Share on Pinterest
More share buttons
Kawah Ratu

Menikmati Ketinggian Bogor di Kawah Ratu

Bila Anda sedang berlibur di Bogor dan ingin menikmati ketinggian, banyak tempat yang bisa dipilih. Jika tempat tinggi yang jadi pilihan hendak dipakai untuk memandang Kota Bogor, Anda bisa tinggal di hotel. Saat ini banyak hotel di Bogor, termasuk hotel murah. Kalau keindahan dan kesejukan alam yang ingin dinikmati di ketinggian, salah satu tempat yang bisa didatangi adalah sebuah lokasi di punggung Gunung Salak yang terkenal dengan sebutan Kawah Ratu.

perkemahan Curug Seribu bogor

Jalur basah dari arah area perkemahan Curug Seribu.

Ada tiga jalur yang biasa digunakan menuju Kawah Ratu. Jalur pertama adalah melalui Wana Wisata Cangkuang yang berada wilayah Cidahu, Cicurug. Untuk sampai di Cangkuang, kita bisa menyewa kendaraan umum atau bila menggunakan kendaraan sendiri itu lebih baik. Jalur kedua, dimulai dari Pasir Reungit yang bisa dijangkau dari pertigaan Cibatok, Leuwiliang. Jalur ketiga adalah yang melintasi area perkemahan di Curug Seribu. Untuk ke Pasir Reungit atau ke jalur yang ada di dekat Curug Seribu, banyak angkutan umum di pertigaan Cibatok yang bisa disewa untuk mengantarkan sampai di titik awal tersebut.

Dari ketiga jalur pendakian itu, jalur dari Pasir Reungit dan Curug Seribu jarak tempuhnya ke Kawah Ratu yang lebih dekat. Selain itu, banyak anak sungai yang akan dijumpai selama perjalanan. Ini sangat menyenangkan apalagi jika Anda suka bermain air. Dari dua pilihan itu, jalur yang dari Pasir Reungit relatif lebih mudah dibandingkan rute yang berawal dari area perkemahan Curug Seribu. Namun bila Anda lebih suka trek yang menantang, jalur yang dari Curug Seribu yang cocok dipilih. Perjalanan melalui rute ini akan melewati medan berlumpur yang pasti akan menjadikan sepatu dan kaos kaki serta kaki basah kecuali menggunakan sepatu boot. Itu pun bukan hanya sekali. Selain itu, kita akan melintasi hutan pandan berduri. Bila kita hanya menggunakan sandal gunung, hati-hati saja karena bisa jadi akan tertusuk duri pandan yang bertebaran. Duri pandan tersebut ada yang masih menempel di pohonnya atau berserakan di jalan setelah dipanen penduduk untuk membuat topi atau tikar pandan. Bila aroma belerang sudah makin menguat, itu pertanda Kawah Ratu sudah dekat.

Trek menuju Kawah Ratu bogor

Trek menuju Kawah Ratu.

Di Kawah Ratu, kita akan menemukan pemandangan menakjubkan. Ada sebuah sungai yang membelah area Kawah Ratu. Airnya jernih. Banyak pengunjung mandi di sungai ini. Di tempat-tempat tertentu di dalam dan pinggir sungai terdapat lapisan belerang. Sebagian pengunjung mengumpulkan belerang tersebut kemudian dimasukkan ke dalam botol air mineral buat dibawa pulang. Beberapa di antaranya malah mengolesi wajah dengan belerang tersebut. Katanya, belerang bisa menyembuhkan penyakit kulit. Di lokasi ke arah hulu sungai, airnya terasa hangat tetapi aroma belerang semakin tajam. Dianjurkan tidak mandi di bagian sungai tersebut karena berbahaya. Kita bisa terpapar gas beracun. Itulah aktivitas yang biasanya dilakukan para pengunjung Kawah Ratu.

Untuk pulangnya, kita bisa melanjutkan perjalanan ke arah Wana Wisata Cangkuang, Cidahu, atau kembali ke asal kita berangkat yaitu di Pasir Reungit atau area perkemahan Curug Seribu.

20817 Total Views 7 Views Today
Menikmati Ketinggian Bogor di Kawah Ratu
3 (60%) 2 votes
(Visited 8,611 times, 1 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'Menikmati Ketinggian Bogor di Kawah Ratu' have 1 comment

  1. 07/15/2016 @ 12:05 pm dewi

    artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com ya. Terima kasih

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool