Share on Pinterest
More share buttons
klenteng vihara dhanagun

Klenteng Tertua di Bogor

Hello Bogor – Berakhir pekan di Kota Bogor, banyak destinasi wisata di Bogor yang bisa dikunjungi. Mau wisata kuliner, edukasi atau melihat pemandangan yang indah. Bogor juga mempunyai Vihara atau Klenteng tempat beribadah Ummat Budha yang berada di jalan Surya Kencana. Lokasinya berdekatan dengan pintu masuk Kebun Raya Bogor, namun tempatnya agak sedikit tertutup dengan para pedagang kaki lima. Warna merah bangunan Vihara sangat mencolok mata sehingga membuat rasa penasaran untuk memasukinya. Liburan di Bogor bisa menjadi pilihan untuk keluarga.

Klenteng di Bogor

Dari Stasiun Bogor ke Klenteng ini bisa menggunakan angkutan kota 02 dan berhenti langsung di depan Klenteng, cukup membayar Rp 3000 untuk angkotnya. Klenteng Hok Tek Bio atau lebih dikenal dengan Vihara Dhanagun ini merupakan Klenteng yang pertama didirikan di kota Bogor.

Klenteng ini merupakan tempat ibadah tiga ajaran Budha, Tao dan Konghucu yang banyak dianut oleh etnis Tionghoa. Orang Tionghoa banyak sekali dipengaruhi oleh ketiga ajaran tadi. Karena Ajaran Tao dan Konghucu tidak diakui oleh Pemerintah Indonesia maka Klenteng diganti dengan istilah Vihara yang lebih dekat dengan ajaran Budha.

klenteng bogor

Sebelum masuk kedalam Klenteng, saya meminta izin kepada pengurus untuk dapat mendokumentasi Klenteng ini dengan semua aktivitasnya. Pengurusnya mempersilahkan untuk membuat foto dokumentasi dan menerangkan beberapa bagian sudut dari klenteng ini. Menjelang imlek di beberapa sudut sedang dalam renovasi untuk persiapan. Di Klenteng ini imlek dan Cap Go Meh selalu ada acara Barongsai dan Liong. Di Bulan Februari ini akan jatuh Imlek.

Klenteng ini didominasi warna merah, dan diperkirakan dibangun pada abad ke-18 ketika etnis Tionghoa sudah banyak yang bermukim di sekitar Pasar Bogor. Karena Etnis Tionghoa banyak yang berjualan di Pasar Bogor, sehingga Klenteng ini dekat sekali lokasinya dengan Pasar. Untuk memudahkan mereka untuk beribadah di Klenteng

pelita di klenteng bogor

Di salah satu sudut Klenteng, berjejer banyak Pelita yang menyala dengan ada nama di tiap Pelita yang menyala itu. Menurut kepercayaan mereka bahwa pelita yang terus menyala itu membuat hidup menjadi lebih tenang

11821 Total Views 9 Views Today
Klenteng Tertua di Bogor
4 (80%) 2 votes
(Visited 3,233 times, 1 visits today)


About

toekangpoto keliling, toekangjalan, toekangnulis perjalanan di www.kangdudi.com "berharap setiap foto dan tulisan dapat menginspirasi untuk orang banyak"


'Klenteng Tertua di Bogor' have 5 comments

  1. 02/07/2015 @ 8:21 am Adella Adiningtyas

    Ini pas banget utk wisata Bogor menjelang imlek, Mas Dud! hehe

    Reply

  2. 02/10/2015 @ 11:01 am Kartika DwiPutriani

    Pernah masuk terus diceritain sejarahnya sama dilihat bukunya yang supeeeer tebeeeel :p

    Reply

  3. 08/01/2015 @ 5:45 pm nola

    Hai, boleh minta kontak pengurus klenteng yg dapat dihubungi? Saya ingin melakukan penelitian di sana

    Reply

  4. 02/08/2016 @ 6:50 pm Een Endah

    Saya orang Bogor, belum pernah kemari…jadi pengin juga jadinua

    Reply

  5. 01/31/2017 @ 6:23 pm mulistiana

    sebenarnya saya pingin banget dateng me sebuah vihara says ingin bertanya knapa saya visa berbahasa China tionghua padahal saya tidak pernah belajar sama sekali… to long Bantu saya harus bagaimana

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool