Share on Pinterest
More share buttons

Ini Dia, 10 Sajian Kuliner Menu Lebaran Khas Bogor

Idul Fitri 1438 H sudah hitungan hari lagi Ezytravellers, tentunya momen idul fitri atau yang populer disebut Lebaran bagi masyarakat Indonesia ini menjadi momen yang pas untuk berada di rumah. Berada di rumah keluarga besar tentunya. Karena biasanya, tradisi lebaran diawali dengan tradisi mudik ke kampung halaman. Tak terkecuali warga Bogor tentu saja.

Sebagai perantauan, kamu tentu sudah dikenal sebagai “Urang Bogor” oleh keluarga. Atau, bagi yang ngga mudik, atau mudiknya di sekitar Bogor, misalnya ke Leuwiliang atau Ciampea dan Cisarua sebagaimana kebanyakan warga Bogor kota yang mudik, oleh-oleh khas Bogor banyak yang dijadikan sebagai menu Lebaran kamu. Apalagi kalau tahun ini tidak mudik. Lebaran di Bogor tetap asyik dengan beragam camilan yang biasa dihidangkan di meja tamu sebagai menu Lebaran khas Bogor untuk menyambut sanak saudara dan tetangga.

Rekomendasi menu saat berlebaran memang tidak jauh dari standar Lebaran sebagian besar masyarakat, tapi karena Bogor juga khas dengan kulinernya terutama yang berbahan lontong atau ketupat, banyak yang bisa kamu jadikan menu Lebaran.


1. Asinan Bogor

Menu toplesan dari Bogor tak lain dan tak bukan adalah Asinan Bogor.

Biasanya, di meja utama disediakan asinan bogor di dalam toples untuk mereka yang datang. Sebagai pilihan menu camilan sambil mengobrol. Biasanya, memang ada lagi, yaitu kue-kue khas Bogor. Namun asinan wajib lah ya, karena banyak juga tamu yang sudah jalan kesana kemari mencicipi makanan manis, maka asinan biasanya jadi favorit. Bisa juga kamu ganti dengan asinan buah, atau manisan pala. Agar lengkap toples kamu.

menu Lebaran khas Bogor

menu Lebaran khas Bogor

2. Roti dan Kue Khas Bogor

Yang ini bisa kamu sajikan untuk tamu istimewa, yang tidak makan di rumah kamu. Roti khas Bogor seperti Roti Unyil, atau Lapis Talas Bogor, ataupun Strudel Bogor bisa disajikan dengan tatakan kecil dan dipotong. Sajikan bersama minuman khas lebaran misalnya softdrink, atau sesuai rikues dari tamu aja deh misalnya Sirup.

menu Lebaran khas Bogor

3. Minuman sirup

Sebenarnya sirup ini lekat dengan tradisi puasa dan lebaran. Namun sirup yang khas, adalah campolay. Selain itu, Bir Kocok ala Bogor. Walaupun namanya bir, karena secara visual menyerupai bir dingin dengan warna kuning gelap dan busa putih, minuman ini non alkohol. Karena warnanya berasal dari bubuk kayu manis dan busanya dibuat ketika air, cengkih, kayu manis, gula dan jahe dikocok dengan semangat di sebuah tabung stainless steel.

Minuman itu disajikan secara dingin dan berbusa pada gelas besar, seperti juga bir dingin. Jika kesulitan mendapatkannya, tak usah dipaksakan, sirup yang ada saja. Buah pala ataupun campolay menjadi preferensi, alih-alih buah standard seperti cocopandan atau orange, biar “lebih Bogor” ya.

menu Lebaran khas Bogor

4. Opor ayam dan rendang daging

Ini sih bukan khas Bogor, tapi khas Lebaran. Namun rendang dan opor memang menjadi menu wajib sih di Lebaran. Jadi siapkan sekitar H-1 lebaran memasak opor dan rendang. Khas Bogornya, mungkin opor dan rendang yang gurih, tidak terlalu menusuk pedasnya. Balans.


5. Doclang

Menu Lebaran khas Bogor ini biasanya cocok disajikan selain roti atau asinan Bogor. Bagi yang lapar, namun nggak mau makan “besar”, nah sajikan saja menu ini. Doclang terbuat dari lontong yang disiram bumbu kacang kental. Sederhana namun enak, karena bumbu kacangnya yang menambah gurih.

menu Lebaran khas Bogor

6. Ketupat Sayur

Ketupat sayur memang bukan monopoli Bogor. Tapi pagi hari, biasanya jadi favorit urang Bogor untuk sarapan, selain doclang dan bubur ayam. Apalagi, dengan ketupat atau lontong, kuah santan gurih dan sayur labu yang manis, bisa ditambahkan dengan sedikit sambal. Kalau mau, masukkan pula Ayam di dalamnya. Jadi ketupat sayur dan ayam. Tambahan tahu, telor dan atau tempe juga pas untuk sajian ketupat sayur.


7. Toge goreng

Ini khas Bogor, dan walau disebut goreng sebenarnya sih rebus, hanya saja merebusnya dipanci pipih. Apa yang direbus? Toge tentu saja. Jadi dipanaskan saja dan dicampur dengan air diatas penggorengan, diaduk-aduk setengah matang. Toge goreng disajikan dengan siraman kuah yang terbuat dari tauco. Sebagai alternatif di saat tamu datang lebaran, boleh kamu sajikan ya. Jangan lupa, lontongnya dahulu di piring, baru timpa dengan tauge, kemudian siram kuah tauco hangat.

menu Lebaran khas Bogor

8. Laksa Bogor

Laksa Bogor atau Laksa Cibinong ini menu Lebaran khas Bogor yang berkuah santan dan lezat. Laksa sebenarnya menu khas peranakan, namun di Bogor ditambahkan “khas” Bogor yaitu oncom. Sajiannya bersama mie dan lontong.


9. Sate kikil, atau cungkring

Kikil alias kulit sapi yang ditusuk di sate, disajikan dengan bumbu kacang. Jadi kudapan pagi di Bogor, namun pas Lebaran boleh juga untuk dijadikan menu karena khas lebaran yang penuh dengan “daging”. Cungkring juga khas, yaitu kikil dengan bumbu kacang namun ditambahkan gorengan tempe kering dan kikilnya lumayan besar. Langsung ditambah lontong.

menu Lebaran khas Bogor

Yuk keliling Bogor! Eits, ambil tiket pesawat promopaket perjalanan wisata & cari hotel murah sekarang!


10. Lontong dan Ketupat

menu Lebaran khas Bogor terakhir adalah Lontong dan Ketupat!

Sebenarnya, ini bahan baku dari banyak menu di atas. Biasanya pas lebaran, penjualan ketupat laris manis. Ezytravellers bisa membeli ketupat yang sudah jadi di pasar-pasar tradisional maupun membuat sendiri dengan hanya membeli anyaman ketupatnya. Di rumah, bisa diisi beras sekitar setengahnya ketupat, kemudian rebus hingga matang.

Nah itu sepuluh menu kuliner sajian saat Lebaran yang patut kamu coba sajikan di rumah ketika berlebaran. Baik di Bogor maupun di kampung halaman, rasa khas bogor masih terasa dan menambah kekangenan kamu dengan kota yang asri sejuk dan nyaman ini.

Yuk buat menu lebaran dengan sajian khas Bogor, kota tempat kamu tinggal selama ini!


1004 Total Views 3 Views Today
Ini Dia, 10 Sajian Kuliner Menu Lebaran Khas Bogor
Vote Us
(Visited 387 times, 1 visits today)


About

Part of Disaster Management Student at Indonesia Defense University


'Ini Dia, 10 Sajian Kuliner Menu Lebaran Khas Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool