Share on Pinterest
More share buttons

Martabak Kubang yang Asli ada di Bogor

Sebagai sebuah kota yang dikenal dengan wisata kulinernya, Bogor memang tidak hanya menyediakan aneka kuliner khas dari kota ini saja, tapi juga beragam kuliner dari kota lainnya. Sebut saja RM Pondok Bahrein yang menyediakan aneka kuliner Palembang, aneka kuliner Indonesia di Ah Poong, kuliner Lombok yang menggigit di Resto Ayam Cacah dan sebagainya. Ya, berwisata di Bogor memang harus menyiapkan perut yang kosong karena banyaknya tempat makan yang menyajikan makanan yang enak nan lezat.  Ada satu lagi tempat kuliner khas dari daerah lain yang direkomendasikan karena merupakan cabang dari tempat aslinya di Ranah Minang, tepatnya di Kota Padang. Namanya adalah Martabak Kubang Hayuda.  Sejatinya, Kubang sendiri adalah nama sebuah desa kecil di Kecamatan Guguk Kabupaten Lima Puluh Kota. Di sinilah, pendiri Martabak Hayuda lahir. Beliau bernama Yusril Darwis, dan Hayuda sendiri merupakan singkatan dari Haji Yusril Darwis. Apa sebenernya keistimewaan dari Martabak Kubang Hayuda ini?

Martabak Kubang Hayuda Bogor

Martabak Kubang Hayuda lengkap dengan kuah “teman”-nya

Daging sapi cincang memenuhi “isi” dari martabak ini menimpali telur, bawang daun aneka bumbu yang memperkuat rasa gurih sajian martabak kubang Hayuda ini. Dan cita rasa yang lezat itu belumlah usai, guyur atau celupkan potongan martabak dengan kuah yang selalu disajikan bersama martabak ini. Kuah cuka dengan potongan tomat, bawang bombay dan irisan cabe rawit di dalamnya itu membuat indera pengecap kita mendapatkan cita rasa yang kaya, ada manis, asin, asam dan segar dengan sedikit cubitan rasa pedas, melengkapi gurihnya potongan martabak kubang ini. Sensasi rasa yang diberikan oleh Martabak Kubang Hayuda ini memang berbeda dengan martabak telur biasa, khususnya di “kuah” cuka pendampingnya.

Teh Talua

Teh Talua, minuman khas tanah Sumatera

Ada satu menu yang perlu dicoba di Martabak Kubang Hayuda ini yang merupakan minuman khas dari kota Padang: Teh Talua alias Teh Telur. Teh yg dikocok dengan telur hingga berbuih, paling cocok ditambahkan tetesan air jeruk nipis yang memberikan sedikit rasa asam yang segar. Sebenarnya tidak hanya di Padang, Teh talua ini dapat kita jumpai di banyak kedai di tanah Sumatera, tidak hanya di Padang. Dan di Bogor, kita bisa menikmatinya di Martabak Kubang Hayuda ini.

Martabak Kubang Bogor

Kedai Martabak Kubang Hayuda – Bogor

Haji Yusri Darwis merintis usaha martabak ini sejak tahun 1971, mulai dari kaki lima sampai berbentuk restoran dengan banyak cabang seperti sekarang. Suksesnya membuat orang banyak meniru nama martabak kubang yang diperkenalkannya, sehingga akhirnya nama “Martabak Kubang” dipatenkan sejak tahun 1999, agar orang tidak salah lagi memilih dan ditambah kata Hayuda untuk memperkuatnya. Selain pusatnya yang berada di Jl. Prof M. Yamin SH No. 138 B, Padang, Martabak ini juga bisa diperoleh di cabang-cabangnya di Tebet (Jakarta Selatan), Kalimalang (Jakarta Timur), Margonda (Depok), Jl Raya Serpong (Tangerang) dan Bogor. Untuk di Bogor, kedai Martabak Kubang Hayuda dapat ditemui di Jl. Kedung Halang No. 3, tidak jauh dari perempatan Warung Jambu arah ke Cibinong. Di tempat ini juga kita bisa mendapatkan menu lainnya seperti: nasi goreng, mie goreng, mie rebus, soto, sate dan sebagainya. Tentunya semua dengan cita rasa dan bumbu khas Padang yang kaya rempah dan menggugah selera.

9345 Total Views 6 Views Today
Martabak Kubang yang Asli ada di Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,167 times, 1 visits today)


About

Foodie - Blogger - Bogor


'Martabak Kubang yang Asli ada di Bogor' have 8 comments

  1. 03/09/2015 @ 6:44 pm Iwan Setiawan

    ngilerrrr 😉

    Reply

  2. 03/09/2015 @ 6:46 pm mt

    baru sekali melahap martabak di situ. nagih sih

    Reply

  3. 03/09/2015 @ 7:05 pm Yudhie

    Kayaknya Kang Banyu harus ngerasain martabaknya langsung dari Jorong (Desa) Kubang di Lima Puluh Koto Payakumbuh Sumbar posisinya di Pasar Dangung-Dangung dan sekalian bisa ngerasain sate dangung-dangung, nanti nginep di rumah ibu saya di Payakumbuh hahaha

    Reply

  4. 03/09/2015 @ 10:10 pm Dewi Rieka

    sering lewat sini tapi belum pernah cicip…slurppp…

    Reply

  5. 03/10/2015 @ 8:19 am Adella Adiningtyas

    mau coba ah sebagai pecinta martabak telor 😀

    Reply

  6. 03/11/2015 @ 2:03 pm rahmiaziza

    Kalo dimakan pake kletusan lombok ijo enak juga kali ya mas Banyu 🙂

    Reply

  7. 06/27/2016 @ 2:57 pm Chef Setio

    sebenernya saya kurang suka martabak,martabak telur atau martabak manis.. tapi setelah pernah tinggal di payakumbuh selama 1 tahun…saya jadi suka dengan martabak manis kubang. tapi di bogor martabak kubang saya belum pernah coba.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool