Share on Pinterest
More share buttons
Mie Ayam Bakar Rondo Galak

Mie Ayam Bakar Rondo Galak, Kerasa Ayam Bakarnya!

Urusan kuliner, Bogor termasuk yang paling terdepan. Hampir selalu ada invoasi baru yang ditawarkan oleh pelaku kuliner di Bogor. Mulai dari namanya yang nyeleneh sampai tempat-tempat yang bernuansa atau bertema tertentu.

Kuliner baru ini biasanya dikenalkan dengan nama yang nyeleneh pula. Tujuannya adalah agar mudah diingat oleh calon pelanggan dan membuat penasaran bagi siapa pun yang mendengarnya. Nah salah satu inovasi kuliner terbaru di Bogor, setidaknya saya baru tau “oh ada ya kuliner dibeginikan” ada di Ciomas dengan dasar mie ayam sebagai andalan utamanya. Namanya Mie Ayam Bakar Rondo Galak.

Mie ayam pada dasarnya sama, pun jika ada berbeda biasanya perbedaaan di cita rasa karena masing-masing “lapak”punya bumbu masing-masing. Selain itu yang membuat berbeda adalah makanan pendampingnya, misalkan ada penambahan ceker, pangsit, bakso dan lain-lain. Juga dari bahan intinya yaitu mie.

Lain lapak lain pula penggunaan mie-nya, ada yang menggunakan mie dengan ukuran kecil, ukuran besar juga ada juga ada yang menggunakan mie keriting seperti Mie Luwes di sekitaran Stasiun Sudirman Jakarta. Sedangkan bumbu ayamnya rata-rata sama, pada umumnya dengan cita rasa yang dominan manis dan gurih.

Mie Ayam Bakar Rondo Galak

Mie Ayam Bakar Rondo Galak

Mie ayam yang satu ini harus saya akui berbeda dari kebanyakan mie ayam yang sudah ada, namanya pun unik, pemiliknya Pak Budi Hasan memberi nama lapaknya Mie Ayam Bakar Rondo Galak.

Rondo dalam bahasa jawa punya arti Janda, terjemahan bebasnya jadi Mie Ayam Janda Galak. Usut punya usut, asal usul Rondo ini memang dari terjemahan janda, sedangkan janda yang dimaksud adalah Jawa Sunda, merujuk kepada orang tua Pak Budi Hasan yang berasal dari Jawa dan Sunda. Terus Bakar dan Galaknya apa dong?Penjelasannya harus sambil icip-icip dulu makanannya.

Spesial menu di Mie Ayam Bakar Rondo Galak sesuai judulnya yaitu Mie Ayam Rondo Galak. Menu ini menjadi favorit dan andalan dari lapaknya. Tampilannya seperti mie ayam pada umumnya, dengan mangkok ukuran besar yang saya dapatkan adalah mie ayam dengan tambahan Ceker, Pangsit dan semangkuk Bakso dengan kuah. Terlihat sederhana tapi tidak dengan rasanya.

Mie Ayam Bakar Rondo Galak

Mie Ayam Bakar + Pangsing + Bakso + Ceker + Sambal Galak
Yuk coba juga sensainya rasa Mie Rampok di Bogor!

Ketika lidah mulai merasakan dan gigi mulai mengunyah bisa dipastikan ada sesuatu yang berbeda dengan ayamnya. Rasanya tidak dominan manis tapi cenderung gurih dan yang pasti ada aroma ayam bakar, sesuai namanya Mie Ayam Bakar. Rupanya ayam yang digunakan sudah dibakar terlebih dahulu sehingga menciptakan cita rasa yang berbeda dari kebanyakan mie ayam. Begitupun tekstur ayamnya yang kenyal dan cenderung liat tapi tetap empuk. Rasa-rasanya seperti sedang makan sate ayam. Rasa ayam bakarnya kerasa banget, juara rasanya.

Untuk unsur “Galak” baru akan terasa saat kalian nanti menambahkan sambal berwarna hijau tua nan lembut ke dalam mangkuk kalian. Jujur saja saya baru merasakan sambal yang seperti ini, pedas menyengat di lidah tapi sama sekali tidak menyengat di hidung sehingga akan selalu membuat tertipu. Saran saya, hati-hati, walau terlihat manis tapi kenyataanya extra pedas, cocoklah jika dibilang “Rondo Galak”, hehe.

Mie Ayam Bakar Rondo Galak

Menu yang ada di Mie Ayam Rondo Galak

Untuk menikmati itu mie ayam dengan ceker, bakso dan pangsit plus sambalnya yang bener-bener “galak” kalian hanya perlu merogoh kocek 20ribu. Murah banget! Dengan rasa dan mie ayam yang komplit seperti itu rasanya masih termasuk murah.

Di Mie Ayam Bakar Rondo Galak tidak hanya menu mie ayam melulu, di sana juga ada menu lainnya. Menu lainnya yang tidak kalah harus dicoba adalah aneka menu durian. Dari mulai durian utuh, sop duren sampai duren goreng juga ada. Durian utuh bisa dibeli di mana saja, sop duren juga bukan hal yang enah. Duren Goreng? Kalian harus coba di sini dan tenang saja durian di sini tidak harus menunggu musim, sepanjang tahun ada, ada!

Mie Ayam Bakar Rondo Galak

Jangan harap kondisinya gini kalau Sabtu Minggu ya
Mau jalan-jalan ke destinasi lainnya di seluruh Indonesia? Temukan berbagai pilihannya di sini: penginapan murah, paket tour indonesia, dan tiket pesawat promo

Lokasi Mie Ayam Rondo Galak berlokasi di Jalan Ciomas, tepatnya di dekat pinta masuk perumahan Villa Ciomas. Jika dari arah pasir kuda lokasinya ada di sebelah kanan jalan sebelum perumahan Villa Ciomas, bersebelahan dengan Ceria Mart.

Lokasinya memang tidak ditengah kota, tapi buat kalian penggemar mie ayam di Bogor rasa-rasanya harus menyempatkan ke sini, mie ayam bakar nya beda banget. Di mana lagi bisa “digalakin janda” ya cuma di Mie Ayam Bakar Rondo Galak Bogor!

 

1723 Total Views 3 Views Today
Vote Us
(Visited 736 times, 1 visits today)


About

Aktif menulis di blog pribadi ilhabibi.com. Karyawan yang berkutat dengan system ERP di sebuah perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara.


'Mie Ayam Bakar Rondo Galak, Kerasa Ayam Bakarnya!' have 1 comment

  1. 12/06/2016 @ 2:04 pm Anonymous

    Ajkro Mas Luthfi 😊

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool