Share on Pinterest
More share buttons

Memanah di Bogor, Yuk Gabung Sentul Archery Club!

“Didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.” Pepatah tersebut tepat dan berkorelasi dengan ketahanan tubuh manusia baik secara fisik dan mental. Membentuk kekuatan tubuh dapat diperoleh dengan asupan 4 sehat 5 sempurna. Ragam jenis karbohidrat, protein (nabati dan hewani), lemak, vitamin, dan mineral yang masuk dalam tubuh. Banyaknya makanan dan minuman kuliner  inovatif masa kini sungguh menggiurkan.

Selain asupan makanan, masa kini juga sudah ditunjang dengan gaya hidup rajin berolahraga. Walaupun ada dinas dari kantor ke luar kota dan menginap di hotel. Tentunya hotel-hotel di Indonesia pun sudah menunjang dengan fasilitas olahraga. Sarana kolam renang dan tempat fitness/gym menjadi solusi untuk yang sibuk bekerja dengan mobilitas tinggi.

Olahraga tidak hanya di dalam ruangan, namun juga di luar ruangan seperti sepak bola, airsoft, bersepeda, lari, dan memanah. Olahraga panahan sudah mulai menjadi olahraga favorit masyarakat. Hiburan di tengah masyarakat dalam bentuk film seperti film luar negeri, Chronicles Narnia, The Hunger Games dan The Avanger, serta Tiga Srikandi yang merupakan film based on true story perjuangan atlet panahan Indonesia. Atlet panahan Indonesia yang pertama meraih medali emas di Olimpiade 1988 bernama Lilies Handayani, Kusuma Wardhani, dan Nur Fitrayana.

Panahan adalah olahraga yang melatih keterampilan membidik. Latihan panahan berkesesuaian dengan kehidupan sehari-hari. Suatu metode pembelajaran bahwa dalam kehidupan harus menentukan tujuan, mempersiapkan amunisi untuk mencapai tujuan, hingga bersikap dengan fisik dan mental yang kuat untuk melaksanakannya.Proses mulai dari memilih anak panah yang tepat, penarikan tali busur, membidik, melesatkan anak panah dan mengakhirinya dengan sikap badan sempurna.

Sikap saat memanah

Sikap saat memanah

Tujuan dalam kehidupan diibaratkan dengan target panah yang berbentuk bulatan.

Target Panahan (Dok. pribadi)

Target Panahan (Dok. pribadi)

Amunisi dalam kehidupan diibaratkan peralatan memanah utama yaitu busur panah sebagai alat untuk melesatkan misi yang dimiliki, dan anak panah sebagai misi kehidupan. Selebihnya peralatan pendukung seperti finger tab, arm guard, side sight, stabilizer, dan lain-lain.

Warga kabupaten Bogor tepatnya kawasan Sentul yang bergaya hidup sehat dan tertarik pada olahraga panahan sudah ada yang tergabung dalam Sentul Archery Club.Sentul Archery Club telah berdiri sejak 17 Agustus 2015, sehingga sudah berdiri selama setahun. Tanggal 17 Agustus 2016 kemarin terdapat perayaan resminya setahun, dan diselenggarakan pula acara lomba memanah di Az-Zikra, Sentul.

Sentul Archery Club beranggotakan sekitar 40 orang dengan range usia 10 – 40 tahun. Anggota yang aktif berlatih sebanyak 20-25 orang, ujar Zetsu selaku pelatih di Sentul Archery Club. Menariknya, untuk berlatih atau tergabung dalam club ini dapat diarahkan sesuai kebutuhan. Jadi tidak sedikit orangtua yang mendaftarakan anaknya untuk ikut berlatih panahan. Baik anak dengan pola sekolah Homeschooling ataupun anak berkebutuhan khusus. Menurut Ogi selaku Direktur Operasional Active Sport Center Indonesia (ASCI) bahwa sekolah Homeschooling saat ini sudah mempunyai kurikulum berolahraga seperti memanah, berkuda, dan berenang. Jadi olahraga seperti ini sudah menjadi bagian dalam keseharian.

Anggota aktif Sentul Archery Club berusia muda

Anggota aktif Sentul Archery Club berusia muda

Pelatih yang ada di Sentul Archery Club terdapat 2 orang yaitu Reza dan Zetsu, semuanya telah menjadi pelatih tersertifikasi dari PERPANI (Persatuan Panahan Indonesia). Pelatih di Sentul Archery Club ini pun dilatih langsung oleh Atlet Indonesia yaitu Gina Rahayu Sugiharti selama setahun sejak 2015.

Pelatih Panahan di Sentul Archery Club (Dok. pribadi)

Pelatih Panahan di Sentul Archery Club (Dok. pribadi)

Motivasi setiap orang mengikuti olahraga panahan ada berbagai macam. Mulai dari motivasi prestasi (menjadi atlet), untuk menjalankan olahraga sunnah, kebutuhan sebagai olahraga (latihan fokus, kesabaran), ataupun hanya sekedar trial fun, ujar Ogi.

ASCI (Active Sport Centre Indonesia) sendiri merupakan organisasi di bidang olahraga yang memiliki 5 cabang olahraga yang digeluti, yaitu Memanah (Archery), Berkuda (Equistrian), Berenang, Taekwondo, dan Aikido. ASCI memiliki kerjasama dengan sekolah ataupun perumahan dalam pengembangan olahraga ini. ASCI memiliki lokasi olahraga di berbagai tempat yaitu Kawasan Sentul, Sekolah Cita Buana (Jakarta Selatan), dan Klender, Jakarta Timur.

DSC02306

Selain bermain di lapangan untuk berlatih memanah, dalam olahraga panahan dapat dikolaborasikan dengan teknik seperti bermain airsoft menjadi archery tag. Kegiatan ini menjadi kebaharuan dan sudah pernah dilaksanakan oleh Sentul Archery Club.

Archery Tag

Archery Tag

Jadi, sebelum memanah asmara, sebaiknya berlatih olahraga memanah yuk! Haha. Bisa langsung gabung ke Sentul Archery Club di Archery Park, Jalan Syukur Perumahan Muslim Az-Zikra. Informasi lebih lengkap dapat menghubungi 0811-1877-377, instagram @ascisportclub dan web resmi : http://asci-club.com/v1/archery/.

12188 Total Views 3 Views Today
Memanah di Bogor, Yuk Gabung Sentul Archery Club!
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,745 times, 1 visits today)



'Memanah di Bogor, Yuk Gabung Sentul Archery Club!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool