Share on Pinterest
More share buttons
Plecing Kangkung

Menikmati Kuliner Khas Pulau Lombok di Bogor

Bogor yang dikenal sebagai kota hujan juga terkenal dengan aneka wisata kulinernya. Buat Anda yang ingin menikmati wisata bogor dan menghabiskan waktu liburan di Bogor, Anda dapat menikmati kuliner khas Pulau Lombok, tidak perlu harus mengunjungi Pulau Lombok. Cukup singgah di resto Ayam Cacah dan Kopi Giling. Sajian menu khas Pulau Lombok tersedia disini dengan racikan dan cara masak yang berbeda.

Ayam Bakar Bumbu Plecingan Bogor

Ayam Bakar Bumbu Plecingan

Siapa yang tak kenal ayam taliwang atau plecing kangkung? Kedua masakan ini merupakan signature dish dari Pulau Lombok. Ayam taliwang merupakan kuliner berbahan dasar ayam dan dibumbui pedas. Kono, ayam taliwang  asalnya adalah dari Kampung Karang Taliwang, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sehingga lebih dikenal dengan Ayam Taliwang. Menyantap ayam taliwang biasanya ditemani dengan plecing kangkung dan beberuk terong. Plecing kangkung menggunakan bahan dasar kangkung ditambah dengan sayuran lainnya yaitu toge, kacang panjang kemudian dibumbui sambal tomat dan terasi plus santan dan kacang tanah goreng. Kedua masakan ini bercita rasa pedas, sesuai dengan nama pulaunya Lombok. Beberuk terong adalah makanan khas Lombok yang dibuat dari lalapan terong dan kacang panjang dengan sambal tomat yang pedas.

Akan tetapi di Ayam Cacah mereka menyajikannya berbeda. “Bumbu dan bahan dasar boleh sama, tetapi kami memasak dan meraciknya dengan cara yang berbeda”, demikian tutur sang pemilik.Ayam taliwang disini menjadi menu Ayam Bakar Bumbu Plecingan, karena memang dibumbuinya dengan khas plecing yang pedasss. Anda boleh memesan sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Sayangnya, plecing kangkungnya tidak menggunakan kangkung asli dari Lombok. Kalau Anda pernah mencicipi plecing kangkung di lombok, tentu akan merasakan cita rasa kangkung yang lembut dan lumer dilidah.

Berbagai macam menu dengan berbahan dasar ayam dengan bumbu beraneka macam disajikan disini. Sebut saja ada ayam cacah bumbu bima, ayam cacah bumbu seraten, ayam cacah bumbu klungkung dan ayam cacah bumbu rajang. Untuk penggemar ikan juga tersedia ikan gurame, ikan patin dengan bumbu yang sama. Eh, belut goreng juga tersedia lho disini.

Karena saya asalnya dari Bima, ayam cacah bumbu Bima adalah favorit saya. Ayam kampung bakar kemudian dipotong kecil-kecil dan disiram dengan sambal khas Bima.Sambal khas Bima itu terdiri dari bawang merah, cabe, tomat dan jeruk nipis. Asam-asam segar gitu rasanya.

Ayam Cacah Bumbu Bima di Bogor

Ayam Cacah Bumbu Bima

Gurame Bumbu Oles di Bogor

Gurame Bumbu Oles

Jadi, Anda tertantang dengan kuliner khas Pulau Lombok yang serba pedas? Silakan mampir di Ayam Cacah dan Kopi Giling yang terletak di Jl. Achmad Adnawijaya No. 88 Bogor atau dulu dikenal sebagai Jl. Pandu Raya yang merupakan jalan lingkar luar Kota Bogor.

Setelah puas dengan sajian yang pedas-pedas, anda dapat melanjutkannya dengan minum kopi. Yaa.. Dari namanya, resto ini juga merupakan kedai kopi dan menyediakan berbagai macam minuman berbahan kopi.

7432 Total Views 15 Views Today
Menikmati Kuliner Khas Pulau Lombok di Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,744 times, 1 visits today)


About

Living in the world of Spatial IT. Interest in free and open source software for geoinformatics. Food lover and enjoy travelling.


'Menikmati Kuliner Khas Pulau Lombok di Bogor' have 5 comments

  1. 02/06/2015 @ 10:42 pm Angga Dwinovantyo

    Duh, ngiler! Kepengen cobain guramenya hihihi

    Reply

    • 02/16/2015 @ 1:36 pm Iwan Setiawan

      kalo berani pedas, cobain gurame plecingannya… 😉

      Reply

  2. 02/18/2015 @ 2:00 pm Rodame MN

    Nah kalau liat tempat makan yang foto makanannya begini detil beneran deh keren banget, bikin pengen nyobain juga, tapi sepertinya harganya lumayan ya Om? hehe

    Reply

    • 02/20/2015 @ 1:52 pm Iwan Setiawan

      Harga saya ga update, soalnya ini kunjungan tahun lalu :-(. Nanti kalo berkunjung kesana lagi saya update ya harganya 😉

      Reply

  3. 10/04/2015 @ 12:20 pm Dewi

    Soal rasa ya Juara, harga sesuai rasa, menu cukup… Siiip deh… Sayangnya, pasa saya mau DO, ko no telp ga bisa dihubungi padahal jam 10an saya telp bisa, cuma blum buka, dari jam 11 sampe sekarang 12.30, telp nya langsung terputus teruuus… Padahal kebayang, kangkung pelecing nya…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool