Share on Pinterest
More share buttons
Soto Lamongan

Mengintip Soto Ayam Lamongan yang laris di Bogor

Soto Lamongan

Kedai Soto Lamongan Cak Oncor

Kota Bogor terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia, dan tidak lengkap jika berwisata ke Bogor tanpa menyentuh wisata kulinernya. Tidak hanya menyajikan wisata kuliner yang khas dari kota hujan ini seperti toge goreng, soto kuning, asinan, doclang, cungkring, talas, laksa bogor dan sebagainya, tetapi Bogor juga menjadi tempat dari berbagai ragam kuliner di Indonesia. Salah satunya adalah Soto Lamongan, soto ayam yang aslinya berasal dari kota Lamongan di Jawa Timur, yang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan taburan bumbu koya di atasnya yang khas. Penjaja soto lamongan ini bisa kita temui di beberapa titik di kota ini, dan salah satu penjual soto lamongan di kota Bogor yang kedainya tampak selalu ramai adalah Soto Lamongan Cak Oncor yang membuka tendanya di pelataran parkir kawasan Ruko Villa Indah Pajajaran (VIP). Kawasan ruko ini terletak tepat di pertigaan Jl Pajajaran dan Jl Achmad Sobana. Jalan Achmad Sobana, atau yang lebih dikenal dengan nama lamanya Jl Bangbarung, sendiri adalah sebuah ruas jalan yang saat ini dikenal sebagai salah satu pusat kuliner di Bogor.

Soto Lamongan

Pagi itu saya tiba di sana pukul 7, sudah banyak para pekerja yang didominasi para pekerja berkerah putih, duduk di bangku-bangku plastik di tempat ini sambil menikmati sarapan semangkuk soto lamongan. Suwiran daging ayam, potongan telur rebus, kol dan potongan tomat “direndam” dalam kuah soto tanpa santan yang gurih, hasil dari olahan aneka rempah seperti bawang putih dan bawang merah, kemiri, jahe, kunyit dan sebagainya. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit guyuran kecap dan tetesan jeruk nipis untuk semakin memperkaya rasa. Untuk nasinya, kita bisa pilih apakah akah dicampurkan bersama kuah soto ini atau ingin dipisah dengan sotonya, yang terakhir ini akan menghasilkan porsi lebih banyak. Satu porsi harga soto lamongan campur di tempat ini adalah Rp. 14.000, dan kita juga bisa menambah “aksesoris” yang tersedia di sini sebagai tambahan santapan, sebut saja brutu, cewiwi, ceker dan sebagainya.

Soto Lamongan Cak Oncor buka dari mulai pukul 06.30 sampai dengan pukul 3 sore. Mayoritas pelanggannya adalah para pegawai yang berada di kawasan ruko ini, tapi tak jarang ditemui pengunjung yang datang dari tempat lain, yang terlihat karena mereka membawa kendaraan untuk bersantap di tempat ini. Jam ramai dari tempat ini adalah pada saat sarapan yaitu sekitar pukul 7-8 pagi (sebelum jam kantor tiba) dan jam makan siang (sekitar pukul 12-13). Jika tiba waktu tutupnya, maka sang penjual akan segera bergerak mengemasi dagangannya termasuk tendanya. Karena menjelang sore hari, maka tenda lain akan berdiri di titik yang sama di tempat ini. Penjaja chinnese food dan seafood akan menggantikan sang Soto Lamongan untuk berjualan di malam harinya. Ya, kuliner Bogor memang terus berputar, memberikan kesempatan warga dan pengunjungnya untuk menikmatinya tanpa henti.

7143 Total Views 3 Views Today
Mengintip Soto Ayam Lamongan yang laris di Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,729 times, 1 visits today)


About

Foodie - Blogger - Bogor


'Mengintip Soto Ayam Lamongan yang laris di Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool