Share on Pinterest
More share buttons

Kampung Wisata D’Jampang Bogor Mendukung Pemberdayaan Ekonomi Sosial dan Lingkungan

Ada banyak desa wisata dan kampung wisata di kawasan Bogor Barat yang perlu dieksplor dan disebarluaskan keberadaannya, karena sangat bermanfaat. Baik bagi peningkatan perekonomian masyarakat dan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) di lokasi tersebut dan sekitarnya, juga bermanfaat sebagai bentuk ekowisata bagi kita semua. Terutama, bagi kita yang di ibukota dan kawasan perkotaan yang memiliki suasana berbeda, yang dulu kita dapatkan ketika kanak-kanak. Sebab, berwisata di Bogor tentu tak hanya mal, atau wisata kuliner nan khas di kota hujan dan seribu sungai ini, namun juga bisa ekowisata, istilahnya, dengan lingkungan yang asri dan suasana perdesaan yang sejuk dan menyenangkan. Terutama bagi anak-anak yang mungkin, belum pernah kaki-nya becek di sawah dan melihat dengan mata kepala sendiri Sapi, Kerbau dan Hewan ternak di alam liar terkecuali pas Idul Adha.

Kampoeng Wisata Pemberdayaan D’Jampang, sebagai tagline dari D’Jampang ini memenuhi kriteria tersebut. Desa Jampang, dimana lokasi ini berada, sekaligus menjadi nama tempat ini, juga sebuah proyek pemberdayaan bekerjasama dengan Dompet Dhuafa. Sehingga, kegiatan yang ada menyasar peningkatan perekonomian masyarakat untuk lebih baik.  Juga untuk pengunjung yang berupa Homestay Seni dan Budaya, Bersepeda dan Outbond, juga Agrowisata.

Kampoeng Wisata D'JampangKampoeng Wisata DJampang
fasilitas yang ada di DJampangfasilitas yang ada di DJampang

Beragam bentuk pemberdayaan di desa wisata D’jampang antara lain industri keripik, peternakan kambing, perikanan darat (empang) dan ikan hias, yang memberdayakan penduduk sekitar. Selain itu, aspek pendidikan tak ditinggalkan, justru disini ada Kampung Inggris yang aktif belajar bahasa inggris sehari-hari untuk anak-anak. Kegiatan beladiri seperti Silat Jampang dan olahraga memanah yang asyik dan mengasah ketajaman fokus anak-anak maupun dewasa juga disediakan.

Yuk ikuti aktivitas Silat Jampang yang legendarisYuk ikuti aktivitas Silat Jampang yang legendaris
Anak-anak ini persiapan mengikuti kejuaraan silat loh!Anak-anak ini persiapan mengikuti kejuaraan silat loh!

Selain itu, dengan area luas sekali, tempat ini juga memiliki beragam aktivitas untuk mereka yang datang berkunjung dan berwisata. Misalnya bersepeda keliling kampung, kelas-kelas bahasa inggris, juga outbond dengan fasilitas yang lengkap dan luas.

Berwisata ke Desa Wisata D’jampang, dalam rangkaian tur pers bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Bogor beberapa pekan lalu (Juli) membuat saya dan rekan-rekan jurnalis terkesima dengan potensi wisata di Bogor Barat. Bertempat di Kampung Pulo, Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, beragam aktivitas dapat dilakukan.

Kolam ini didukung pula oleh banyak pihak guna pemberdayaan ekonomi masyarakatKolam ini didukung pula oleh banyak pihak guna pemberdayaan ekonomi masyarakat
anak kecil mengasah golok .. Jampang gitu loh!anak kecil mengasah golok .. Jampang gitu loh!
Kolam luas untuk ikan mas koki dan beragam ikan lainKolam luas untuk ikan mas koki dan beragam ikan lain

Sentra Produksi peningkatan perekonomian masyarakat dengan budidaya jamur, perikanan hias, dan sentra industri keripik lele merupakan hal yang menarik untuk disambangi sembari berwisata dengan sepeda yang disediakan pihak Djampang.

Ini adalah bahan untuk membiakkan jamurIni adalah bahan untuk membiakkan jamur
Tempat budidaya jamurTempat budidaya jamur
Sentra Jamur JampangSentra Jamur Jampang
Tempat budidaya jamurTempat budidaya jamur

Outbond dan Gathering dengan fasilitas inap untuk rombongan pun disediakan dengan mengambil rumah-rumah yang sudah disediakan. Rumah-rumah ini kerjasama antara Kampung Wisata Pemberdayaan Djampang dengan penduduk sekitar. Konsep ini cukup berhasil dengan kerjasama kolaborasi dalam peningkatan taraf hidup dan juga mengajak pengunjung menikmati hidup sederhana dengan berbagai aktivitas sosial kemasyarakatan yang kental.

Selain itu, kita dapat pula mengikuti aktivitas olahraga seperti Silat Jampang dari Betawi, Memanah target dan outbound di lapangan yang luas.

Nah, ini tempat sasaran tembak untuk panahanNah, ini tempat sasaran tembak untuk panahan
Lapangan luas untuk outbondLapangan luas untuk outbond
outbond yang asyik juga diadakanoutbond yang asyik juga diadakan
kampung wisatafasilitas ini lumayan lah untuk mengasah otot motorik dan adrenalin serta semangat kesatuan esprit de corps

Rumah belajar dan produksi yang disediakan juga mengajak kita semua dan masyarakat sekitar untuk belajar bahasa inggris dan mengaji, juga melihat produksi oleh-oleh Jampang.

Rumah belajar dan produksiRumah belajar dan produksi
Belajar bahasa inggris di DJampangBelajar bahasa inggris di DJampang
Hasil produksi rumah tangga di DJampang yang lezat untuk oleh-oleh, Kerupuk Stik Lele SpesialHasil produksi rumah tangga di DJampang yang lezat untuk oleh-oleh, Kerupuk Stik Lele Spesial

Pengelolaan mandiri dari Djampang ini dibantu oleh Dompet Duafa yang mengalokasikan sumber daya dan sumber dana untuk peningkatan fasilitas dan manajemen dari Kampung Wisata Pemberdayaan Djampang ini. Koperasi yang dikelola juga menjadi penjamin bagaimana perekonomian secara gotong royong dan kekeluargaan ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar Desa Jampang.

Balai tempat anggota koperasi berkumpulBalai tempat anggota koperasi berkumpul

Kolam ikan yang luas dapat menjadi pengenalan anak-anak ke alam sekitar dan juga melihat bagaimana ikan hias jenis ikan mas koki disemai dan dikembangbiakan. Di dekat lokasi itu, juga ada Wisata Ternak yang membuat anak-anak bersentuhan dengan alam, melalui kunjungan ke kandang kambing dan sapi.

kandang domba Djampangkandang domba Djampang
Wisata Ternak DJampangWisata Ternak DJampang
desa wisata d'jampangKandang sebagai bagian dari Wisata Ternak

Akhir kata, Kampung Wisata D’jampang ini memang berfungsi sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat, juga pemberdayaan aktivitas sosial dan lingkungan yang bermanfaat. Sudah selayaknya, sebagai warga jabodetabek untuk sesekali mengunjungi tempat ini yang tak begitu jauh dari Pusat Kota Bogor, maupun dari Jakarta melalui rute Parung. Baik dari jalan tol Bogor Outer Ring Road melewati Pertigaan Yasmin menuju Parung, maupun dari Ciputat-Parung ke Jampang yang persis berada di pinggir jalan utama Parung Bogor. Info lebih lanjut bisa cek ke websitenya yaitu www.wisatadjampang.com

 

Ezytravel.co.id memberikan kemeriahan dengan diskon besar-besaran dan Menangkan Tour Korea gratis di PESTA ULANG TAHUN KE 5

 

3378 Total Views 7 Views Today
Kampung Wisata D’Jampang Bogor Mendukung Pemberdayaan Ekonomi Sosial dan Lingkungan
3 (60%) 2 votes
(Visited 1,882 times, 6 visits today)


About

managing editor-at-large ----- travel, tech, edu, lifestyle blogger at unggulcenter.org


'Kampung Wisata D’Jampang Bogor Mendukung Pemberdayaan Ekonomi Sosial dan Lingkungan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool