Share on Pinterest
More share buttons

Menikmati Cita Rasa Kuliner Peranakan di Sagoo Kitchen – Bogor

Tidak banyak tempat makan yang mengusung menu cina-peranakan, termasuk di kota Bogor ini. Asimilasi budaya Melayu dan Cina di awal abad 20 melahirkan sajian kuliner yang ciamik dan setiap keluarga keturunan Tionghoa memiliki resep keluarga yang diwariskan turun temurun. Termasuk di keluarga pendiri Sagoo Kitchen, sebuah rumah makan yang menghadirkan menu-menu tempo doeloe khas Cina-peranakan. Resto yang berada di Lantai 2 Botani Square Mall ini memang menghadirkan menu-menu yang merupakan hasil dari resep keluarga yang diciptakan oleh nenek dari sang pendiri. Aneka menu di Sagoo Kitchen memang unik dan sulit ditemukan di tempat lainnya, cocok untuk bersantap bersama keluarga sehabis berwisata di kota Bogor ini. Sebutlah beberapa pilihan menu seperti ini: Tahoe Kopjok Telor, Rodjak Cakwe, Krupuk Bandjoer, Loenpia Berontak, Bestik Djawa, Ayam Goreng Wangi, dan masih banyak lagi.

Babat Gongso dari Sagoo Kitchen

Babat Gongso dari Sagoo Kitchen

Babat Gongso, tadinya saya pikir babat gongso yang akan hadir serupa dengan babat gongso yang pernah saya makan di Semarang, full kecap dengan cita rasa manis pedas. Ternyata di Sagoo Kitchen, nuansa Chinese food hadir dalam olahannya. Potongan cabe merah, cabe hijau dan tomat serta bawang putih hadir di bumbu berwarna merah tua dengan cita rasa manis dan asam serta sedikit rasa pedas. Babat yang dihadirkan terasa sudah diolah dengan baik, tidak perlu usaha ekstra untuk mencernanya, empuuukk… Dan bumbu terasa meresap dalam setiap serat babat tersebut.

Nasgor Tempo DoeloeAda juga Nasi Goreng Tempo Doeloe yang menjadi salah satu signature dari Sagoo Kitchen. Nasi goreng ini hadir dengan cita rasa asin dan gurih, disajikan dalam bentuk tumpeng kecil dengan suwiran telur dadar dan sumpiah mini di sekelilingnya.

Kerupuk BanjurAda satu menu yang tidak pernah saya lewatkan jika berkunjung ke Sagoo Kitchen ini: Kerupuk Bandjoer. Ya literally ini memang krupuk yang dibanjur. Kerupuk yang digunakan adalah kerupuk mlarat, semacang kerupuk bawang yang disangrai, disajikan dengan bumbu kacang yang rasanya manis asam dan sedikit pedas. Sebelum disantap kerupuk tersebut diguyur atau dibanjur dulu dengan bumbu kacang ini. Maka gurihnya kerupuk melarat ini akan berpadu dengan cantik dengan cita rasa bumbu kacangnya yang unik.

Es Seroet Mangga & Es Gula Asem

Es Seroet Mangga & Es Gula Asem

Untuk minumnya pun tak kalah eksotis, contohnya Es Seroet Mangga, serutan manga kweni yang sedikit asam berada dalam sirup manis yang segar. Juga minuman tradisional Es Gula Asam. Rasa asam yang segar ditimpali dengan manisnya olahan gula jawa dalam minuman ini, selain segar konon gula asam ini juga berkhasiat untuk menyegarkan tubuh, melancarkan pencernaan, menghaluskan kulit serta memantu menurunkan berat badan. Ya tapi kalo diminum rutin tentunya, kalau cuma sekali minum terus mengharap berat badan turun apalagi setelah menyantap babat gongso, tampaknya jauh panggang dari pada api J

Interior Sagoo Kitchen

Interior Sagoo Kitchen

Selain di Bogor, Sagoo Kitchen sudah lebih dulu hadir di Bandung dan Jakarta. Cita rasa kuliner khas peranakan yang unik membuat rumah makan ini memiliki banyak penggemar, tak heran jumlah cabang dari gerai ini terus berkembang. Selain makanan dan minuman tempo doeloe, interior dari Sagoo Kitchen juga dirancang dengan desain kuno dan antic. Sejarah resto tertulis di dinding dilengkapi foto lama keluarga dan tulisan tangan dengan banyak coretan. Aneka perabotan rumah jaman dulu seperti termos, sangkoe nasi, rantang, panci, mug dari kaleng, centong, cetakan kuweh dan sebagainya juga terpajang di dinding, membawa kita ke nostalgia rumah-rumah jaman dahulu. Bahkan beberapa perabot antik itu juga dijual loh, bersama dengan aneka jajanan dan sirup tempo doeloe. Jadi buat yang ingin bersantap dengan menu-menu dan suasana jadoel, Sagoo Kitchen bisa jadi pilihan anda dan keluarga.

7021 Total Views 6 Views Today
Menikmati Cita Rasa Kuliner Peranakan di Sagoo Kitchen – Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,336 times, 1 visits today)


About

Foodie - Blogger - Bogor


'Menikmati Cita Rasa Kuliner Peranakan di Sagoo Kitchen – Bogor' have 1 comment

  1. 09/15/2015 @ 4:29 pm martinauly novelliya purba pak-pak

    mantap

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool