Share on Pinterest
More share buttons
Museum Etnobotani

Liburan Tak Harus Akhir Pekan

Ada keuntungan tersendiri jika Anda liburan di Bogor bukan pada hari libur atau akhir pekan. Selain tempat wisata tidak terlalu ramai, Anda juga bisa menikmati banyak hal yang tidak bisa didapatkan di hari libur atau akhir pekan. Salah satunya adalah mengunjungi Museum Etnobotani.

Museum yang berada dalam komplek perkantoran Puslitbang Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia di Jalan Ir. H. Juanda 22-24 ini hanya buka Hari Senin sampai Jumat pada jam kerja. Jika Anda ingin mengunjungi museum tersebut pada akhir pekan, Anda harus membuat janji terlebih dahulu. Itu pun biasanya hanya untuk rombongan dan keperluan khusus.

Saya sangat merekomendasikan untuk mengunjungi tempat ini karena akan menambah wawasan dan pengetahuan Anda mengenai keanekaragaman tumbuhan dan kekayaan budaya Indonesia dalam pemanfaatannya. Museum Etnobotani memiliki ribuan koleksi yang dipamerkan dalam etalase-etalase besar. Ada berbagai jenis tumbuhan yang kemudian dimanfaatkan sebagai sumber pangan dan obat-obatan.

Museum Etnobotani Indonesia

Salah satu pojok koleksi Museum Etnobotani Indonesia. | Sumber foto: budayanegrikita.blogspot.com

Sesuai namanya yang merupakan ilmu tentang hubungan tumbuhan yang dipergunakan penduduk asli dengan segala aspek kebudayaannya, Museum Etnobotani juga menampilkan berbagai peralatan tradisional, seperti alat rumah tangga, alat transportasi, alat pengolah pertanian, perikanan, alat musik, hingga sarana upacara adat. Semuanya itu berbahan dasar tumbuh-tumbuhan yang ada di Indonesia. Anda akan takjub dengan kekayaan Indonesia tersebut.

Museum Etnobotani Indonesia

Museum Etnobotani Indonesia | Sumber foto: targettabloid.co.id

Tidak banyak yang tahu tentang keberadaan museum ini bahkan warga Bogor sendiri. Jika dilihat sekilas dari jalan raya, gedung ini tampak seperti gedung perkantoran biasa. Ada sebuah plang bertuliskan Museum Etnotani Indonesia di depan gedung, Anda juga bisa melihat tulisan yang sama dan tulisan Herbarium Bogoriense pada gedungnya.  Gedung ini tidak jauh dari gedung sekolah SMA Negeri 1 Bogor. Nah, sebaiknya Anda juga mampir ke Gang Selot yang ada di sebelah sekolah ini. Anda bisa menikmati berbagai macam makanan dan jajanan enak di Kuliner Selot ini.

Gang Selot

Gang Selot

Sebetulnya tempat ini adalah semacam kantin bagi siswa-siswi SMP dan SMA Negeri 1. Namun karena letaknya di pinggir jalan dan dekat dengan perkantoran, akhirnya banyak orang yang datang dan makan di sana. Bahkan tempat ini jadi semacam tempat nongkrong yang asik. Tentu saja karena ini adalah kantin sekolah, maka kuliner selot ini tak ada yang berjualan di hari libur. Oiya, biasanya berbagai jajanan di sana sudah habis sebelum sore hari dan sangat ramai saat jam makan siang.

Gang Selot saat jam makan siang.

Gang Selot saat jam makan siang.

Kuliner Selot menyediakan makanan lokal hingga internasional. Ada doclang, ketupat dan tahu yang diberi bumbu kacang. Ada berbagai macam gorengan, pempek, bakso, gado-gado, ketoprak, dan karedok. Tak ketinggalan menu-menu berat seperti nasi timbel, nasi goreng, nasi soto, dan lain-lain juga tersedia di sana. Ada juga jajanan Jepang seperti takoyaki dan okonomiyaki yang dijual dengan harga mulai Rp 8.000, juga makanan Eropa seperti pasta yang harganya murah. Baru-baru ini, ada jajanan yang sedang ramai dibicarakan, yaitu kue cubit aneka rasa. Anda harus rela lama mengantri lama untuk membeli kue cubit dengan harga mulai dari Rp 10.000 ini.

Kue cubit original dengan topping cokelat

Kue cubit original dengan topping cokelat. :9

Tentu saja masih banyak tempat menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi di Bogor. Pokoknya, Anda tak perlu takut kehabisan destinasi wisata di Bogor, meskipun berkunjung di hari-hari biasa. Liburan tak harus akhir pekan, kan? 😉

3646 Total Views 6 Views Today
Liburan Tak Harus Akhir Pekan
5 (100%) 1 vote
(Visited 587 times, 1 visits today)



'Liburan Tak Harus Akhir Pekan' have 4 comments

  1. 03/01/2015 @ 7:54 am delladiningtyas

    aku pernah ke museum itu, bagus sih banyak banget barang rumah tangga dari zaman ke zaman. cuman tematnya agak horor yah dengan pencahayaannya yang kurang 😮 spooky spooky gimana gitu… kita harus banget ngenalin nih ke warga Bgr nya sendiri hehe jangan sampe mereka gatau ada museum unik kayak gini uhuy!

    Reply

    • 03/01/2015 @ 8:44 am uchamukti

      iyaa bagus ta della, apalagi bawa calon istri. sambil bilang ini pelajarin perabot rumah tangga sebelum kita berumah tangga. haha

      Reply

      • 03/02/2015 @ 7:17 am delladiningtyas

        wiiddddiiihhhh udah bawa-bawa calon istri aja nih obrolannya, kang ucha 😀 undang lah ihiw~

        Reply

  2. 03/01/2015 @ 4:35 pm Gioveny

    Terimakasih sudah menghadirkan “kantin” SMA aku disini teh :’)
    Kangen bakso es doger molen nanas pempek lenggang nasgor all of them :”’

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool