Share on Pinterest
More share buttons
Nasi Uduk Bogor

Menghangatkan Malam di Bogor dengan Minuman Khas Pasundan

Sudah tau dong kalau Bogor itu disebut sebagai kota hujan? Hujan membuat malam di Bogor menjadi dingin. Untuk penghangatnya maka dibutuhkan minuman yang segar dan mampu mengusir dingin. Untuk itu kuliner tanah pasundan menyediakannya berbagai macam minuman penghangat, diantaranya adalah bajigur dan bandrek. Bajigur sudah pernah diulas di Hello Bogor, yaitu Bajigur di Rumah Apel. Bandrek berbahan dasar jahe dan gula merah. Pada daerah tertentu biasanya ditambahkan rempah-rempah lain seperti sereh, merica, panda, telur ayam kampung dan sebagainya. Susu juga dapat ditambahkan sehingga namanya menjadi bandrek susu alias bansus.

Saat liburan di Bogor dan ingin menghangatkan malam, ada beberapa tempat yang dapat anda sambangi untuk menikmati bajigur dan bansus. Apabila ingin menikmati bajigur, silakan kunjungi rumah apel. Di rumah apel bajigur tersedia hingga pukul 12 malam. Selain bajigur sebagai minuman penghangat, menu ini dilengkapi juga dengan rebusan ubi, pisang dan kacang.

Bajigur Bogor

Bajigur

Sedangkan apabila ingin menikmati bandrek dan bansus, ada dua tempat yang  dapat dikunjugi. Yang pertama terletak di air mancur, Jalan Sudirman, Bogor. Selain bansus disini juga tersedia berbagai macam makanan untuk menghangatkan malam anda. Dan kabar baiknya, mereka juga buka hingga malam bahkan dini hari. Disini tersedia bubur ayam beserta pendampingnya seperti sate telur, sate usus dan sate hati/rempela. Selain itu juga tersedia sate dan sop ayam atau kambing, serta gorengan. Tak heran di sini, banyak pengunjung yang bergerombol dengan teman-temannya untuk menghabiskan malam sambil menikmati kuliner yang tersedia.

Tempat yang kedua adalah nasi uduk dan bansus yang berlokasi di daerah Empang, Bogor, Jalan . Daaerah Empang terkenal sebagai kampung Arab, karena disini bermukim warga keturunan Arab dan Timur Tengah. Daerah Empang juga terkenal dengan toko yang menyediakan souvenir dan produk timur tengah seperti kurma, sejadah, dan bahkan air zam-zam. Kuliner arab juga banyak dijajakan disini seperti sate dan sop kambing, nasi kebuli, dan kebab.

Bandrek Susu alias Bansus

Bandrek Susu alias Bansus

Nasi uduk dan bansus empang ini dulunya berupa warung tenda yang hanya buka sore hingga malam. Akan tetapi biasanya sebelum pukul 9 malam, jualannya sudah ludes diserbu penggemarnya. Sesuai dengan namanya, sajian utamanya adalah nasi uduk dan bansus. Nasi uduk adalah makanan khas Betawi yaitu berupa nasi yang dimasak dengan santan kelapa kental.

Di Malaysia, nasi uduk ini disebut dengan nasi lemak. Makanan pendamping nasi uduk biasanya berupa gorengan sehingga semua bercita rasa gurih. Makanan pendamping yang disediakan di warung ini antara lain paru goreng, ayam goreng, bihun goreng, sate usus, sate telor puyuh, empal goreng dan semur jengkol. Dan minuman penghangatnya adalah bandrek susu alias bansus. Nasi uduknya cukup gurih dan ditemani lauk yang enak, sehingga rasanya tak cukup hanya dengan satu bungkus nasi uduk. Saya sih biasanya nagih untuk nambah. Bansusnya juga juara, dengan rasa jahe dan susu yang pas. Hangat dan tidak terlalu manis. Cocok sebagai penutup setelah menyantap nasi uduk.

Nasi Uduk dan Bansus

Nasi Uduk dan Bansus

Akan tetapi untuk nasi uduk bansus empang ini ada kabar baik dan kabar buruknya juga. Kabar baiknya adalah 3 tahun terakhir mereka sudah tidak jualan di tenda lagi, akan tetapi pindah ke rumah toko yang tak jauh dari warung tenda ini berdiri. Sehingga mereka sekarang berjualan dari pagi hingga malam dan tidak hanya berjualan saat sore hingga malam seperti sebelumnya. Kabar buruknya, terakhir mengunjungi tempat ini bulan lalu, citrasanya menurun dan tidak seenak dulu lagi. Beruntunglah, bansusnya masih cukup enak menurut saya.

13877 Total Views 6 Views Today
Menghangatkan Malam di Bogor dengan Minuman Khas Pasundan
5 (100%) 1 vote
(Visited 3,347 times, 1 visits today)


About

Living in the world of Spatial IT. Interest in free and open source software for geoinformatics. Food lover and enjoy travelling.


'Menghangatkan Malam di Bogor dengan Minuman Khas Pasundan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool