “Pemandian Air Panas” di sekitar kaki gunung Salak beberapa waktu yang lalu, saya membayangkan sebuah tempat, yang mirip dengan pemandian air panas yang dekat dengan rumah saya di Lampung. Jika yang di dekat rumah saya, lokasi adanya di pinggir jalan, dibawah pohon-pohon rindang dan serta adanya sumur mata air panas yang cukup dalam. Berbeda dengan pemandian air panas yang saya temui di Bogor kemarin. Saya pikir ketika kami melewati plang tersebut, kami akan langsung menemukan tempat pemandiannya. Ternyata dari jalan raya menuju parkiran untuk menuju pemandian air panas itu cukup jauh. Tapi nggak sejauh kayak dari Papua ke Jakarta, sih. Lokasi pemandian air panas ini ternyata menjadi salah satu objek wisata Bogor yang ramai didatangi pengunjung. Mungkin karena letaknya yang strategi.

view yang menawan

Jalan turun ke kolam air panas, ini masih jauh lho 😀

Kolam ada di sisi sebelah kiri, di ujung sana.

Mungkin sekitar 500-800M dari jalan raya ke parkiran, lalu dari parkiran menuju kolam pemandiannya kami harus menuruni anak tangga yang tidak kalah ‘lucu’ seperti waktu saya dan teman-teman ke Curug Cigamea. Oh, ya dua tempat ini tidak begitu jauh. Masih berada di daerah Pamijahan, tepatnya di kampung Ciparay Desa Gunung Sari -Bogor.

pondok-pondok di seberang untuk menginap

Pemandian yang dinamakan Wisata air panas ciparay Gunung Salak Endah ini, menyuguhkan pemandangan alam yang membuat mata dan hati ini selalu mengucap syukur. Letaknya yang ada di dasar lembah dan dihimpit bukit-bukit serta sisi tebing yang menjulang, membuat kami merasakan seakan sedang menjadi seorang petualang sejati. Wisata pemandian air panas ini semakin menarik karena didasar lembah itu mengalir air dari sungai Cikuwulung dengan bebatuannya yang indah dipandang mata. Ditambah jembatan yang menghubungkan kedua bukit yang dibelah oleh sungai tersebut. Rumah-rumah atau pondokan tempat para pengunjung menginappun menambah kesan asri dan damai disini.

Kolam air panas

tempatnya asik banget buat relaksasi

Disini ada dua kolam yang disediakan pengelola untuk pengunjung yang ingin merasakan hangatnya air belerang yang mengalir alami dari mata air pegunungan gunung salak Endah. Tapi memang kolamnya agak kecil, jadi kalau wisatawan sedang ramai, sepertinya kita harus rela mengantri. Tapi tidak perlu khawatir, di wisata air panas ciparay ini banyak warung-warung atau bale-bale yang menyajikan beragam jajanan khas pegunungan, seperti Jagung Bakar, wedang jahe, mie rebus dan sebagainya.
Ada juga air pancuran, airnya tidak kalah hangat dari yang ada di kolam, tersedia juga kamar mandi yang lebih privat jika ingin berendam air panas.

Jalan pulang, parkiran di balik bukit ini 😀

Ada yang unik di tempat wisata air panas ini, yaitu, ketika kami sedang rehat di sebuah warung, yang didepannya ada mushola. Disitu kami ditawari oleh seorang ibu pemilik warung untuk merasakan mata air herbal, yang konon katanya bekhasiat untuk menyembuhkan beragam macam penyakit. Bisa untuk terapi kesehatan maksudnya. Airnya ini berasal dari akar-akar pohon yang tumbuh di sisi tebing, juga sisa-sisa endapan daun-daun dari hutan gunung salak endah. Rasanya itu sedikit getir di lidah seperti kita sedang meminum sprite. Adanya di dalam lokasi mushola dekat dengan tempat wudhu.

Tumbuhan yang unik menempel di batu

kakinya aja yang narsis di sungai . 😀

Tapi sepertinya tidak semua orang yang berkunjung kesini menyadari atau diberitahu oleh si ibu. Kebetulan karena si ibu ini juga bisa ‘melihat’ sifat asli orang-orang yang datang berkunjung.
Nah, buat yang mau datang kesini, tempatnya gampang dicari kok, karena berada di kawasan wisata gunung salak.

20732 Total Views 9 Views Today
Nikmatnya Berendam di Wisata Air Panas Ciparay Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 13,191 times, 1 visits today)


About

Blogger | @melfeyadin


'Nikmatnya Berendam di Wisata Air Panas Ciparay Bogor' have 10 comments

  1. 02/27/2015 @ 4:34 pm Media Informasi Indonesia

    wah nuhun atas infonya
    ternyata gak perlu jauh-jauh cari objek wisata alam yang bagus, karena di Bogor masih ada yang bagus-bagus

    Reply

  2. 02/28/2015 @ 8:40 am Dedew

    ya ampun, dakuw urang bogor, belum pernah kesinii..aish..makasih meel :*

    Reply

    • 03/20/2015 @ 10:51 am Melly Feyadin

      Nah, ayooo mbak. Klo ke Bogor lagi harus main kesini

      Reply

  3. 04/03/2015 @ 4:08 pm Deni Setyawan

    Wah…Asik tempatnya, jadi tempat tujuan wisata selanjutnya nih. Trims Melly

    Reply

  4. 07/08/2015 @ 11:18 am dedy

    Tlg donk teman2 share bagi yg tau t4 rekreasi di bogor dan sekitaran ditunggu share’y makasi.

    Reply

  5. 07/09/2015 @ 3:01 pm bagus

    nanya donk klo air panas ciparay bisa sampai malam gak? soalnya lebih enak berendam malam2, klo siang kan panas 😛

    Reply

  6. 07/20/2015 @ 5:19 pm nia

    maaf mau nanya dung,,kalo ke air panas ciparay ini dari stasiun bogor naik angkot apa ya? apa ada angkot yang sampai di tempat?
    makasi^^

    Reply

  7. 03/12/2016 @ 10:12 am jual rak swalayan

    tolong cerita rute angkot nya dong

    Reply

  8. 05/21/2016 @ 7:15 am 5 Tempat Pemandian Air Panas yang Tidak Jauh Dari Jakarta

    […] Sumber: hellobogor […]

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool