Share on Pinterest
More share buttons

Museum Kebangsaan di Bogor, Tempat Semua Presiden Indonesia Terkumpul

“Setiap Presiden Ingin Berbuat yang Terbaik Bagi Bangsa dan Negaranya” -. Soesilo Bambang Yudhoyono.

Quote Bapak Susilo Bambang Yudhoyono tersebut menyadarkan kita sebagai masyarakat bahwa yang terjadi saat ini (contohnya : perombakan kabinet kerja yang kedua) oleh Bapak Joko Widodo merupakan usaha demi kemajuan Republik Indonesia tercinta. Pro kontra terhadap reshuffle kabinet yang terjadi pada masyarakat Indonesia, tetap tidak akan mengubah hak prerogatif presiden. Menjadi pemimpin negara merupakan bukan hal mudah dan tidak setiap orang dapat memegang amanah tersebut. Sosok terpilih yang pernah memimpin Negara Republik Indonesia jelas memiliki integritas, jujur, dapat dipercaya, dan tentunya memiliki kemampuan memimpin. Sosok kharismatik dan berperan besar terhadap Indonesia (baca : Presiden) pertama hingga ke enam akhirnya berkumpul di Bogor.

Quote Bapak SBY di depan Museum Kepresidenan (dok. pribadi)Quote Bapak SBY di depan Museum Kepresidenan (dok. pribadi)

Wahh gimana caranya Presiden pertama hingga ke enam berkumpul di Bogor? Apakah terbang dengan Tiket Pesawat Ezy ? Yaa bisa jadi! Hihi. Karena Ezytravel.co.id punya banyak promo menarik untuk penerbangan, dan juga untuk berwisata di Indonesia. Lengkapnya tentang paket wisata Ezytravel.co.id yang bisa dibaca disini Wisata Bogor.  Oups, kembali ke Presiden, Yaaa bingo! Keenam Presiden RI berkumpul yaitu dengan adanya sebuah bangunan masyur yang digagas oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang dapat mengumpulkan semua Presiden.

Baca Cerita Seru Mengenai WISATA BOGOR Menarik Lainnya

Ide brilian Bapak Presiden ke enam mengenai pembangunan Museum Kepresidenan ini tercetus pada tahun 2012. Pemikiran beliau mengenai pembangunan perlu adanya Museum Kepresidenan ini beralasan kuat seiring semenjak masa kepemimpinan Presiden Republik Indonesia pertama sampai Presiden RI ke enam telah banyak kegiatan yang menjadi tonggak sejarah bangsa Indonesia, terutama di Istana Bogor. Benda bersejarah seperti foto, benda seni, buku catatan, lukisan, dan berbagai informasi penting dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda bangsa Indonesia, seperti kita-kita ini.  Berwisata sambil menambah pengetahuan. Sedaapp!

Tampak depan Balai Kirti (dok. @BalaiKirti)Tampak depan Balai Kirti (dok. @BalaiKirti)

Museum kepresidenan ini diberi nama Balai Kirti, yang artinya bangunan yang menyimpan dan memperlihatkan hasil tindakan masyur peninggalan sejarah kepemimpinan para Presiden RI. Ada apa saja sih di Balai Kirti ? Menariknya bangunan ini terdiri dari 3 lantai, tiap lantai punya kekhasan masing-masing. Terdapat 3 lantai di Balai Kirti. Lantai pertama berupa ‘Galeri Kebangsaan’, lantai kedua berupa ‘Galeri Kepresidenan’, lantai ketiga berupa taman terbuka.

Berfoto di depan Galeri Kebangsaan (dok. pribadi)

Saat awal memasuki Galeri Kebangsaan kita akan disambut dengan patung yang melambangkan negara yaitu Burung Garuda. Kokoh tegapnya Burung Garuda didampingi oleh Pancasila sebagai semboyan negara memperkuat identitas Indonesia saat memasuki galeri tersebut. Mengarah ke kanan, kita akan melihat pembukaan Undang Undang Dasar 1945 yang menjadi dasar negara saat awal merdeka. Bergerak masuk ke dalam kita disambut 6 patung Presiden RI. Kenapa 6? Jelas karena yang sudah selesai menjabat sejumlah 6 orang.  Hehe. Patung tersebut berdiri kokoh mencirikan khasnya dalam bergerak dan bersapa dengan masyarakat Indonesia. Jangan ketinggalan untuk foto bersama Presiden Kesayangan kamu! 😀

Patung Enam Presiden RI (dok. Museum Kebangsaan)Patung Enam Presiden RI (dok. Museum Kebangsaan)

Oyaa, dalam perjalanan masuk ke Museum Kepresidenan ini kita akan ditemani guide yang kece dan cerdas mengarahkan seluk beluk Kebangsaan dan Kepresidenan. Kita tidak akan dibiarkan tersesat dalam Balai Kirti. Setelah selesai di lantai satu yang ditutup oleh info grafis dan peta bergerak Indonesia yang menceritakan sejarah dan perkembangan, kita akan diajak bergerak ke lantai dua. Taraaa, kita berada di Galeri Kepresidenan. Jika saat di lantai satu kita diperbolehkan untuk berfoto sebebas-bebasnya. Di Galeri Kepresidenan ini kita diimbau untuk menyimpan kamera karena tidak diperbolehkan terdokumentasi. Okaaay, sebagai gambaran galeri kepresidenan sebagai berikut. Kita diajak masuk dalam ruangan yang setiap ruangan berisi bahasan penuh tentang masa kepresidenan dan perjuangan beliau untuk Republik Indonesia.

Jadi ada apa saja ya di Galeri Kepresidenan? Mari imajinasikan karena tidak diizinkan mengabadikan isi galeri ini. Pertama, ada quote andalan setiap Presiden RI. “Jas Merah, Jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah”, sudah melekat dalam ingatan penduduk Indonesia bahwa itu ucapan Bapak Ir. Soekarno. Ada satu quote favourite saya yaitu “Indonesia harus mengandalkan pada sumber daya manusia yang berbudaya, merdeka, bebas, produktif dan berdaya saing tinggi.” Quote tersebut berasal dari Bapak B.J. Habibie. Its really inspiring for me! Yap, that galery will encourage us to do something for Indonesia!

Kedua, terdapat video perjuangan pada masa jabatan setiap Presiden RI. Ketiga, dokumentasi pribadi dan keluarga presiden RI. Keempat, barang khas yang digunakan oleh Bapak/Ibu Presiden pada masanya. Apa itu? Contohnya handphone Nokia komunikator type E-90-1 milik Bapak SBY yang digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan penduduk Indonesia dengan nomor sms 9949, sesuai dengan tanggal kelahiran beliau. Menarik sekali! 😀

Berlanjut dalam perjalanan setelah selesai dari isi galeri ke enam Bapak SBY, manajemen Museum Kepresidenan sudah dengan apik menyiapkan tempat berfoto ala Presiden RI di depan gedung Istana dan jajaran foto presiden RI. Yuhuu, capture this moment! Tunggu apalagi? Ayoo dapatkan inspirasi dan energi positif semangat kepresidenan dari Presiden RI kita dengan main bersama ke Balai Kirti di Bogor, area Istana Bogor.

Di dalam Galeri Kepresidenan RI (dok. Pribadi) Di dalam Galeri Kepresidenan RI (dok. Pribadi)

Oke, jadi makin tertarik ke Museum Kepresidenan? Alamatnya disini nih :

Komplek Istana Kepresidenan Bogor

Jl. Ir H. Juanda No. 1

Bogor 16000

Telp. 0251-7561701

email : museumkepresidenanindonesia@gmail.com

 

Oups, bagaimana cara untuk bisa kesana?

Mudah saja, hubungi manajemen Museum Kepresidenan

Email : museumkepresidenanindonesia@gmail.com

Facebook : Balai Kirti

Instagram : @balaikirti

Twitter     : @balaikirti

Telepon : 0251 – 7561701

 

Ulurkan Tangan Untuk Mereka : SEKOLAH MENTARI, PENDIDIKAN GRATIS DI BOGOR

Oia, kunjungan hanya bisa dilakukan pada Hari Selasa – Jum’at buka pukul 09.00 s.d 15.00 WIB, Hari Sabtu – Minggu buka pukul 09.00 s.d 13.00 WIB, sedangkan Hari Senin dan Libur Nasional tutup yaa. Semakin ramai, semakin seru juga untuk berkunjung. Jadi ajak sanak saudara, sahabat untuk main ke Bogor. Mari tingkatkan nasionalisme dengan wisata yang mencerdaskan di Bogor ;D

Kunjungan ke Balai Kirti (dok. Rialita Y)

Kunjungan ke Balai Kirti (dok. Rialita Y)

1063 Total Views 1 Views Today
Museum Kebangsaan di Bogor, Tempat Semua Presiden Indonesia Terkumpul
Vote Us
(Visited 173 times, 1 visits today)



'Museum Kebangsaan di Bogor, Tempat Semua Presiden Indonesia Terkumpul' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool