Share on Pinterest
More share buttons

Martabak Aphin The Best Martabak in Bogor

Berwisata ke Bogor tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner yang ada. Memang tidak salah karena Bogor dikenal sebagai salah satu kota kuliner yang tiada duanya. Segala macam kuliner ada, baik yang khas Bogor maupun kuliner yang punya beberapa cabang di kota-kota wisata. Salah satu kuliner yang bisa cicipi saat melancong ke kota Bogor adalah martabak manis dan telor. Di beberapa kota ada juga yang menyebut terang bulan sebagai martabak manis sedangkan martabak adalah martabak telor. Kuliner yang satu ini memang hampir ada di setiap kota, tapi khusus di Bogor kalian tidak boleh melewatkan yang satu ini. Buat penulis pribadi setelah mencicipi semua martabak yang terkenal di Bogor, martabak yang satu ini adalah the best in town.

Kiosnya sederhana, walaupun tidak kaki lima amat, tetapi untuk ukuran martabak dengan cita rasa tidak ada duanya kiosnya memang sederhana. Tidak ada meja dan bangku untuk makan di tempat, hanya disediakan bangku-bangku yang jumlahnya pun sedikit di area depan, fungsinya pun hanya untuk tempat menunggu martabak dibuat. Lokasinya ada di ujung timur Jalan Pajajar Bogor, yaitu ada di sebelah kiri tepat setelah jembatan sungai Ciliwung atau patokannya lagi setelah pertigaan ke Bantar Kemang. Jika kalian menginap di hotel sepanjang Jalan Pajajaran, untuk ke kior martabak ini tinggal naik angkot 09 jurusan Wr.Jambu – Sukasari untuk kendaraan umumnya. Menurut Pak Aphin sebagai pemiliknya, ia sudah memulai usahanya sejak tahun 1983 dimulai di Sukasari. Sejak tahun 2004 lah lokasinya pindah ke tempat yang sekarang ini.

Di kios sederhana berukurang tidak lebih dari 3 x 4 meter ini Pak Aphin menciptakan Martabak teristimewa

Di kios sederhana berukurang tidak lebih dari 3 x 4 meter ini Pak Aphin menciptakan Martabak teristimewa

Namanya adalah Martabak Aphin 288 sesuai dengan nama pemiliknya, ada embel-embel Bangkanya sih tapi inilah dia martabak the best in town. Martabak kekinian kebanyakan hanya mengandalkan toping yang beraneka ragam. Di martabak aphin tidak banyak pilihan toping. Boleh dibilang konvensional dengan variasi antar keju, coklat/meses, jagung, kacang, pisang. Baru-baru ini sih ada tambahan toping seperti nutella dan silverqueen tapi bukan itu poinnya karena martabak Aphin ini sangat menonjolkan cita rasa martabaknya itu sendiri.

Menurut penulis paling istimewa adalah martabak manisnya. Bahkan ada pilihan martabak manis polos. Bayangkan martabak manis tanpa toping, tapi jangan salah rasanya itu bahkan mengalahkan martabak bertoping keju. Setiap gigitannya sangat berasa, perpaduan aroma butter, tekstur yang sempurna dan minyak yang gurih. Untuk yang sudah mencicipi tidak ada perdebatan bahwa ini adalah martabak manis yang istimewa.

Selelah dibakar, sentuhan Martabak terakhir di area sini. Macam-macam toping tersedia sesuai pesanan

Selelah dibakar, sentuhan Martabak terakhir di area sini. Macam-macam toping tersedia sesuai pesanan

Salah satu karyawan Pak Aphin sedang sibuk menyiapkan Martabak.

Salah satu karyawan Pak Aphin sedang sibuk menyiapkan Martabak.

Soal harga memang boleh dibilang tidak murah, tapi ya itu tadi, harga sebanding lurus dengan kualitas. Bayangkan saja untuk martabak manis polosnya saja dihargai sebesar Rp37.000,00. Itu polos saudara, tanpa toping! Untuk kejunya seharga Rp50.000,00. Tapi jujur saja, semua itu worthed dengan rasanya. Dua potong saja sudah sangat mengenyangkan.

Selain kualitas resep dan bahan, mungkin salah satu rahasia dari kenikmatan martabak Aphin ini adalah dari cara martabak ini di bakar. Tidak seperti kebanyakan martabak, disini semua martabak dibuat dengan menggunakan arang. Iya masih tradisonal tapi dari sini aroma martabak ini sangat berbeda dengan martabak lainnya.

Salah satu yang menentukan kenapa Martabak Aphin 288 istimewa. "Selama masih ada yang jual arang, maka akan selalu pakai arang" ujar Pak Aphin.

Salah satu yang menentukan kenapa Martabak Aphin 288 istimewa. “Selama masih ada yang jual arang, maka akan selalu pakai arang” ujar Pak Aphin.

Selain martabak manisnya yang istimewa, martabak Aphin juga menawarkan martabak telor yang tidak kalah istimewa. Martabak telur bisa dipilih dengan menggunakan telor bebek atau telur ayam. Dan kita pun bisa memilih jumlah telurnya, apa mau 2 atau 3. Jumlah telurnya ini menentukan seberapa tebal nanti martabak telur kita. Untuk martabak dengan 2 telur ayam dihargai sebesar Rp34.000,00. Saran penulis, coba martabak telur dengan telur bebek. Itu enak, pake banget. Teksturnya garing di luar tapi lembut di tengah. Dengan harga segitu kita dapat sekotak martabak telur hangat yang buanyak. Cukup dimakan untuk empat orang.

Ke Bogor, urusan martabak hanya satu ini. Dengan kios yang sederhana dan promosi hanya dari mulut ke mulut, kalian yang berkunjung ke Bogor harus coba martabak Aphin ini dan tentu saja siap-siap ketagihan. Tapi tenang, martabak Aphin menyediakan layanan delivery yang bisa dihubungi di nomor 081213290923, 081283859326. Menurut Pak Aphin pesan satu pun akan diantar selama masih di Bogor dengan ongkos kirim bervariasa tergantung jauh dekatnya yang ditanggung oleh pembeli.

8790 Total Views 9 Views Today
Martabak Aphin The Best Martabak in Bogor
3 (60%) 1 vote
(Visited 1,802 times, 1 visits today)


About

Aktif menulis di blog pribadi ilhabibi.com. Karyawan yang berkutat dengan system ERP di sebuah perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara.


'Martabak Aphin The Best Martabak in Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool