Share on Pinterest
More share buttons
Goa Godawang Bogor

Menelusuri Keunikan Goa Gudawang

Biasanya goa itu berada di daerah sekitar laut atau pantai. Namun kita dapat menemukan goa di Bogor yang lokasinya jauh dari laut. Bukan hanya satu, tapi jumlahnya cukup banyak. Jadi jika sedang berkunjung dan berwisata ke Bogor silahkan mampir ke tempat yang unik ini.

Lokasi Goa Gudawang berada di Desa Argapura Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor, berjarak kurang lebih 44 km dari Kota Bogor ke arah Leuwiliang. Diperlukan waktu sekitar 2 jam untuk mencapainya. Di lokasi ini merupakan kompleks goa yang terdiri dari 15 goa, namun yang sudah dikelola baru 3 yaitu Goa Sipahang, Goa Simenteng dan Goa Simasigit.

Goa Gudawang Bogor

Pintu masuk Goa Gudawang

Goa Gudawang Bogor

Alunan suara musik tradisional menyambut kedatangan para pengunjung

Ketika memasuki kawasan Goa Gudawang kita disambut oleh alunan musik tradisional kacapi suling, suasana menjadi sangat nyaman setelah menempuh perjalanan panjang yang cukup melelahkan. Setelah mendapat penjelasan dari penunggu goa, kita langsung menuju goa pertama yang jaraknya cukup pendek. Lumayan itung-itung pemanasan.

Goa pertama yang ditelusuri adalah Goa Simasigit. Mulut goa sudah berbentuk kepala macan, konon tempat ini merupakan salah satu petilasan dari Prabu Siliwangi. Goa ini merupakan merupakan goa terpendek dengan panjang 30 meter, goa ini sering dijadikan tempat persinggahan tapi juga untuk sembahyang, itulah disebut masigit dalam bahasa Sunda yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah masjid. Dalam perjalanan menuju Banten, Sultan Hasanuddin pernah singgah di goa ini. Medannya tidak terlalu sulit, mudah disusuri. Sangat cocok untuk pemula.

Goa Simasigit Bogor

Pintu masuk Goa Simasigit

Goa Simasigit Bogor

Terdapat celah cahaya di Goa Simasigit

Goa Simasigit Bogor

Suasana di dalam Goa Simasigit

Goa kedua diberi nama Simenteng, karena konon dahulu dipenuhi dengan buah menteng yang kini sudah tidak atau jarang ditemui. Goa ini memiliki panjang 250 meter yang sudah dilengkapi penerangan listrik sehingga lebih mudah menikmati keindahan dari stalaktit dan stalakmit. Di dalam goa ini terdapat aliran sungai bawah tanah yang bersumber sama dengan Goa Sipahang.

Goa Simenteng Bogor

Terdapat aliran air di Goa Simenteng

Goa yang terakhir adalah Goa Sipahang yang merupakan goa terpanjang diantara goa lainnya. Jaraknya 300 meter dari gerbang masuk. Sipahang sendiri berasal dari kata pahang yang berarti bau yang sangat menyengat, goa ini didiami oleh banyak sekali kawanan kelelawar yang bersarang di sana dan kotorannya itu yang membuat bau. Untuk masuk harus menggunakan masker dan help. Panjang dari goa ini adalah 750 meter, goa ini dialiri oleh sungai bawah tanah yang berasal dari Bukit Rengganis. Stalaktit dan stalakmit terpampang sangat indah.

Goa Sipahang Bogor

Suasana di dalam Goa Sipahang

Untuk memasuki ketiga goa ini patut dipersiapkan senter, helm dan baju ganti karena beberapa tempat tergenang oleh air.

 

17615 Total Views 22 Views Today
Menelusuri Keunikan Goa Gudawang
5 (100%) 1 vote
(Visited 6,827 times, 4 visits today)


About

Simple | Unique | Friendly


'Menelusuri Keunikan Goa Gudawang' have 2 comments

  1. 07/16/2015 @ 10:53 am irwan

    baru tau klo di bogor ada wista goa kaya gini padahal dari lahir dah disini… nice info

    Reply

  2. 01/04/2016 @ 10:26 pm enjoy bogor

    artikel yang sangat bagus. terima kasih sudah tambah pengetahuan kami…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool