Share on Pinterest
More share buttons

Kujang, Bagian Tak Terpisahkan dari Budaya Sunda Bogor

Setiap daerah pasti memiliki sesuatu yang sangat iconic. Nah, coba tebak! Jika di Bogor, apa sih yang iconic? Jika melewati Jalan Pajajaran tepatnya di depan pusat perbelanjaan Botani Square, Ezytravelers akan melihat bangunan yang berdiri tegak dengan gagah yang diatasnya terdapat pusaka tradisional. Bangunan tersebut bernama Tugu Kujang. Apa kaitannya Kujang dan Budaya Sunda Bogor?

Jika menilik dari sejarah, pada awalnya kujang merupakan alat pertanian yang digunakan oleh masyarakat Sunda untuk berperang mengusir penjajah. Pada abad ke-9 dan ke-12  Kujang bermetamorfosis bukan lagi sebagai alat pertanian tetapi menjadi pusaka simbolik yang sakral. Pusaka tradisional yang bernama Kujang ini memiliki arti yang sangat penting bagi masyarakat Jawa Barat, khususnya Bogor, sehingga menjadi lambang sejarah kota.

Asal kata Kujang memiliki beberapa versi. Versi pertama mengatakan bahwa kata K ujang berasal dari bahasa Sunda kuno “Kudi” dan “Hyang“. Kudi berarti senjata yang memiliki kekuatan gaib, sedangkan Hyang berarti Dewa. Namun, versi kedua  mengaitkan dengan kata “Ujang” alias manusia.

Mengapa Kujang dan Budaya Sunda Bogor hubungannya sangat erat? Pada paragraf sebelumnya sudah disinggung bahwa Kujang adalah senjata pusaka dari masa Kerajaan Sunda abad 12-15 yang memiliki ibukota di Pakuan Pajajaran. Dimana sih letak Pakuan Pajaran? Pakuan Pajajaran berlokasi di Bogor jika ditilik dari literatur sejarah.

Salah satu raja di Kerajaan Sunda yang terkenal adalah Prabu Siliwangi. Beliau menetapkan “Bogor” sebagai ibu kota kerajaan di tahun 1482. Oleh karena tanggal 3 Juni 1482 dimana hari penobatan Prabu Siliwangi ditetapkan sebagai hari lahir kota Bogor. Begitulah mengapa Kujang dan Budaya Sunda Bogor sangat erat kaitannya.

Nah, seperti apa sih wujuh dari Kujang? Jika Ezytravelers sangat penasaran akan wujudnya, bisa main ke Tugu Kujang yang dibangun pada tahun 1982 pada masa pemerintahan walikota Ahmad Sobana. Pembangunagn Tugu Kujang menghabiskan dana  sekitar 80 juta rupiah. Berarti kini Tugu Kujang sudah menginjak usia yang ke-35 tahun.

Ingin mengenal lebih jauh tentang Tugu Kujang? Ternyata Tugu Kujang terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama adalah bagian badan tugu berbentuk obelisk yang ujungnya terpotong. Bagian atas terdapat ornamen berbentuk Kujang yang terbuat dari baja anti karat berukuran 7 M  dan memiliki bobot kurang lebih 800 kilogram. Diperlukan bantuan helikopter dari Lapangan Udara pada saat pemasangan ornamen berbentuk Kujang tersebut di atas tugu.

Jika Ezytravelers masih belum puas menyaksikan bentuk dari Kujang, bisa juga mengintip logo Kota dan Kabupaten Bogor loh! Kota Bogor melihat Kujang sebagai suatu pusaka dari Kerajaan Pajajaran. Bagi Kabupaten Bogor, Kujang jenis senjata tradisional masyarakat Sunda yang identik dengan keberanian dan keagungan Sunda di masa lampau dan Kujang melambangkan keperwiraan yang berarti gambaran masyarakat Bogor yang memiliki sifat tak gentar dalam menegakkan kebenaran.

Kujang sebagai icon komunitas di Budaya Sunda Bogor

Kujang sebagai Lambang yang Istimewa bagi Masyarakat Sunda

Bukan cuma bagi pemerintahan Kota dan Kabupaten Bogor saja Kujang memiliki arti yang sangat penting. Jika Ezytravelers coba search di google, banyak sekali pengusaha Bogor yang menyertakan gambar Kujang pada packaging produknya. Bahkan bukan hanya itu, banyak komunitas yang berada di wilayah Bogor menambahkan Kujang pada logo komunitasnya. Jadi jika Ezytravelers main ke Bogor, jangan heran ya Kujang ada dimana-mana. Peran Kujang sangat kental dalam Budaya Sunda Bogor.

Uniknya lagi,  lambang Kujang digunakan sebagai pertanda Pupuhu atau Ketua di komunitas Blogger Bogor yang bernama Blogor. Penyematan lambang Kujang dari Pupuhu lama ke Pupuhu baru, dilakukan pada tanggal 08 April 2017 di Agricoffee. Hal ini menjadi pertanda bahwa Budaya Sunda Bogor, tidak bisa lepas dari yang namanya Kujang.

Saatnya jalan-jalan hemat! Ambil promo menarik: Hotel di BogorPaket Wisata murah dan bisa bikin visa online dengan budget terjangkau. Mau?

Banyak hasil kerajinan berbentuk miniatur Tugu Kujang dipamerkan di tempat belanja oleh-oleh. Sebaiknya memberikan miniatur Tugu Kujang tersebut sebagai buah tangan. Sehingga, siapapun yang diberikan oleh-oleh bisa tahu mengenai Tugu Kujang. Sangat baik untuk menambah wawasan Budaya Sunda Bogor.

537 Total Views 3 Views Today
Vote Us
(Visited 51 times, 1 visits today)

Tagged: ,


About

Let's explore the world 🌎


'Kujang, Bagian Tak Terpisahkan dari Budaya Sunda Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool