Share on Pinterest
More share buttons
Resto Bukit Air

Makan Siang dengan Suasana Pedesaan Di Bogor

Resto Bukit Air Bogor

Resto Bukit Air

Siapa yang tidak tertarik untuk menikmati wisata Bogor sambil berkeliling Kota Bogor hingga ke pinggiran kota. Anda dapat menikmati makan siang tradisional Sunda sembari menikmati suasana segar khas pedesaan. Ya, selain lokasi wisata kuliner yang bertebaran didalam Kota Bogor, kali ini coba arahkan perjalanan anda menuju daerah Ciomas Bogor. Ada sebuah restoran bernama Bukit Air Resto yang terletak di jalan Babakan Encle, Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Cukup berliku jalan menuju ke lokasi kuliner yang satu ini. Apabila Anda dari Jakarta menggunakan Tol Jagorawi, Anda dapat memilih pintu keluar Bogor. Lalu ambil ke kanan menyusuri jalan Padjadjaran dan melewati tugu kujang. Ambil arah menuju istana Bogor melalui jalan Jalak Harupat dan jalan Juanda. Belok kanan ke jalan Kapt Muslihat dan melewati stasiun Bogor. Dari stasiun Bogor, lurus terus melewati Jembatan Merah hingga pertigaan Gunung Batu. Pada pertigana Gunung Batu, belok kiri dan kemudian ambil jalan ke kanan, jalan raya Ciomas. Nah, silakan ikuti jalan raya Ciomas tersebut hingga Perumahan Ciomas Permai. Dari Perumahan Ciomas Permai tersebut arahkan terus ke atas sekitar kurang lebih 2 km ke arah Desa Sukaharja. Petunjuk menuju lokasi Bukit Air Resto ini banyak sepanjang jalan dan cukup jelas.

Karena terletak di pinggiran kota Bogor, suasana pedesaannya sangat terasa. Apalagi didukung dengan struktur bangunan yang hanya menggunakan bambu dengan atap alang-alang. Bangunan utama restoran dan dapur cukup besar disertai dengan bangunan kecil berupa saung-saung yang dapat juga digunakan untuk bersantap. Dikelilingi oleh sawah dan saluran irigasi yang memberikan nuansa yang asri.

Saung Bukit Air Bogor

Saung Bukit Air

Disamping itu perlengkapan makannya juga merupakan barang-barang jadul alias jaman dulu, berupa pring kaleng, mug dan gelas kaleng. Menu yang disajikan merupakan menu dalam bahasa sunda yang diplesetkan. Misalnya ada ‘emas butut pisan’ alias ‘ikan mas goreng’, ‘sangu butut ti laut’ alias ‘nasi goreng seafood’, ‘sop nila kelapa tingting’ alias ‘sup ikan nila kelapa muda’, ‘sangu tutug oncom’ alias nasi oncom, dan lain-lain.

Saat ketempat ini, kebetulan lagi sepi dan tidak terlalu ramai. Kami memesan ‘sop nila kelapa tingting, ‘sangu tutug oncom’ dan gurame bumbu cobek. Sop nila kelapa tingtingnya merupakan sup ikan nila dan disajikan dengan kelapa muda lengkap dengan batoknya. Setelah menyantap sop ikan nila-nya, kita bisa mengkeruk kelapa muda dari batoknya dan disantap setelahnya. Suasananya cukup asyik untuk bersantap bersama dengan keluarga tercinta.

Tempat ini cukup ramai saat akhir pekan. Jadi kalau ingin menyantap, saya sarankan agak pagi untuk sampai disana sehingga tidak terlalu ramai.

Nasi Tutug Oncom Bogor

Nasi Tutug Oncom, Sop Nila Kelapa Tingting, dan Gurame Bumbu Cobek

Sop Nila Kelapa Tingting Bogor

Sop Nila Kelapa Tingting Alias Sop Ikan Nila Kelapa Muda

Pasalnya, saya pernah kesini saat waktu makan siang sekitar pukul 1 siang, dan karena terlalu ramai dengan daftar tunggu yang cukup panjang. Akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke rumah. Oh iya, selain restoran, Bukit Air juga menyediakan penginapan dengan suasana pedesaaan. Lokasi penginapan terdapat dibelakang bangunan utama resto dengan saung-saung kecil yang cukup untuk 4-6 orang tiap saung.

47069 Total Views 78 Views Today
Makan Siang dengan Suasana Pedesaan Di Bogor
3.25 (65%) 4 votes
(Visited 22,622 times, 20 visits today)


About

Living in the world of Spatial IT. Interest in free and open source software for geoinformatics. Food lover and enjoy travelling.


'Makan Siang dengan Suasana Pedesaan Di Bogor' have 5 comments

  1. 02/15/2015 @ 4:58 pm Indriyatno Banyumurti

    AH ieu pisan… belum pernah euy…

    Reply

    • 02/16/2015 @ 1:34 pm Iwan Setiawan

      jauh pisan.. kalo wiken rame banget…

      Reply

      • 06/07/2016 @ 9:52 am Susi Yanti

        thanks ya mas info nya……suka banget lihat pemandangan Restonya….kalo bisa daftar harga menunya…biar siap2 bawa kocek nya heheheeh

        Reply

  2. 02/18/2015 @ 2:05 pm Rodame MN

    Bisikin harga makanannya donk Om? hehe

    Reply

    • 02/20/2015 @ 1:52 pm Iwan Setiawan

      Ini kunjungan tahun lalu :-(. Nanti kalo berkunjung kesana lagi saya update ya harganya 😉

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool