Share on Pinterest
More share buttons
Kopi Ranin

Ngopi di Kota Hujan

Hotel Novotel Murah di Bogor

Apa yang paling tepat untuk dinikmati di kala hujan? Ya, kopi panas. Rasanya sayang untuk melewatkan hujan tanpa menyesap aroma kopi yang khas dan menenangkan. Bagi Anda pecinta kopi, ritual ngopi bisa jadi petualangan tersendiri ketika liburan di Bogor.

Rumah Kopi Ranin. Tempat kopi yang dibangun sejak tahun 2012 ini merupakan tempat ngopi yang istimewa dan wajib untuk didatangi. Ranin menawarkan pengalaman minum kopi yang berbeda dari kedai kopi pada umumnya. Bangunan dua lantai di daerah Bangbarung atau Jalan H. Achmad Sabari no. 22A ini mendapat sentuhan vintage pada interiornya. Begitu masuk, kita akan disambut oleh mesin penyangrai kopi atau roaster di sudut ruangan. Di sini, penikmat kopi tidak hanya disuguhi kopi, tetapi juga berbagai pengetahuan terkait emas hitam ini.

Rumah Kopi Ranin Bangbarung Bogor

Penampakan Rumah Kopi Ranin di Bangbarung | Sumber foto: bincangkopi.com

Merayakan Kopi Nusantara

Kopi yang ditawarkan Rumah Kopi Ranin merupakan kopi dengan kualitas terbaik dari petani Indonesia; melalui proses produksi dengan benar, mulai tanam hingga proses pasca panenn. Uji Sapitu dan Tejo Pramono, sang pemilik, meyakini bahwa kualitas yang baik juga akan menaikkan harga jual kopi dari petani sehingga meningkatkan pendapatan petani itu sendiri. Kedua pemilik Rumah Kopi Ranin ini memang aktivis dalam isu sosial, terutama tentang kedaulatan pangan.

Ranin mengajak penikmat kopi untuk menyicip kopi terbaik Nusantara dalam sajian single origin. Ada kopi Gayo, Mandheling, Baraka Enrekang, Kintamani Bali, Java Preanger, Linthong, Kepahyang Bengkulu, Kalibendho Banyuwangi, Toraja hingga Wamena Papua.

Tapi kualitas kopi terbaik juga belum tentu menghasilkan seduhan kopi yang nikmat. Cara menyeduh kopi memiliki teknik khusus agar kopi yang kita minum benar-benar sempurna. Selain itu, cara seduh kopi yang benar mampu menyampaikan pesan cita rasa dan aroma tiap biji kopi. Di Rumah Kopi Ranin, kita diajak untuk memilih cara seduh yang paling sesuai dengan selera kita; french press, seduh-siphon, moka-pot, vietnam-drip atau pour-over. Semuanya manual. Anda tidak akan menemukan mesin espresso di sini. Alat espresso milik Ranin juga manual. Bagi Ranin, petualangan alat seduh menjadi tantangan bagi penikmat kopi.

Membuat Kopi Expresso

Om Tejo sedang membuat espresso dengan alat espresso manual.

Kualitas terbaik dalam cangkir kopi yang ditawarkan kepada pengunjung, merupakan bentuk upaya pemilik Rumah Kopi Ranin untuk merayakan kopi nusantara bersama petani kopi dan penikmat kopi. Harga minuman dan makanan di Ranin tidak terlalu mahal. Mulai harga belasan ribu, kita sudah bisa menikmati secangkir kopi kualitas terbaik. Bagi Anda yang tidak suka kopi hitam, Ranin menyediakan menu lain seperti cappuccino, cafe latte, coffee milk, dan lain-lain. Ada juga menu dari coklat dan teh. Tapi jangan harap menemukan makanan berat di sini. Ranin hanya menyediakan beberapa menu camilan sebagai pendamping kopi.

Kopi Affogato Bogor

Menu kesukaan saya sih ini, affogato. :9

Bukan Kedai, Tapi Rumah

Seperti namanya, Rumah Kopi Ranin memang terasa seperti rumah. Keramahan dari pemilik dan baristanya, membuat pengunjung betah berlama-lama duduk di sana. Mereka tak segan untuk menyapa dan berbincang dengan pengunjung, selayaknya pemilik rumah kepada tamu. Tak jarang juga pemilik Rumah Kopi Ranin duduk bersama tamu dan mengajak tamu menguji cita rasa kopi, atau istilahnya cupping.

Tes Rasa Kopi di Bogor

Uji cita rasa alias cupping di Ranin.

Cupping ini sekarang menjadi kegiatan rutin setiap hari Sabtu di Rumah Kopi Ranin. Selain cupping, tak jarang Ranin juga mengadakan acara-acara lain seperti bedah buku, diskusi, maupun menonton film yang temanya tentang kopi. Pokoknya, pecinta kopi tidak akan menyesal datang ke tempat ini.

Ngopi di Kota Hujan

Di Lantai 2 bisa narsis di tembok keren ini lho. 😀

 Sesekali, cobalah ngopi di Kota Hujan. 😉

5102 Total Views 6 Views Today
Ngopi di Kota Hujan
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,562 times, 1 visits today)



'Ngopi di Kota Hujan' have 1 comment

  1. 02/22/2015 @ 9:04 pm Adella Adiningtyas

    Pusatnya ada di kampus ku loh 😀 boleh lah sekali-sekali berkunjung ke Dramaga, kakak, kita ngopi bareng >,<

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool