Share on Pinterest
More share buttons
Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampoeng Wisata Cinangneng, Pesona Indahnya Pedesaan di Pinggiran Bogor

Lari dari rutinitas diakhir pekan untuk mengunjung tempat-tempat yang bisa melepas penat adalah hal yang biasa dilakukan terutama bagi pekerja kantoran. Weekend berarti waktu untuk keluarga, yang bisa dihabiskan untuk berkumpul dan jalan-jalan bersama keluarga.  Bisa olahraga ke Sempur di pagi hari, belanja baju dan pernak-pernik lucu, wisata kuliner semacam jajan kue cubit, sampai berendam air panas, semua bisa ditemui di kota hujan ini, Bogor! Jadi, gak harus traveling ke Malang lho (edisi lagi kangen Malang). Tapi, kalau pengennya jalan-jalan sambil belajar, terutama untuk mengajarkan tentang alam, seni, sambil kumpul-kumpul asik sekeluarga ada nggak Angga? Nah, bagaimana kalau mencoba berwisata ke Kampoeng Wisata Cinangneng, sebuah objek wisata di Bogor dengan konsep agrotourism/agrowisata.

Mengenalkan seni dan budaya Indonesia kepada anak tidaklah bisa hanya dari

buku…”

IMG_2058

Pemandangan Kampoeng Wisata Cinangneng, adem, tenteram, dan hijau! (dok: Annisa A. Ikhsania)

Kampoeng Wisata Cinangneng merupakan tempat wisata edukasi bernuansa pedesaan dan terletak dipinggiran Kota Bogor. Objek wisata ini melibatkan masyarakat setempat dalam kegiatan wisatanya. Kegiatannya berupa keliling ke desa-desa sekitar, menanam padi, dan memandikan kerbau. Nah kalau kegiatan seninya, berupa bermain gamelan, membuat wayang dari daun singkong, membuat makanan dan minuman tradisional khas Bogor. Kegiatan utamanya adalah mengenalkan seni dan budaya lokal sambil bersantai. Konsep agrotourism ini semakin terasa karena didukung oleh lokasi dan tempat yang jauh dari hingar bingar perkotaan. Adem, tenteram, dan hijau 🙂

budaya sunda

Mencintai warisan budaya Indonesia 🙂 (dok: Annisa A. Ikhsania)

Lokasi Kampoeng Wisata Cinangneng ini berada di sebelah Barat Kota Bogor, tidak jauh dari kampus IPB Dramaga. Kalau dari kampus IPB Dramaga, kita bisa ke arah Cibanteng, kemudian masuk ke Desa Cihideung Udik dari Jalan Raya Cibanteng. Patokannya mencapai tempat ini adalah Kolam Renang Tirta Ayu. Setelah itu tanyalah penduduk sekitar, pasti tahu lokasi Kampoeng Wisata Cinangneng ini hihi…

budaya sunda

Pengunjung yang rata-rata pelajar SD-SMP diajarkan budaya lokal (dok: Annisa A. Ikhsania)

Sedikit mengulas sejarah tempat ini, awalnya tahun 1994 pemilik yang bernama Ibu Hester Basoeki membeli tanah di Desa Cinangneng untuk dibangun guest house milik pribadi. Namanya pribadi ya hanya untuk beliau dan keluarganya saja. Kemudian guest house tersebut ditawar-tawarkan kepada teman-temannya yang mayoritas orang asing. Informasi dari mulut ke mulut dan menyebar leaflet ke perusahaan dan sekolah-sekolah sebagai awal promosi inilah yang membuat Kampoeng Wisata Cinangneng ini menjadi laku dan mulai berdatangan pengunjung-pengunjung lainnya.

Guest House Bogor

Di dalam Guest House, antik ya? (dok: Annisa A. Ikhsania)

Karena suasana pedesaan yang nyaman, wisatawan tersebut menyarankan untuk menjadikan tempat ini sebuah obyek wisata melihat potensinya yang sangat besar. Hal ini didukung oleh lokasinya yang berada di desa. Setiap pagi, penduduk setempat melakukan kegiatan yang mencirikan kehidupan desa yaitu menanam padi dan bajak sawah. Baru pada tahun 2000 diresmikan menjadi Kampoeng Wisata Cinangneng. Luas tempat ini dahulu 700 meter persegi, namun sekarang sudah diperbesar menjadi 1,5 hektar. Jadi, awalnya dibangun guest house dahulu, baru kemudian ada Kampoeng Wisata Cinangneng ini. Untuk asal usul nama Kampoeng Wisata Cinangneng, karena sungai yang mengalir di area wisata itu bernama Sungai Cinangneng. Nah kalo eneng, asal usulnya dari mana? Tulang rusuk abang ya? (abaikan…)

Pengunjung sedang beristirahat sambil mencoba membuat kerajinan wayang dari daun singkong (dok: Annisa A. Ikhsania)

Fasilitas yang disediakan ditempat ini berupa kebun, sawah, sungai, penginapan, kafe, dan gift shop. Fasilitas pendukungnya antara lain saung atau pendopo, tempat parkir, dan toilet. Sejauh ini pengunjung memiliki kesan yang baik dilihat dari segi fasilitas dan kegiatan, juga karena tempatnya yang tidak jauh dari Kota Bogor dan Jakarta. Namun akses jalan sangat sempit sedikit menyulitkan terutama pengunjung yang membawa kendaraan seperti mobil. Tempat ini ramai pada saat weekdays karena banyak sekali anak-anak sekolah datang untuk fieldtrip mengenalkan budaya asli Indonesia.

Guest House Kampoeng Wisata Cinangneng

Lobby di Guest House Kampoeng Wisata Cinangneng (dok: Annisa A. Ikhsania)

Souvenir

Souvenir yang dijual disini, semuanya merupakan hasil kerajinan penduduk setempat (dok: Annisa A. Ikhsania)

Tertarik berkunjung ke tempat ini?

Yuk! Belajar mencintai budaya Indonesia sambil berwisata 🙂

18597 Total Views 14 Views Today
Kampoeng Wisata Cinangneng, Pesona Indahnya Pedesaan di Pinggiran Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 7,409 times, 5 visits today)


About

A Diver, Marine Scientist, Photographer. Sometimes I must do a research into around the Indonesia Sea, and travelling was a pretty awesome thing to do.


'Kampoeng Wisata Cinangneng, Pesona Indahnya Pedesaan di Pinggiran Bogor' have 3 comments

  1. 02/28/2015 @ 10:22 pm delladiningtyas

    cus lah kesini deket kampus~

    Reply

  2. 02/28/2015 @ 11:00 pm CITRA

    itu harus rombongan ga sih? pengen masa huhu

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool