Share on Pinterest
More share buttons
Jalan Surya Kencana

Menyusuri Jalan Surya Kencana Bogor

Penjual Talas Bogor

Penjual Talas Bogor

Apa yang kamu ketahui tentang Bogor? Selain dikenal sebagai Kota Hujan, karena curah hujan yang cukup tinggi sepanjang tahun, Bogor juga dikenal dengan Kebun Raya dan Istana Presiden. Akhir-akhir ini Bogor juga dikenal dengan wisata kulinernya. Berbagai macam lokasi kuliner, baik yang tradisional hingga yang kekinian makin menjamur di Bogor. Tak heran saat akhir pekan atau liburan banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk liburan di Bogor sehingga Bogor penuh sesak dengan orang dan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan diseluruh penjuru kota.

Berbicara mengenai Bogor, lokasi yang satu ini cukup terkenal dari dulu hingga kini. Jalan Surya Kencana merupakan wilayah pecinan atau china town yang sudah ada sejak dulu. Jalan Surya Kencana yang lebih dikenal dengan surken juga merupakan jalan tertua di Bogor selain Jalan Juanda, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Sudirman. Keempat jalan ini merupakan  bagian dari proyek pembangunan Jalan Raya Pos atau De Groete Post Weg oleh Gubernur Jenderal Belanda Daendels pada tahun 1808. Jalan Raya Pos merupakan jalur pantai utara Jawa yang terbentang dari Anyer hingga Panarukan.

Suasana Pasar Bogor

Suasana Pasar Bogor

Yuk, mari kita susuri wilayah surken ini. Menyusuri jalan surya kencana sebaiknya dengan berjalan kaki. Disamping macet, juga akan lebih leluasa untuk melihat-lihat sekeliling dan mencicipi aneka kuliner yang tersedia sepanjang jalan. Jalan ini merupakan jalan satu arah yang dimulai dari pintu utama kebun raya Bogor hingga Sukasari. Tepat di pertigaan Jalan Juanda, Otista dan Surya Kencana ini   terdapat klenteng tertua di Bogor yaitu Vihara Dhinagun. Bersebelahan dengan klenteng terdapat kios-kios yang menjajakan cindera mata khas Bogor. Kios-kios kecil disamping dan didepan klenteng dan seputaran pasar Bogor juga terdapat penjual bunga potong dan karangan bunga.  Pasar Bogor terletak pada pertigaan surken ini. Pasar Bogor ini buka sepanjang hari dan bahkan pada malam hingga pagi hari, area pertigaan ini juga dipakai oleh pedagang pasar untuk berjualan. Pagi hari sebelum matahari terbit biasanya sudah bersiap-siap untuk pulang dan disapu bersih kembali.

Toko Ngesti

Toko Ngesti

Wilayah surken ini merupakan wilayah perniagaan dari jaman dulu hingga kini. Hal ini tampak dari pertokoan sepanjang jalan. Beberapa bangunan masih merupakan bangunan peninggalan jaman dahulu dan sebagian besar sudah berubah menjadi ruko atau rumah toko yang modern. Sayang sebetulnya, seharusnya peran pemerintah untuk menjadikannya sebagai cagar budaya sehingga tetap terjaga kelestariannya. Salah satu supermarket yang cukup legendaris disini adalah Toko Ngesti. Disamping itu juga Toko Jaya Makmur yang menjual perlengkapan alat rumah tangga. Puncak Foto merupakan toko kamera tertua di Bogor. Di etalasenya bahkan menyajikan kamera-kamera tua yang pernah digunakan pada jamannya.

Salah Satu Bangunan Tua di Jalan Surya Kencana

Salah Satu Bangunan Tua di Jalan Surya Kencana

Wilayah surken juga terkenal sebagai pusat kuliner bogor. Berbagai macam makanan maupun oleh-oleh khas Bogor terdapat disini. Sebut saja asinan gedung dalam, cungkring, toge goreng, bir pletok, asinan jagung bakar, combro, manisan pala, nasi goreng guan tjo, roti unyil, aneka pepes, soto bogor, dan berbagai macam makanan lainnya. Karena merupakan wilayah pecinan, disini tersedia makanan halal maupun non-halal. Jadi buat anda yang muslim, silakan perhatikan  atau tanyakan dengan baik-baik kandungan makanannya.

Pedagang Kaki Lima Surya Kencana

Pedagang Kaki Lima Surya Kencana

Kuliner apa saja yang menarik untuk dicicipi? Nantikan ulasan selanjutnya di HelloBogor ;).

20519 Total Views 12 Views Today
Menyusuri Jalan Surya Kencana Bogor
3 (60%) 2 votes
(Visited 7,404 times, 1 visits today)


About

Living in the world of Spatial IT. Interest in free and open source software for geoinformatics. Food lover and enjoy travelling.


'Menyusuri Jalan Surya Kencana Bogor' have 3 comments

  1. 05/26/2015 @ 8:45 am Fahmi (catperku)

    Ini kan jalan kuliner di bogor? Suka banget kulineran disini ;D

    Reply

    • 05/26/2015 @ 10:08 pm Iwan Setiawan

      Yup.. Salah satu sentra kuliner Bogor. Sepanjang jalan suryakencana banyak kaki lima maupun resto yang menyajikan makanan-makanan enak 😉

      Reply

  2. 06/09/2015 @ 1:06 pm Mario

    Maaf kaka pusat ekonomi sampai th 70 hanya sekitar pasar bogor sampai dekat ngesti, sisanya adalah perumahan, jadi sangat salah kalo bilang perniagaan menjadi roh jalan ini

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool