Share on Pinterest
More share buttons
Air Terjun Curug di Bogor

Leuwi Hejo & Curug Barong di Bogor

Curug Bogor

Mari melangkahkan kaki ke curug lagi!

Begitu banyak pilihan air terjun di Bogor, ada curug kencana yang mempesona, curug ciherang yang dekat di hati, mandi di curug bidadari, menikmati indahnya Curug Cilember. berkemah di curug seribu, ada juga curug nangka dan curug cigamea. Masing-masing curug memiliki penikmatnya tersendiri. Jejak langkah kaki kami sampai ke Curug Barong yang masih satu wilayah dengan Leuwi Hejo, Leuwi Cipet, dan Curug Leuwi Liyet.

Curug Bogor

Jembatan yang harus dilintasi dari arah Citeureup (sumber: kalangkangmencrang.blogspot.com)

Tiga orang lady rider menyusuri jalan sepanjang rute Babakan Madang kemudian mengambil jalur ke arah Gunung Pancar, namun saat pertigaan mengambil arah ke kiri. Naik turun dan berkelok-kelok, rumah warga berderet menemani di sepanjang jalan. Curug Barong berlokasi di kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kabupaten Bogor. kawasan ini dikelola oleh Perhutani dan Karang Taruna Mandiri Group juga diberdayakan. Setelah membayar tiket masuk sejumlah sepuluh ribu rupiah, kami melanjutkan perjalanan ditemani pemandangan alam yang menghijau.

Area Parkir Curug Bogor

menuju area parkir

Kaki kami menapaki jalan tanah berbatu hingga sampai di warung yang memiliki petunjuk arah ke Leuwi Hejo turun di bawah, Curug Barong naik di atas, sementara Leuwi Cipet dan Curug Leuwi Liyet berada di posisi teratas setelah Curug Barong. Curug Barong pun menjadi tujuan pertama yang kami minati. Hujan turun selama melanjutkan perjalanan, beberapa orang yang berpapasan menyarankan kami untuk kembali dan menunggu hujan reda di warung karena di Curug Barong tidak ada tempat berteduh. Kami memutuskan untuk menjejakkan kaki ke Curug Barong dan mengambil gambar.

Tetesan air hujan tak menghalangi langkah kami mengayunkan langkah ke Leuwi Hejo, Leuwi Cipet dan Curug Leuwi Liyet masih bisa dikunjungi lain waktu bersama teman-teman yang lain. Terlanjur basah ya sudah kami mandi sekalian! Dangdut mode on

Guyuran hujan di Curug Barong

Curug Barong

Guyuran hujan di Curug Barong

Guyuran hujan di Curug Barong

Jembatan bambu menuju Leuwi Hejo

Jembatan bambu menuju Leuwi Hejo

Rizky Pribadi dalam blognya menceritakan jejak langkah menuju Leuwi Hejo dan Curug Barong. Dia juga menguraikan makna leuwi dalam bahasa sunda jika diartikan adalah lubuk atau tempat pemandian. Pengertian sebenarnya Leuwi adalah suatu area atau daerah tertentu pada sungai yg memiliki kedalaman tidak terukur jika kita menyelaminya atau bila mau mengukurnya bisa dengan batang kayu yg sangat panjang (biasanya pakai tangkal awi – 1 leunjeur). Leuwi hejo adalah tempat pemandian yang airnya jernih berwarna hijau. Masyarakat sekitar ada yang menyebut Leuwi Hejo dengan sebutan Curug Bengkok karena mungkin aliran sungai di leuwi bengkok berkelok-kelok tidak lurus. Saat musim kemarau, air di kawasan wisata ini sangat terlihat hijau Namun saat musim hujan seperti bulan ini, warna hijaunya tidak terlalu tampak.

Oh ya, lebih baik melindungi gadget yang kalian bawa untuk berfoto saat basah-basah atau gunakan kamera yang mumpuni dan tahan air. Jika mengajak anak-anak bermain air di Leuwi Hejo, harus diawasi dan sebaiknya membawa pelampung karena kolam alami leuwi hejo memiliki kedalaman yang tidak aman untuk anak-anak. Selamat berwisata ke bogor dan liburan ke bogor memberi jaminan tak akan membosan! 😉

36840 Total Views 9 Views Today
Leuwi Hejo & Curug Barong di Bogor
5 (100%) 2 votes
(Visited 23,826 times, 3 visits today)


About

Part of Disaster Management Student at Indonesia Defense University


'Leuwi Hejo & Curug Barong di Bogor' have 46 comments

  1. 04/21/2015 @ 7:55 pm Berwi

    Sayangnya saat 3 lady rider ke sana pas hujan yaa… jadi hejonya ga begitu terlihat…
    jangan lupa cicip durian yang ditawarkan di warung setempat

    Reply

  2. 04/21/2015 @ 9:16 pm satriyani

    leuwi hejo dan curug barong mantaaps, sepanjang perjalanan aj udh seru apalagi bagi para penikmat pemandangan hijau royo-royo
    dan emang duren nya yang bikin tambah sedaap perjalanan hari itu… 🙂

    Reply

  3. 04/23/2015 @ 12:27 pm alin

    mantaaaps

    Reply

  4. 04/24/2015 @ 8:41 am Sebut saja Mawar

    Boleh dong di kasih info nya untuk alamat atau rute ke curug hejo nya
    atau patokannya di mana, tolong di kasih info nya se rinci mungkin ya,
    mau ke sana nih rencananya.

    Thanks infonya.

    Reply

    • 04/24/2015 @ 10:46 pm Gioveny Astaning Permana

      dari arah mana kakak?

      Reply

      • 10/20/2015 @ 2:19 pm SISKA

        Mau tanya donk….rute nya kl naik motor dari arah jakarta timur….thanks

        Reply

        • 10/13/2016 @ 12:50 pm Gioveny Astaning Permana

          dari arah jakarta timur, melewati jalan raya bogor aja sampe lampu merah kandang roda setelah cibinong city mall kalo naik motor

          Reply

  5. 04/26/2015 @ 8:19 pm depz

    ahh… saya baru kemarin lusa kemari.
    sayangnya ngga bawa kamera pas ke sini. hu hu hu
    mbak, kalo boleh izin potonya saya comot utk blogpost saya, nanti saya sebutkan sourcenya.
    🙂
    matur nuhun

    Reply

  6. 05/13/2015 @ 11:00 am zara

    mau nanya dong kak, untuk sampai ke parkiran bisa menggunakan mobil pribadi gak? apakah jalanan cukup baik untuk dilewati mobil? terimakasih

    Reply

  7. 05/21/2015 @ 1:22 pm Tatas Fachrul

    ka, curug barong dan leuwi hejo itu beda yah?..
    soalnya setau aku, leuwi hejo itu nama lainnya curug bengkok..

    Reply

    • 05/25/2015 @ 9:15 am Gioveny Astaning Permana

      satu lokasi tapi beda tempat, kalo curug barong di atas, kalo leuwi hejo di bawah

      Reply

      • 06/02/2015 @ 10:05 am Ades syakieb

        Kalo dari cibinong city mall rute.a kemana lagi ya

        Reply

        • 06/10/2015 @ 6:35 pm Gioveny Astaning Permana

          dari Cibinong City Mall ke arah sirkuit sentul aja lanjut ke Babakan Madang – Sentul City – Jungleland. Pas di pertigaan Gunung Pancar, kamu ambil yang belok kiri terus ikut jalan aja nanti ada spanduknya. kalo masih ragu tanya ke warga ya

          Reply

        • 07/10/2016 @ 5:54 am Anonymous

          Mau tanya dong rute dari arah parung ke curug leuwi hejo?

          Reply

  8. 05/29/2015 @ 12:17 pm Farhana

    Hallo mau tanya untuk dilalui mobil kira2 rutenya aman ga yah?

    Reply

  9. 06/05/2015 @ 2:28 pm erma septiana

    Assalamualaikum mba.
    Mau nanya . leuwi hejo itu ngelewatin curug kencana ga sih ?
    Terima kasih

    Reply

    • 06/06/2015 @ 6:53 am Gioveny Astaning Permana

      waalaikumsalam, iya rutenya sama dengan curug kencana.. tapi leuwi hejo masih luruuus terus sampe ketemu spanduk penanda kalo sdh sampai di leuwi hejo 😉

      Reply

    • 09/04/2015 @ 2:18 pm Edy ramdani

      Oiyah mba kalo lagi musim kemarau gini gimana kondisi dicurig lewi hejonya? Soalnya kmren ke cilember sama bidadari airnya kecil jadi ga bagus gitu..

      Reply

  10. 06/10/2015 @ 4:56 pm away

    btw kl dari jalan raya gn pancar ke leuwi hejo/curug barong ada petunjuk arahnya ga??
    thx

    Reply

    • 06/10/2015 @ 6:38 pm Gioveny Astaning Permana

      penunjuk arahnya memang kurang jelas pas ke arah gunung pancar itu, tapi yang pasti dari pertigaan kalo gunung pancar ke kanan leuwi hejo ke kiri. kalo masih ragu tanya warga yaaah

      Reply

  11. 07/06/2015 @ 3:53 pm edoll

    mbak aku mau tanya kalo dari jakarta barat ke curug lewi hejo nya mba pake motor gimana ya jalurnya ? kira2 berapa lama ?

    Reply

    • 07/07/2015 @ 6:02 am Gioveny Astaning Permana

      jakbar itu ke arah pasar rebo aja deh sepertinya, lanjut jalan raya Bogor lurus terus ikutin jalan sampe ketemu Cibinong City Mall (pemkab Bogor). setelah pom bensin & lamer ambil kiri, setelah gerbang sirkuit sentul ke kanan arah babakan madang (jungleland) – sebelum pertigaan ke gunung pancar ambil kiri. bingung ya? hahaha
      tanya ke penduduk setempat ya kl khawatir nyasar 🙂

      Reply

  12. 08/15/2015 @ 10:24 am Wulan

    besok saya mau ke leuwi hejo , semoga cuaca disana ceraaah … makasi banyak buat infonya mba

    Reply

  13. 08/17/2015 @ 11:18 pm dina

    Nyesel pake banget saya ke situ…anda bakal merasakannya saat anda ke situ

    Reply

    • 08/31/2015 @ 7:38 am Uthie

      Mba Dina kenapa nyesel pake banget? Ga worthed ya? Ga imbang ya antara perjuangan dengan hasil apa yg dilihat?
      Mohon masukannya, mengingat kemarin habis dari curug Bidadari, dan hasilnya ga banget deh. Jalannya bakal merusak kendaraan..hiks

      Reply

  14. 09/26/2015 @ 11:37 pm Poppy

    Klo dr Tangerang lewat mana ya, dari parung bogor deket ga?

    Reply

  15. 10/21/2015 @ 1:01 pm ariel

    mau nanya kalo dari jkt, saya mau naik kendaraan umum bisa gak yah? ada aksesnya gak?
    terimakasih

    Reply

  16. 12/31/2015 @ 12:57 pm Dewi

    Kalo mau naik angkot bisa ngga ? Trayeknya apa aja ya ? Terima kasih

    Reply

  17. 02/10/2016 @ 8:36 pm Harry

    Sayangnya tanggal 7 pebruari 2016 saya mau ke curug leuwi hejo lg d tutup… katanya siyh ada longsong yg makan korban… di pintu masuknya aja udah d pasangin police line… sayang banget blm tau sampai kapan bisa dibuka lagi…

    Reply

  18. 02/11/2016 @ 12:15 pm Dewi ratnasari

    Ka kalau rute dari stasiun bogor ke curug barong ada ga ya

    Reply

  19. 05/16/2016 @ 9:39 pm Rizal

    Ada penginapan murah ga mba dkt leuwi hejo

    Reply

  20. 07/19/2016 @ 11:44 pm Anonymous

    Ada larangannya gk sich kalau kesana mbak.

    Reply

  21. 05/09/2017 @ 4:51 pm Lucky

    kalau bawa mobil spt travello gt aman ga ya?apakah melewatijembatan kayu spt yg sy lihat di gbr?mksh

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool