Share on Pinterest
More share buttons

Kampoeng Wisata Rumah Joglo, Libur Nuansa Jawa di Tatar Sunda

Suku Jawa memang salah satu etnis yang terbesar di Indonesia. Apabila kita berencana untuk wisata di bogor dengan menginap di hotel di bogor pun pasti deh, ada mas-mas dan mba-mba yang berasal dari etnis jawa entah sebagai pelayan kafetaria, pedagang, karyawan, bahkan juga manajer hotel yang kita inapi. Hal ini bukan hal yang sepenuhnya negatif, karena kebutuhan sumber daya manusia yang begitu besar. Itupun kita “kelebihan” SDM dengan mengirim mereka-mereka menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Luar Negeri.

Di Bogor, yang notabene berada di pulau Jawa dan dekat dengan Ibukota yang menjadi magnet tujuan mengadu nasib banyak orang dari pelosok-pelosok se Indonesia, juga memiliki proporsi penduduk dari Jawa yang cukup besar. Tengok saja, ketika arus mudik tiba, penghuni Jabodetabek yang jumlah totalnya kurang lebih 15 juta jiwa (Jakarta saja 10 juta jiwa) mememerlukan penanganan khusus pra dan pasca arus mudik di saat Idul Fitri maupun Natal dan Tahun Baru.

Mereka yang bekerja di Bogor, khususnya, dan Jabodetabek pada umumnya, tentu kangen dengan kampung halaman. Sekali waktu, bisa pulang kampung sangat lah indah. Namun tentu memerlukan biaya. Oleh karena itulah, saat mudik lebaran dan natal dan tahun baru jadi ajang arus mudik dan balik yang tak pernah surut.

Untuk memuaskan dahaga, maka di Bogor ternyata ada loh, tempat wisata yang bernuansa Jawa. Dalam hal ini, rumah-rumah bergaya “Joglo” alias rumah Jawa yang tradisional. Tempat ini sangat adem, selain cocok dengan gaya liburan masyarakat Indonesia yang memerlukan ruang yang luas dan kekeluargaan, juga menawarkan pelbagai atraksi hiburan untuk kita semua.

Jadi, Kampoeng Wisata Rumah Joglo ini, demikian namanya dapat dimanfaatkan maksimal oleh kita semua untuk outing kantor, family outbond dan seterusnya yang rindu suasana pegunungan dan segar, dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan menghalau stres pekerjaan setiap harinya.

Logo kampoeng wisata Rumah JogloLogo Rumah Joglo persis didalam gerbang langsung menyambut pengunjung
gerbang masuk Kampoeng Wisata Rumah Joglogerbang masuk Kampoeng Wisata Rumah Joglo

Berlokasi di kawasan Ciampea, Bogor Barat, tempat ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam dari pusat kota Bogor. Jika ingin ke sini, cari saja rute menuju Jl. Situ Hayang No 1 B, Kampung Tegal Waru, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Jika masih bingung, bisa juga mengirim email ke kampoengwisatarumahjoglo@gmail.com atau menelepon ke 0251 862 069.

Aktivitas yang ditawarkan antara lain paint ball, kolam pancing, melukis, outbond, flying fox dan juga paket wisata yang sudah disiapkan oleh pihak wisata Rumah Joglo untuk rombongan yang datang.

beragam aktifitas dalam wisata rumah jogloIni dia beragam aktivitas yang bisa diikuti
joglo-joglo dilihat dari jauhjoglo-joglo dilihat dari jauh
Rumah Joglo, Khas JawaRumah Joglo, Khas Jawa, disini pendopo untuk melepas lelah. Ada juga rumah-rumah yang diperuntukan untuk menginap dengan beberapa paket ruang berbeda

Semua bentuk aktivitas kebudayaan dan edukasi ini dapat Anda nikmati melalui paket-paket yang tersedia, mulai dari 85ribu per pax hingga 250ribu per pax dengan fasilitas berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung.

paket wisata rumah joglo bogorpaket wisata rumah joglo bogor

Rumah-rumah yang ada beragam. Untuk tempat tidur, ada rumah joglo yang muat dua orang hingga muat untuk sekitar 30 orang.  Terdapat pula balai yang besar untuk aktivitas berkumpul pengunjung rombongan.

Rumah Joglo untuk menginap pengunjungRumah Joglo untuk menginap pengunjung
Ademnya menginap di rumah jogloAdemnya menginap di rumah joglo
Ini beberapa rumah joglo kecil yang berdekatanIni beberapa rumah joglo kecil yang berdekatan

Suasana di Rumah Joglo ini juga adem dan nyaman.  Menempati kawasan seluas 2,5 ha, kawasan Rumah Joglo yang luas dan berbatasan dengan aliran sungai yang mengalir serta lokasi yang berundak-undak memang nyaman untuk getaway, kabur dari keriuhan ibukota sejenak.

Berbagai landmark khas pedesaan di Jawa juga dapat kita lihat. Ada becak, gerobak, dan berbagai kendaraan tradisional di tempat ini. Juga sebuah kereta kencana Jawa yang berada di pendopo atau balai besar untuk kita semua berkumpul bersama.

Gerobak yang menambah suasan tradisional dan perdesaanGerobak yang menambah suasan tradisional dan perdesaan
becak-becak dan pohon yang ademkan suasanabecak-becak dan pohon yang ademkan suasana
Pendopo besar untuk gatheringPendopo besar untuk gathering

Sejak didirikan tahun 2012 lalu, Kampoeng Wisata Rumah Joglo sempat tak terdengar kabar, dikarenakan manajemen yang berubah, namun pertengahan 2016 ini, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Bogor dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor turut membantu publikasi dikarenakan potensi Kabupaten Bogor yang besar dalam hal wisata. Kebetulan, sebagai jurnalis, saya (penulis) diundang turut serta meliput suasana di tempat ini walaupun tak menginap.

Jalan setapak menambah suasana pedesaanJalan setapak menambah suasana pedesaan
Sungai mengalir tepat di dalam kampung wisataSungai mengalir tepat dibawah kawasan ini, bisa dimanfaatkan untuk kegiatan Rafting

Hmmm.. mungkin lain kali, Hello Bogor diberikan kesempatan untuk menjajal lebih lanjut fasilitas yang ada dan mengabarkannya. Untuk sementara, tempat yang bakalan jadi favorit ini perlu untuk disebarluaskan keberadaannya, terutama bagi yang ingin suasana tradisional Jawa yang berbeda, di tengah suasana tatar Sunda yang kental di Bogor Pakuan.

Biar gantengnya kelihatan foto di dalam rumah jogloBiar gantengnya kelihatan, menghadap depan ya hehe
Narsis dulu pake baju kampret sunda hihiNarsis dulu pake baju kampret sunda hihi

 

Cek Promo PEVITA (pembuatan Visa & Paspor) Disc sampai dengan Rp75.000 , dan Promo lainnya| by. ezytravel

 

1591 Total Views 3 Views Today
Kampoeng Wisata Rumah Joglo, Libur Nuansa Jawa di Tatar Sunda
Vote Us
(Visited 578 times, 1 visits today)


About

managing editor-at-large ----- travel, tech, edu, lifestyle blogger at unggulcenter.org


'Kampoeng Wisata Rumah Joglo, Libur Nuansa Jawa di Tatar Sunda' have 1 comment

  1. 09/25/2016 @ 6:02 pm Dedew

    wahhh baru tahu ada yang seperti ini, kalau kangen kampung halaman dan nggak sempat mudik bisa ke sini aja yaaa hihihi

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool