Share on Pinterest
More share buttons
Ngubek Setu

Ngubek Setu dan Pelepasan Balon Sebagai Penutup #HJB533

Sudah memasuki pertengahan bulan Juni tahun 2015 dan satu persatu kegiatan yang diadakan dalam rangka #HJB533 telah selesai digelar. Di tanggal 13 dan 14 Juni 2015 ada beberapa kegiatan dan ada satu kegiatan penutupan rangkaian acara #HJB533.

Tari Rengkak Ayakan

Tari Rengkak Ayakan Dari Sanggar Gandes Pamantes (pic via twitter.com/yansofyan2)

Di Situ Gede akan digelar ngarakit atau Lomba Rakit dan Ngubek Setu, ada sekitar 10 Rukun Warga di sekitar Situ Gede yang dilibatkan dalam acara ngarakit, selanjutnya untuk acara puncak, ngubek setu akan melibatkan masyarakat umum. Bapak Eman Sulaeman selaku ketua panitia acara Pesta Rakyat #HJB533 Situ Gede mengungkapkan “Acara yang diselenggarakan ini bertujuan untuk menyambut rencana Kelurahan Situ Gede yang akan dijadikan Kampung Wisata” Ia pun berharap pesta rakyat ini menjadi salah satu ajang pariwisata di Situ Gede. Di acara Ngubek Setu akan digelar juga penampilan ragam seni budaya dan pameran hasil kerajinan warga sekitar Situ Gede. Situ Gede yang memiliki luas area 3.4 hektar ini memiliki daya tarik dengan potensi ikan konsumsinya, area danau dikelilingi oleh hutan penelitian seluas 60 hektar.

Ngarakit akan diikuti oleh 10 tim dengan masing-masing tim beranggotakan 4 orang yang saling mengadu untuk mengayuh hingga sampai tujuan. Jarak dari area lomba sepanjang 300 meter bolak-balik. Tari Rengkak Ayakan sebagai tari pembuka dari kegiatan Ngarakit di Situ Gede, tari ini menceritakan suka cita warga dalam menyambut kegiatan. Disediakan sekitar 1ton ikan mas, mujair dan nila untuk acara Ngubek Setu.

Ngubek Setu menjadi kegiatan tradisi yang berlangsung sejak zaman kolonial Belanda, kegiatan ini juga menjadi penanda untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Jelang acara Ngarakit dan Ngubek Setu dilakukan prosesi zikiran dan doa bersama. Zikir dan doa dimaksudkan untuk memohon keselamatan kepada Tuhan YME agar pelaksanaan acara Ngarakit dan Ngubek Setu berjalan lancar. Kegiatan zikir dan doa bersama dilanjutkan dengan memasak daging kambing yang akan dimakan bersama-sama, jelang bulan ramadhan kegiatan ini juga sebagai tradisi cucurak warga.

Lapangan Sempur

Pelepasan 21.000 balon di Lapangan Sempur. (via twitter.com/pemkotabogor)

Lapangan Sempur di minggu pagi memang ramai oleh kegiatan Car Free Day. Hari minggu kemarin semakin ramai dan semarak dengan adanya acara pelepasan 21.000 balon, acara ini juga sebagai acara penutup  dalam rangkaian acara #HJB533. Warna hitam dan putih mendominasi Lapangan Sempur, balon yang berwarna hitam dan putih yang diterbangkan menggambarkan permasalahan dan persoalan yang ada di Kota Bogor. “Dengan keberagaman yang dimiliki seluruh warga Kota Bogor, kita bisa menghadapi dan menyelesaikan semua masalah.” ungkap Bima Arya. Selain acara pelepasan balon juga ada acara fun bike dan fun walk.

2694 Total Views 3 Views Today
Ngubek Setu dan Pelepasan Balon Sebagai Penutup #HJB533
5 (100%) 1 vote
(Visited 291 times, 1 visits today)

Tagged:


About

Hootsuite Asia Pacific Ambassador


'Ngubek Setu dan Pelepasan Balon Sebagai Penutup #HJB533' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool