Share on Pinterest
More share buttons
Jembatan Merah

Jembatan Merah Bogor

Jika menyebut Jembatan Merah di Kota Bogor orang langsung teringat akan jembatan tersebut di Kebun Raya Bogor. Konon katanya jika ada sepasang kekasih yang melewati jembatan tersebut akan segera putus dan menjadi jomblo. Namun Jembatan merah yang dimaksud dalam judul di atas bukan jembatan merah yang di Kebun Raya Bogor namun jembatan merah yang berada di pusat kota tepatnya di Jalan Kapten Muslihat yang menghubungkan dengan Jalan Merdeka dan Jalan Veteran. Jadi kalau sedang berwisata ke Kota Bogor jangan lewatkan kesempatan untuk melintasi jembatan tersebut.

jembatan merah bogor

 

jembatan merah bogor

 

Sebenarnya apa sih keunikan dari jembatan merah tersebut? Jawabannya adalah : Sejarah. Jembatan ini dibangun pada tahun 1881 bersamaan dengan diresmikannya Stasiun Bogor. Sejak awal didirikan jembatan ini sudah diberi warna merah bata. Terlebih saat perang kemerdekaan, tempat ini juga menjadi saksi perjuangan tentara BKR yang dipimpin oleh Kapten Muslihat melawan penjajahan Belanda. Para pejuang yang datang dari arah Jalan Veteran berusaha memasuki wilayah yang dikuasai Belanda yaitu gedung di samping Matahari Dept Store  yang kini menjadi Kantor Polresta Bogor tersebut. Di atas jembatan inilah pertempuran sengit terjadi. Banyak korban dari kedua belah pihak bergelimpangan di jembatan ini. Banyak darah berceceran, semakin menasbihkan nama jembatan merah yang lekat dengan darah. Pada saat era orde baru, jembatan tersebut di cat warna kuning, namun tetap saja orang menyebutnya jembatan merah. Mungkin di situ keunikannya. Jembatan warna kuning kok disebut jembatan merah.

Lokasi Jembatan merah sangat strategis. Tepat berada di pusat kota dan keramaian kota Bogor. Dekat dengan Stasiun Bogor dan Jalan Merdeka yang merupakan pusat perdagangan. Selain itu dekat juga dengan Pasar Devris yang siangnya berfungsi sebagai pasar tradisional namun jika malam berubah menjadi sentra kuliner.

Saat ini kondisi Jembatan Merah dipercantik dengan hiasan tulisan JEMBATAN disisi sebelah kiri dan MERAH disisi sebelah kanan. Jika malam hari terlihat lebih cantik karena terdapat lampu yang memperjelas tulisan JEMBATAN MERAH.

Jadi jika singgah ke Bogor jangan lewatkan kesempatan untuk mampir atau melewati jembatan legendaris tersebut.

 

jembatan merah bogor

Jembatan Merah di sisi kiri

 

jembatan merah bogor

Jembatan Merah di sisi kanan

20408 Total Views 7 Views Today
Jembatan Merah Bogor
4.7 (93.33%) 3 votes
(Visited 6,722 times, 2 visits today)


About

Simple | Unique | Friendly


'Jembatan Merah Bogor' have 6 comments

  1. 03/05/2015 @ 12:05 pm kania

    Saat peserta Pemilu masih 3 partai, warna jembatan disesuaikan dengan jadwal kampanye partai, merah, hijau atau kuning. Warna kuning di jembatan merah pada jaman orba karena pastilah partai itu yg menang .

    Reply

    • 03/06/2015 @ 10:17 am Harris Maulana

      Kalo sekarang kembali ke khittah warna merah, ditegaskan lagi dengan tulisan besar2 Jembatan Merah 🙂

      Reply

  2. 03/06/2015 @ 8:11 am delladiningtyas

    kalau dulu lewat jembatan ini ngerasa gelap banget, beda sama sekarang yang udah ada warna merahnya huakakak!

    Reply

  3. 03/06/2015 @ 11:38 am MT

    merahhhhhh!

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool