Share on Pinterest
More share buttons
Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong

Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong

Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong? Hmm Ezytravellers baru tau kan? Wajar saja, karena monumen ini sempat lama terbengkalai. Bahkan masyarakat Cibinong itu sendiri tidak tahu loh sebagian besar soal adanya monumen ini, apalagi soal sejarah pertempuran di Cibinong yang mendasari dibangunnya monumen perjuangan masyarakat Cibinong bersama dengan Badan Keamanan Rakyat (BKR) menghambat laju pasukan sekutu menuju Bandung.

Dahulu, nama tugu peringatan ini adalah monumen bivak atau Got Tjiluar. Memang, di sekitar lokasi inilah, rakyat kabupaten Bogor menghadang sekutu. Dikarenakan tempat ini, cibinong, masih merupakan hutan dan jarang ada penduduk, masyarakat mendirikan Bivak untuk berlindung dan sebagai markas-markas sementara sambil menunggu menyergap pasukan Sekutu yang akan mengambil alih kembali Indonesia dan ingin menguasai ibukota Jawa Barat, Bandung melalui jalan darat dari Jakarta.

Bivak (Bahasa Prancis: Bivouac) adalah tempat berlindung sementara (darurat) di alam bebas dari aneka gangguan cuaca, binatang buas, dan angin. Mendirikan bivak adalah teknik penting yang harus dikuasai jika hendak berkemah. Bivak merupakan salah satu kemampuan wajib survival di alam bebas. Pada waktu itu, pendirian Bivak menjadi salah satu cara para pejuang berhari-hari menunggu dan menyiapkan strategi penggangguan tentara sekutu.

Sedangkan nama Got Tjiluar merujuk ke lokasi bivak yang agak menurun menuju parit-parit alami (got) disepanjang sungai yang mengalir ( anak sungai Ciliwung, yaitu Ciluar yang tembus sampai Bogor kota di daerah Tanah Baru.

Pada saat itu, pertempuran sengit rakyat dipimpin oleh KH Tb. Syamsuddin Noor sebagai komandan batalyon, KH Syansuri (Haji Syarun) sebagai wakil komandan dan Guru Nasian dan Madi sebagai staf Batalyon. Jangan heran, dulu sekali, BKR merupakan kesatuan gerilya yang sebagian besar adalah alim-ulama, rakyat dan santri, terutama di basis-basis pesantren yang dekat dengan masyarakat lokal. Mereka gugur pada pertempuran bivak tersebut mempertahankan tiap jengkal tanah ibu pertiwi.

Pada tahun 1985 lah monumen Bivak ini didirikan untuk mengenang jasa para pahlawan, oleh Bupati Bogor waktu itu, Soedradjat Nataatmadja, pada 17 Januari 1985. Namun demikian, sayang sekali monumen yang terletak persis disamping Badan Informasi Geospasial (BIG) –dulu bernama Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terbengkalai sejak lama.

Pada 15 Agustus 2016 lalu, Bupatu Bogor Hj. Nurhayanti meresmikan pemugaran monumen ini dan menggantinya dengan nama Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong untuk mendapatkan kesan semangat dan perjuangan yang saat ini agak luntur terutama di anak-anak muda saat ini.

Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong

Ilustrasi Perjuangan Pertempuran Bivak

Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong

Batu yang ditulisi kejadian pertempuran bivak di cibinong

Ketika berkunjung ke Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong ini, sayang sekali walaupun kondisi monumen sudah sangat bagus, namun masih dipagar oleh rantai sehingga menyulitkan untuk membagi foto-foto menarik maupun anak-anak muda selfie disini. Padahal, anak muda yang suka selfie harusnya dimanfaatkan dengan mengajak mereka ke tempat-tempat yang bersejarah sekaligus mengenal perjuangan para pendahulu yang membuat kita saat ini merdeka dan bebas dari penjajahan, betul ngga? Yang penting, tidak menginjak taman hehe..

Di Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong ini, kondisinya sudah bagus, dengan corn block yang rapi. Jadi tak ada taman-taman yang mungkin menarik bagi anak muda. Menurut Ezytravel, perlu nih, dipugar lebih luas agar menjadi taman yang indah. Tentu kita harus percaya anak muda sekarang sudah ngga alay lagi ya kan?

Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong

Jika ingin berkunjung ke Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong ini, Ezytravellers bisa dari arah kota bogor menggunakan kendaraan pribadi maupun angkot jurusan Cibinong. Langsung aja bilang turun di LIPI, itu diantara kota Bogor dan pusat pemerintahan kabupaten bogor di Pemda Cibinong. Ngga perlu bayar tiket apa-apa, tinggal masuk, jepret, foto-foto.

Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong

batu yang berada pada bagian atas monumen ini bertuliskan para pimpinan BKR yang gugur, diantara para masyarakat pejuang lain yang namanya tidak dapat disebutkan satu persatu

Sebaliknya, dari Cibinong atau Jakarta tinggal jalan dari Jalan Raya Jakarta Bogor, melewati Pemda Cibinong dan Cibinong City Mall (aha ini tempat favorit Hello Bogor loh banyak yang kita sudah ulas seperti ini dan ini),  di lampu merah lanjut terus, tidak jauh, dekat banget malah, setelah pom bensin di kiri akan kelihatan.

Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong

Jalan Raya Bogor terlihat jelas

Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong

Jalan menuju tugu peringatan ditengah tidak jauh, hanya sekitar 4 meter. Sayang pintu masuk dipagar rantai, begitu pula tugu ditengah-tengah.

Ketika Hellobogor yang diwakili oleh  @phenyukeroo sebagai reporter dan @unggulcenter sebagai fotografer menyambangi tempat ini, suasananya adem banget. Jadi kita sepakat nih, harus disebarluaskan biar banyak yang tahu.

Jalan-jalan di Bogor, tapi takut ada spot kelewat? Hmm.. tour aja! Nih cari Tour Murah Indonesia di Ezytravel, Sekalian weekend di Bogor, cari Hotel di Bogor, dan kalau mau sekalian ke banyak destinasi wisata lain, langsung aja Booking Tiket Online cari pesawat dengan harga terbaik ke destinasi favorit kamu!

Termasuk, menambahkan sedikit ruang publik lebih luas dengan membangun taman misalnya, sehingga Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong ini dapat dikenal luas, dan juga jadi favorit masyarakat untuk rekreasi sekaligus mengenal perjuangan masyarakat cibinong dahulu kala di masa revolusi. Yuk!

1043 Total Views 5 Views Today
Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong
Vote Us
(Visited 564 times, 1 visits today)


About

Part of Disaster Management Student at Indonesia Defense University


'Monumen Perjuangan Masyarakat Cibinong' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool