Share on Pinterest
More share buttons
featured image

Mengetahui Inovasi Made in Bogor di Taman Sains Teknologi “IPB Science & Techno Park”

Kampus merupakan tempat menimba ilmu. Bahkan, telah menjadi jenjang pendidikan yang wajib dijalani oleh setiap warga negara di negeri-negeri maju. Entah dalam bentuk pendidikan kemiliteran, kampus berbentuk universitas dan akademi dan seterusnya. Di setiap daerah, selalu ada kampus-kampus pendidikan. Institut Pertanian Bogor atau IPB merupakan kampus paling top di Bogor. Tidak hanya itu, kampus ini juga merupakan salah satu dari empat perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Sebagai kampus yang mengedepankan riset dan pengembangan di bidang pertanian, teknologi di bidang ini menjadi tumpuan. Untuk itu, di Taman Kencana, yaitu taman yang termashur bagi para penyuka jalan dan wisata di Kota Bogor, IPB menyulap bekas kampus yang cukup tua yang selama ini dipakai untuk pusat riset terkait pertanian dan sejenisnya menjadi tempat yang berisi berbagai produk inovasi dan tempat pengembangan produk itu sendiri.

Taman Sains dan Teknologi IPB, atau populer dengan sebutan bahasa inggris IPB Science & Techno Park merupakan fitur baru dari kampus IPB Taman Kencana yang direvitalisasi ini. Letaknya yang strategis persis di belakang Taman Kencana membuat taman sains ini menarik untuk disimak. Karena didalamnya kita dapat melihat galeri berbagai inovasi di bidang pangan, pertanian dan kesehatan dari IPB.

Secara keseluruhan, taman sains ini lumayan luas. Kamu mungkin tau kalau dulu disini adalah lokasi Pusat Studi Biofarmaka yang lumayan sejak dulu kala. Namun sekarang dikembangkan lebih lanjut dan pada tahun 2012 resmi berdiri yang namanya IPB Science & Techno Park.

Ada apa lagi di IPB ? Nih dia Rindangnya Taman Rektorat Kampus IPB 

Pengembangan IPB Science & Technopark lumayan pesat, misalnya disini ada galeri tanaman hias nusantara yaitu Indo Flowers yang bisa kamu manfaatkan untuk selain pengetahuan mengenai tanaman hias dan jenis-jenisnya, juga tanaman hias hasil pembiakan di IPB Science & Techno Park.

Selain itu ada pula Botan Seed yaitu galeri untuk bibit-bibit unggul inovasi insinyur-insinyur di IPB. Di galeri ini kamu bisa menemukan banyak bibit buah maupun tanaman yang berkualitas terbaik.

Pada lokasi taman sains ini juga ada IPB Press yang merupakan percetakan buku penerbit IPB untuk berbagai buku berkualitas baik dari IPB. Di gedung yang sama pula aktivitas inkubator bisnis teknologi dan sains pertanian dilakukan. Kedepan, sebagai Science & Technopark, tentu harus mampu mencetak start-up dan entrepreneur-entrepreneur baru untuk meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia secara global.

Science Park Taman Kencana

Welcome to Science Park Taman Kencana

Parking Area IPB Science & Techno Park

Parking Area IPB Science & Techno Park

IPB Science & echno Park

IPB Science & Techno Park

Secara lengkap, IPB Science & Technopark yang digawangi BLST Group, yaitu Holding company nya IPB ini memiliki produk dan anak perusahaan inovasi riset dan teknologi serta pemasaran produk yaitu Fits, Fits Mandiri, Prima Kelola, IICT, Serambi Botani. IPB juga punya produk-produk yang dijual melalui galeri “Serambi Botani”. Walaupun di IPB Science & Technopark ini hanya gudangnya saja, namun kamu bisa membeli produk-produk ini online, karena IPB memiliki toko online khusus untuk produk nusantara bekerjasama dengan salah satu bank ternama di Indonesia.

Salah satu contoh inovasi yang bisa kita beli adalah Beras Analog. Ini merupakan beras yang bukan terbuat dari padi. Namun dari tepung jagung dan komposisi bahan menyehatkan lainnya yang disebut “Tepung Nusantara”. Bukan dari gandum loh. Menggunakan teknologi ekstrusi, bentuknya sangat mirip dengan beras. Dapat diproduksi masal dan dimasak persis seperti beras. Hasilnyapun mirip. Bahan baku yang digunakan 100% lokal dan memenuhi syarat kesehatan yang baik sebagai pengganti beras. Beras ini mengandung antioksidan dan tinggi serat untuk penderita kolesterol dan diet.

Beras Analog Jagung

Beras Analog Jagung

Selain dijadikan “beras”, tepung analog ini juga dikemas menjadi sup krim analog jagung rasa ayam. Menjadi sup jagung creamy yang lezat dan sehat mengenyangkan tanpa takut bahaya-bahaya kolesterol dan seterusnya. Puding, kue Talam, semua bisa dibuat dengan tepung nusantara, bahan dasar beras analog ini.

Bukan Puding dan Talam Biasa

Bukan Puding dan Talam Biasa

Contoh lain produk menyehatkan yang dijual untuk umum oleh IPB adalah Jahe Merah Serbuk, dan Instan Cupcake. Jahe Merah ini bermanfaat menurunkan tekanan darah, menambah tenaga, melancarkan peredaran darah, mencegah anemia, menjaga kadar kolesterol, mencegah mual, meringankan flu & batuk, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Wow.

Jahe Merah, Instan Cupcake, dan Sup Krim Analog Jagung

Jahe Merah, Instan Cupcake, dan Sup Krim Analog Jagung

Jahe merah ini enak sekali loh, tinggal menambahkan air secukupnya, campurkan saja dua sendok dengan air yang pas di sebuah gelas. Sudah manis dan segar, karena ada gula aren, gula tebu dan rempah-rempah. Menurut saya, lebih enak dari yang sering dijual di pinggir jalan. Tidak ahit dan airnya kita sendiri yang tuang. Jelas sekali soal higienisnya.

Sedangkan instant cupcake merupakan produk makanan penganan kue cupcake instant yang hanya ditambahkan 5 mili air atau 6 sendok makan ke dalam wadah, langsung menjadi kue cupcake yang lezat.

Instan Cupcake

Instan Cupcake
Cari hotel murah di Bogor ? Cuma di Ezytravel.co.id yang paling murah dan lengkap

Nah itu salah satu produk yang ada di IPB Science & Technology Park Taman Kencana. Display produk-produk ini juga bisa kamu temui di Botani Square Mall, Bogor. Disana ada yang namanya Serambi Botani sebagai galeri produk-produk inovatif dari IPB.

Sebagai tempat baru yang mewadahi produk-produk inovasi, menarik sekali untuk melihat produk apa sih yang ada disini, jadi tak ada salahnya selain kamu ke Galeri “Serambi Botani” di beberapa tempat, kamu kesini deh. Karena disinilah tempat semua itu dibuat dan dikemas menarik menjadi produk yang berdaya saing dan tentunya, sehat!

376 Total Views 6 Views Today
Vote Us
(Visited 90 times, 1 visits today)


About

really wanna be a "full time" blogger


'Mengetahui Inovasi Made in Bogor di Taman Sains Teknologi “IPB Science & Techno Park”' have 1 comment

  1. 11/13/2016 @ 5:28 pm andra

    dimana bisa dapatkan jahe merahnya, bs delivery order gak? mohon infonya ke WA saya 081212650508

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool