Share on Pinterest
More share buttons
nasi uduk kebon kacang H Ali

Nasi Uduk Kebon Kacang Ali ada di Bogor

Nasi Uduk  adalah masakan olahan nasi yang khas Indonesia, lebih tepatnya, Jakarta. Kekayaan kuliner nusantara dengan nasi uduknya ini melengkapi beragam olahan santapan utama masyarakat nusantara. Nasi uduk merupakan nasi dengan beras yang dikukus dengan santan dan serai serta sedikit kayu manis sehingga aromanya menggugah selera makan, dan rasanya gemuk gurih. Biasanya, disertai dengan lauk pauk berupa ayam goreng, sambal teri dan sejenisnya. Dari wikipedia, membacanya saja sudah meneteskan lidah ya Ezytravellers, “bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris,abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang.”

Biasanya nasi uduk diidentikkan dengan lokasi nya di Jakarta. Misalnya Gondangdia dengan nasi uduk gondangdianya dan kebon kacang dengan nasi uduk kebon kacangnya. Banyak lagi restoran nasi uduk yang awalnya dari “angkringan” kaki lima pinggir jalan yang turun temurun, menjadi restoran. Hal  ini menunjukkan nasi uduk memang pantas untuk naik kelas dan menjadi santapan favorit semua golongan masyarakat.

Nasi Uduk Kebon Kacang, sebagaimana yang saya sebut diatas, identik dengan H.Ali.  Sebuah jaringan chain store nasi uduk yang lumayan mantab. Walau di kebon kacang, Jakarta sendiri, bukan hanya ada satu warung nasi uduk, Nasi uduk satu ini mampu menjadi pembeda kualitas rasa dan layanannya.

Nasi uduk kebon kacang mempunyai banyak outlet, dan salah satu yang menurut saya representatif adalah di Bogor. Beralamat di Bantarjati, alias Jalan Ahmad Sobana tidak jauh dari Masjid dan pertigaan ke Indraprasta dimana lokasi awal dari bakso PMI yang terkenal di Bogor berada. Nasi uduk kebon kacang ini lokasinya tidak jauh dari deretan warung dan resto kuliner di kiri jalan menuju ujung Ahmad Sobana, yang merupakan segitiga emas kuliner di kota bogor.

nasi uduk kebon kacang

Oke, sebelum mencicipi menu, mari kita lihat konsep restoran ini. Nuansanya lumayan apik, adem dan rumahan. Resto ini cukup luas menampung banyak orang, karena ukurannya yang berupa rumah seperti tipe 45 dan disambung ruang belakang.

Untuk kamu yang suka hang out, bagian resto disisi luar menarik dan nyaman. Sedangkan bagi yang ingin privacy dan ruangan ber Air Conditioner, silakan masuk ke dalam, sangat memanjakan ruangannya. Enak untuk ngobrol lama-lama. Suasana depan dibuat seperti gaya kuno belanda/betawi, namun memang tak begitu kental karena hanya berbentuk rumah saja. Untuk menunjang, dalam menu makanan ditulis menggunakan ejaan lama jaman penjajahan.

resto nasi uduk kebon kacang bagian tengah

ornamen di salah satu dinding

nasi uduk kebon kacang

bagian depan dan tengah serta belakang

 

Namun demikian, beberapa ornamen tanaman hijau dan pajangan membuat tempat ini lumayan cozy. Waktu saya ke lokasi, memang siang, sehingga terang. Jika malam hari, sepertinya akan lebih temaram dan “syahdu”.

nasi uduk kebon kacang

nuansa betawi dan belanda lama

nasi uduk kebon kacang

bagian belakang restoran, ada juga tempat lesehan yang enak buat makan bareng keluarga

nasi uduk kebon kacang

Soal ngobrol, restoran ini dipersenjatai dengan WIFI yang lumayan untuk berinternet ria sambil menyendiri maupun sesekali sambil ngobrol, melalui perangkat telepong genggam Ezytravellers. So, soal suasana, recommended, deh.

ada tempat anak makan pula, walau tak besar, lumayan untuk anak2 kecil makan ya

Mushola yang lumayan bersih, ngga jauh dari tempat makan.

Beralih ke menu makanan. Nasi uduk kebon kacang ini menyajikan aneka menu nasi uduk komplit sebagai andalan. Kamu bisa memilih aneka paket, maupun ala carte. Lengkap dengan tahu atau tempe, gepuk atau ayam atau ikan, dan jelas, ada sambalnya. Oya nasi uduk khas Jakarta biasanya sambalnya adalah sambal kacang ya gais. Pedas sedang, dengan gurih kacang membuatnya cocok dengan menu lalapan yang juga disajikan dalam paketnya. Range harga mulai dari 30 ribu hingga 40 ribu. Cukup sepadan dengan niat makan dan nongkrong rada lama di tempat ini.

2017 Udah gak jaman jalan-jalan mahal! Temukan pilihan terbaik ini: Booking Tiket Online, Paket wisata Indonesia dan Keliling Nusantara

Selain paket nasi uduk, Ezytravellers juga dapat mencicipi varian menu lain seperti sayur urap, sayur asem, balado jengkol, balado kentang dan sejenisnya yang merupakan menu-menu yang pas disajikan bersama dengan nasi uduk.

nasi uduk kebon kacang

Ini menu nasi uduk komplit, dengan ayam kampung jantan.

ditambah sayur asem.. maknyuusss

Nasi Uduk Kebon Kacang juga menjual aneka bawang goreng khas nasi uduk kebon kacang H. Ali

Kopi dan teh sebagai teman terbaik makan rumahan juga tersedia. Sehingga cocok bagi yang masih ingin berlama-lama di tempat ini, namun tak meninggalkan kesan tradisional dan beralih ke tempat modern seperti coffee shop yang sudah banyak di Bogor seperti yang sudah diulas di Hello bogor ini, ini ini dan ini. Juga yang kekinian seperti kedai susu disini dan disini.

Untuk makanan yang disajikan, lumayan lengkap, cocok dengan namanya yang membawa nuansa tradisional betawi dan jakarta tempo doeloe. Tengok saja daftar menu diatas. Seperti tagline dari nasi uduk kebon kacang ini, mereka menyajikan RESEP ELIT, dengan berdiri sejak 2007 yang artinya genap sepuluh tahun melestarikan kuliner ibukota tradisional yang disukai oleh semua lapisan masyarakat, termasuk warga bogor. Mari kita cicipi yuk?

tiket mudik murah

1276 Total Views 3 Views Today
Vote Us
(Visited 197 times, 1 visits today)

About

Part of Disaster Management Student at Indonesia Defense University


'Nasi Uduk Kebon Kacang Ali ada di Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool