Share on Pinterest
More share buttons
Pajajaran Tom Yum

Kuliner Negeri Gajah di Bogor

Saat wisata di Bogor atau liburan di Bogor, kuliner merupakan pilihan utama. Bogor cukup kaya dengan lokasi wisata kulinernya. Banyak pilihan yang dapat dinikmati, dari warung kaki lima hingga restoran terkenal. Dari makanan tradisional Sunda, tradisional nusantara hingga mancanegara.

Salah satu pilihannya adalah kuliner khas negeri gajah atau Thailand. Thailand merupakan salah satu negara di asia yang terkenal dengan tradisi kulinernya. Siapa yang tidak mengenal Tom Yum, salah satu makanan khas Thailand? Untuk menikmati makanan khas satu ini, bisa juga dinikmati di Bogor. Sepertinya ini merupakan satu-satunya restoran Thailand di kota hujan, Bogor.

Pajajaran Tom Yum, demikian nama restorannya, mencerminkan menu utamanya. Lokasinya terletak didekat Perumahan Villa Duta, tidak jauh dari pintu keluar tol Jagorawi. Restonya cukup besar dan nyaman. Cocok banget buat kumpul bersama keluarga dan teman. Konsep restorannya adalah fine dining, menyediakan makanan dari appetizer, main course hingga desert.

Menu yang tersedia ditulis dalam Bahasa Inggris. Kalau tidak mengerti, silakan tanyakan saja kepada pramusaji yang akan menjelaskan dengan ramah. Ada cukup banyak pilihan di menu. Mari kita mulai dengan appetizer, dalam pilihannya tersedia perkedel ala Thailand atau disebut dengan Tod Mun. Perkedel ini tersedia dalam bentuk perkedel ikan (tod mun pla), perkedel udang (tod mun goong), lumpia udang telur asin dan banyak lagi. Saat berkunjung kesini, kami mencoba appetizer in a basket yang berisikan campuran appetizer yaitu perkedel ikan, perkedel udang, dan lumpia udang yang disajikan dengan sambal cocol khas Thailand. Rasanya cukup enak dan udangnya cukup berasa Sesuai lah dengan harganya yaitu Rp. 52.000,-.

Appetizer

Appetizer in a basket

Menu hidangan utama atau main course juga cukup beragam. Tentunya dengan signature dish-nya Tom Yum. Tom Yum merupakan sup asam pedas ala Thailand. Dimana pengertiannya harfiahnya berasal dari kata ‘tom’ yang berarti merebus, dan ‘yum’ yang berarti asam dan pedas.  Bumbu utamanya adalah sereh, lengkuas, daun jeruk, kecap ikan, cabe, serta kaldu ikan atau udang. Isian utamanya tergantung selera, bisa menggunakan udang sehingga namanya menjadi ‘tom yum goong’ atau ayam(tom yum gai) atau seafood (tom yum talay). Apabila bersantap bersama keluarga, boleh dicoba tom yum steamboat dengan porsi cukup besar dengan harga Rp. 225.000,-. Apabila hanya berdua atau bertiga, cukup memesan menu tom yum regular yang harganya berkisar antara Rp. 55.000,- hingga Rp. 89.000,-.

Tom Yum Talay

Tom Yum Talay (Seafood Tom Yum)

Selain tom yum, ada juga signature dish yang lain yang belum kami coba, yaitu wrapped chicken in pandan leaves atau ayam goreng dalam daun pandan. Lain kali apabila kesini harus nyobain nih. Ada juga masakan khas Thailand lain di menu seperti: berbagai olahan udang, kepiting, kerang, cumi dan ikan. Cocok buat anda penggemar seafood.

Tom Yum Pla Kiem Buay

Tom Yum Pla Kiem Buay (Sup Ikan Buah Plum)

Untuk makananan penutup kami mencoba Thai Cassava atau singkong rebus ala Thailand. Singkong dikukus menggunakan simple syrup dan disajikan dengan santal kental. Manis dan empuk terasa dilidah. Boleh juga dicobain dirumah suatu saat ;).

Thai Cassava

Thai Cassava (Singkong ala Thailand)

Pengalaman menyantap kuliner khas Thailand ini cukup berkesan. Resto yang nyaman dan dilengkapi dengan musholla dan kamar mandi yang cukup bersih. Pelayanan yang ramah menjadikan pengalaman liburan anda menyenangkan. Sayang, harganya lumayan tidak bersahabat dengan kantung. Akan tetapu cukup sesuai dengan makanan dan pelayanan yang diberikan. So.. Mari liburan di Bogor dan mencicipi kuliner khas negeri gajah ;).

Es Merah Delima

Es Merah Delima

6760 Total Views 3 Views Today
Kuliner Negeri Gajah di Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,359 times, 1 visits today)


About

Living in the world of Spatial IT. Interest in free and open source software for geoinformatics. Food lover and enjoy travelling.


'Kuliner Negeri Gajah di Bogor' have 4 comments

  1. 04/23/2015 @ 10:49 am Gioveny Astaning Permana

    jadi pengeeen, ini halal kan ya kang? 😮

    Reply

    • 04/28/2015 @ 11:33 am Iwan Setiawan

      blon ada sertifikat halal MUI sih kayaknya… Kalo ngeliat bahan baku dan bumbunya sih harusnya halal 😉

      Reply

  2. 04/24/2015 @ 1:11 pm Telenan

    Di Jalan Pandu juga ada tapi tempatnya tak sebesar ini.

    Reply

    • 04/28/2015 @ 11:33 am Iwan Setiawan

      Yang sebelah kantor saya ya kang Adi? tapi itu tulisannya udah salah, TomYum Chinese Food :-(. Tom Yum kan kuliner Thailand hehehehe

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool