Share on Pinterest
More share buttons
Malam Takbiran di Bogor Cuma di Rumah Aja? Siapa Takut

Malam Takbiran di Bogor Cuma di Rumah Aja? Siapa Takut?

Halo ezytravelers, gimana nih puasanya? Lancar kan? Lancar dong yaaaa.

Ezytravelers, di Bulan Ramadhan ini ada beberapa malam yang spesial ya. Di antaranya adalah malam lailatul qadar dan malam takbiran hihihi. Malam lailatul qadar ini diyakini sebagai malam yang lebih mulia dari pada malam seribu bulan loh ezytravelers. Malam lailatul qadar ini diperingati sebagai malam turunnya kitab suci umat Islam yaitu Al-Qur’an. Selain malam lailatul qadar, ada juga nih malam takbiran.

Malam takbiran ini merupakan malam penutupan bulan Ramadhan dan menyambut bulan Syawal atau Lebaran. Yeay. Malam takbiran adalah malam di mana umat Muslim merayakan datangnya bulan Syawal. Perayaan malam takbiran ini biasanya diisi dengan mengumandangkan takbir di masjid-masjid selama semalam suntuk sampai datang waktunya shalat Idul Fitri keesokan paginya.

Nah, dalam menyambut datangnya bulan Syawal ini, setiap daerah memiliki caranya masing-masing untuk merayakan malam takbiran. Begitu juga di Bogor.

Menghabiskan malam takbiran di Bogor tentu bisa dilakukan dengan berbagai cara ya ezytravelers. Ada perang meriam bambu seperti yang dilakukan di Kampung Cisalopa Kabupaten Bogor. Perang meriam bambu ini sudah menjadi tradisi turun temurun loh ezytravelers dalam memeriahkan malam takbiran. Jadi gema takbir beriringan dengan suara meriam bambu. Pasti sangat meriah ya ezytravelers.

malam takbiran di Bogor

perang meriam bambu, salah satu tradisi malam takbiran di Bogor

Selain perang meriam bambu, perayaan malam takbiran di Bogor juga diisi dengan parade bedug dan takbir loh ezytravelers. Seperti yang sudah pernah dilakukan tahun 2016 yang lalu. Tahun lalu peserta yang ikut ada 15 kelompok marawis dan 15 kendaraan bak terbuka.

Kebayang kan ya meriahnya kayak gimana Kota Bogor pada malam itu? Hihihi.

Untuk takbir di jalan seperti yang dilakukan di Kota Bogor tahun 2016 yang lalu memang sih ada banyak pro kontra. Tapi kalau terkoordinir dengan baik dan masing-masing peserta bisa menjaga ketertiban, pasti hal yang dikhawatirkan tidak akan terjadi ya ezytravelers hihihi.

 

malam takbiran di Bogor

parade bedug memeriahkan malam takbiran di Bogor

Nah, selain ada parade bedug di Kota Bogor, di lingkungan kecil di Bogor juga biasanya ada takbir keliling loh ezytravelers. Seperti di lingkungan rumah saya nih ezytravelers. Selain berkumpul di masjid sambil mengumandangkan gema takbir, anak-anak kecil dan pemuda biasanya membawa bedug kecil sambil berkeliling kampung juga. Tak lupa mereka sambil membawa kentongan seperti akan membangunkan sahur. Sangat meriah hihihi.

Mungkin tidak semua ezytravelers suka ya dengan keramaian yang ada saat malam takbiran. Malam takbiran di Bogor bisa juga loh dilakukan di rumah bersama keluarga hihihi. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ezytravelers nih saat malam takbiran tiba. Biasanya sih saya juga melakukan hal ini di rumah.

Apa saja yang bisa dilakukan di rumah agar tidak mati gaya saat malam takbiran?

 

1. Menyiapkan makanan untuk Lebaran

Kalau hari ini sudah takbiran, besoknya pasti lebaran ya. Lebaran identik dengan makanan lezatnya. Mmmmm yumyyyyyy. Ketika malam takbiran dan kebetulan kita tidak ada acara di luar, ezytravelers gak perlu bête dulu ya hihi. Malam takbiran bisa lebih seru loh walaupun di rumah.

Caranya adalah dengan menyiapkan makanan untuk disantap esok hari. Apalagi saat ezytravelers mudik dan kumpul keluarga di Kota Bogor, menyiapkan makanan untuk lebaran bisa menambah kedekatan bersama keluarga terkasih loh hihi. Sambil diiringi gema takbir dari masjid di sekitar rumah, tentunya menambah ketentraman di hati.

malam takbiran di Bogor

menyiapkan makanan lebaran saat malam takbiran

 

2. Mendekorasi rumah

Kalau lebaran, sudah pasti ya akan banyak keluarga atau kerabat yang akan berkunjung ke rumah. Gak pengen dong kalau rumah ezytravelers gitu-gitu aja pas banyak yang datang ke rumah? Dekorasi simple yang cantik bisa banget loh digunakan untuk rumah ezytravelers saat lebaran. Tenang aja, gak butuh waktu dan budget yang banyak kok untuk membuat rumah ezytravelers jadi lebih indah pas lebaran. Gak perlu sampai renovasi rumah segala sih ezytravelers, itu sih terlalu berlebihan ya.

Yang perlu dilakukan ezytravelers saat menjelang lebaran dan waktu cuti bersamanya mepet dengan malam takbiran adalah membeli beberapa tanaman hias untuk disimpan di dalam rumah dan teras rumah ezytravelers. Jangan lupa juga ya untuk membeli batu hias warna warni dan gelas gelas cantik untuk mempermanis dekorasi rumah saat lebaran tiba. Kalau ada budget dan waktu lebih, bisa juga dengan mengganti warna cat rumah agar terlihat lebih segar di hari kemenangan nanti hihi.

Yuk keliling Bogor! Eits, ambil tiket pesawat promopaket perjalanan wisata & cari hotel murah sekarang!

 

3. Nonton film Lebaran di TV bersama keluarga

Nah, hal terakhir nih yang biasanya saya lakukan saat malam takbiran tiba adalah menonton film lebaran di TV. Menjelang hari raya, biasanya film bioskop bernuansa religi banyak bermunculan tayang di televisi. Hal ini bisa menjadi hiburan tersendiri loh untuk ezytravelers. Bisa beristirahat sambil menikmati tayangan TV bersama keluarga besar di rumah. Heaven on earth banget loh.

malam takbiran di Bogor

nonton tv bersama keluarga di malam takbiran

Kalau tradisi malam takbiran di daerah ezytravelers apa saja?
Share ya di kolom komentar 😀

 

399 Total Views 6 Views Today
Vote Us
(Visited 135 times, 1 visits today)



'Malam Takbiran di Bogor Cuma di Rumah Aja? Siapa Takut?' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool