Share on Pinterest
More share buttons
Curug Cigamea

Mencoba Wisata Air Terjun di Bogor

Bogor adalah salah kota/kabupaten yang terdapat banyak tempat wisata air terjunnya, atau yang biasa disebut dengan kata Curug. Curug yang ada disini seperti kios-kios para pedagang yang berbaris rapih menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Menawarkan banyak keindahan, kesejukan juga ketenangan untuk para pengunjung, wisata air terjun ini bisa menjadi alternative tempat wisata di bogor yang patut dan harus didatangi, terutama untuk warga Kota yang butuh tempat liburan di Bogor dengan alam dan udara yang masih alami, jauh dari polusi.

Pemandangan lembah dimana air terjun mengalir yang menyejukkan mata

wisata-bogor

Naik turun tangga demi setetes air nan jernih

Salah satunya Curug (air terjun) Cigamea yang beberapa waktu lalu saya datangi bersama teman-teman. Berada tepat di kawasan wisata dibawah kaki Gunung Salak di Desa Gunung Sari Pamijahan, Bogor. Di Curug Cigamea ini ada dua air terjun yang dapat dinikmati bersamaan karena letaknya berdampingan.

Dari kejauhan terlihat diujung titik air terjun mengalir

Yang pertama air terjunnya mengalir dari dinding batu atau tebing curam yang mengelilingi kawasan ini. Alirannya tidak terlalu deras, tapi airnya sangat jernih dan dingin sekali. Dan kedua, letaknya agak lebih kebawah sekitar 50 meter dari air terjun pertama. Sayangnya sewaktu kami kesana, air terjun yang kedua ini tidak boleh dipakai buat pengunjung yang ingin mandi, ada peringatan area terlarang. Mungkin karena beberapa waktu lalu sempat longsor dan sedang musim hujan, jadi pengunjung dibatasi untuk mencoba sejuknya air yang mengalir dari pegunungan ini.

liburan-di-bogor

Airnya sejuk banget

Papan peringatan tanda bahaya rawan longsor

wisata-bogor

Air terjun pertama

Karena saya baru pertama kali datang ke wisata air terjun yang ada di Bogor ini. Tempat ini membuat saya takjub, karena fasilitas yang ada disini benar-benar diperhatikan oleh pengelolanya. Banyaknya pondok-pondok kecil para pedagang yang menjual aneka cemilan, gorengan, souvenir bahkan kaos dan celana pendek untuk mandi jika tidak sempat membawa pakaian ganti. Ratusan anak tangga untuk turun kebawah yang dilewati juga nyaman. Tapi, ya kita harus extra hati-hati jika hujan turun, tangga ada yang licin.

Terlihat air terjun dan pondok2 kecil

Merchandise yang dijual dijalan2 setapak menuju air terjun

Untuk mencapai kawasan Curug Cigamea ini tidak begitu sulit, tidak perlu takut nyasar juga karena jalanan yang dilewati mulus dengan sisi kiri kanan jalan perumahan warga. Waktu itu kami melewati jalur dari arah Ciampea, pulangnya baru melintasi jalur Ciapurs yang nantinya akan melewati banyak Curug, beberapa yang sempat saya baca, ada curug Ngumpet 1 dan 2, kawah ratu, curug seribu dan curug-curug lain. lewat jalan inipun pemandangannya sangat asri, banyak pohon-pohon Pinus. Yang menarik sewaktu melewati jalan sebelum Ciapus (karena lewat jalur atas) kita bisa melihat Kota Bogor dari ketinggian itu diatas lereng gunung Salak. Tapi untuk melewati jalan ini kita musti waspada, terutama jika hujan atau mendekati malam hari. Disekitar kawasan ini juga ditemui banyak vila, tempat berkemah yang terkelola dengan sangat baik. Cocok sekali buat yang butuh refreshing, rekreasi dengan keluarga atau teman-teman.

9336 Total Views 6 Views Today
Mencoba Wisata Air Terjun di Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,129 times, 1 visits today)


About

Blogger | @melfeyadin


'Mencoba Wisata Air Terjun di Bogor' have 12 comments

  1. 02/06/2015 @ 2:58 pm Indriyatno Banyumurti

    Rute buat kesana lewat mana ya kalo dari kota? belum pernah euy…

    Reply

    • 02/06/2015 @ 3:17 pm Melly Feyadin

      Bisa lewat Ciapus, kang, rutenya gampang kok. Aku kmrin merhatiin jalan pake google maps ๐Ÿ˜€

      Reply

  2. 02/06/2015 @ 6:48 pm Gioveny Astaning Permana

    kalo udah nggak musim hujan mau ah kesana ๐Ÿ˜€

    Reply

    • 02/09/2015 @ 4:10 pm Melly Feyadin

      Iyaa, nunggu gka musim hujan biar aman, disana rawan longsor jg ternyata ๐Ÿ˜€

      Reply

  3. 02/06/2015 @ 8:18 pm Angga Dwinovantyo

    Keren! Jadi pengen snorkelingan (lho?) xixixi ๐Ÿ˜‰

    Reply

  4. 02/07/2015 @ 6:07 am Heni Puspita

    Membayangkan kalau musim kemarau/cuaca sedang panas pergi ke sini pasti seger ๐Ÿ˜€

    Reply

    • 02/09/2015 @ 4:13 pm Melly Feyadin

      Dan kebayang klo pagi2 kesini kabutnya masih segeeer dan tebel bgt.

      Reply

  5. 02/07/2015 @ 7:39 am alannobita

    air terjun kedua, dua warna gitu ya ๐Ÿ˜€

    Reply

    • 02/09/2015 @ 4:14 pm Melly Feyadin

      Iya yg kedua agak berwarna, tp aku gak berani mendekat..takut ๐Ÿ˜€

      Reply

  6. 08/13/2015 @ 4:55 pm Charlyn

    Disana ada tempat untuk buat games tdk ya ?

    Reply

  7. 04/05/2016 @ 3:17 pm CURUG NANGKA, AIR TERJUN MENAWAN DI SELATAN BOGOR – travellover16

    […] itu saya ingin memberi tahu bahwa air terjun biasa disebut dengan โ€œcurugโ€ di Bogor, misalnya Curug Cigamea yang sudah pernah dibahas. Kali ini saya akan membahas Curug Nangka yang terkenal dengan medan yang […]

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2015ย Hellobogor.comย a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool