Share on Pinterest
More share buttons
Kebun Durian

Jalan-jalan Sore di Bogor

Buat kamu yang tau, pernah mendengar, atau melakukan wisata ke Bogor namun hanya tau Kebun Raya Bogor saja sebagai referensi jalan-jalan bernuansa alam. Kamu kurang gaul! Mungkin banyak pendatang yang berwisata ke Bogor namun belum pernah berkunjung ke Kebun Durian Warso. Bogor punya Kebun Durian Warso yang berlokasi di jalur alternatif menuju Sukabumi, tepatnya di daerah Cijeruk, Desa Cihideung. Kebun Durian Warso bisa menjadi salah satu pilihan tempat kumpul keluarga sekaligus menikmati hijaunya alam dan menghabiskan waktu liburan di bogor.

Pada siang hari yang tidak terlalu panas, kami memilih rute batu tulis menuju Kebun Durian Warso. Jalan yang kami tempuh tidak terlalu lebar, di tepi kanan dan kiri jalan terdapat tebing dan rumah-rumah penduduk yang dibangun di atasnya. Lahan parkir Kebun Durian Warso hari itu dipadati oleh bus-bus yang mengangkut siswa-siswi dari Tangerang. Kami pun mengabadikan gambar di depan patung durian besar sebelum masuk ke dalam kawasan Kebun Durian Warso.

Kebun Durian Warso Bogor

Belajar sepanjang hayat atau long life education menjadi tulisan yang cukup mencolok dan menarik perhatian saya selain patung durian besar dan patung buah naga di atasnya. Manusia memang tak akan pernah berhenti belajar, belajar berbagai hal termasuk belajar dari alam dan mensyukuri ciptaan-Nya.

Kebun Durian Warso Bogor

Masuk ke area perkebunan pun tidak dipungut biaya untuk sekedar mengagumi keindahan kebun durian dan buah naga yang tertata rapi dengan latar Gunung Salak di belakangnya. Terdapat kolam air mancur dengan ikan bawal di dalamnya dan kandang burung merpati di atasnya.

Kebun Durian Warso Bogor

tampak bawah

Kebun Durian Warso Bogor

tampak atas

Kebun Durian Warso Bogor

Kebun Durian Warso, merupakan milik seorang pensiunan TNI AD bernama Bapak Soewarso Pawaka, menyediakan tempat khusus bagi pengunjung yang ingin menyelenggarakan family gathering dan tempat untuk mencicipi berbagai olahan buah durian yang bisa dimakan langsung atau dibawa pulang. Durian memang menjadi primadona utama perkebunan ini, namun ada juga tanaman lain yang dirawat seperti buah naga, nangka, jambu air, dan jeruk limo.

Kebun Durian Warso Bogor

Tempat pembuatan pupuk pun tak luput dari penglihatan saya, walaupun agak bau saat melewatinya, tempat pembuatan ini terlihat cukup memadai.

Kebun Durian Warso Bogor

tempat pengolahan pupuk

Mengunjungi kebun durian warso bisa menjadi referensi jalan-jalan sore, tapi  jangan lupa perhatikan cuaca. Puas melihat-lihat area perkebunan, kami disambut hujan deras. Jalan-jalan sore kami pun berakhir tanpa sempat mencicipi buah durian yang dibandrol harga Rp 45.000 / kg . Pengunjung juga dapat menghubungi pihak kebun durian warso terlebih dahulu untuk memastikan bahwa durian yang diinginkan tersedia. Kunjungan pertama saya ke kebun durian warso ini sangat berkesan dan harus datang lagi untuk kunjungan berikutnya demi mencicipi manisnya durian dari kebun pak warso.

21167 Total Views 9 Views Today
Jalan-jalan Sore di Bogor
5 (100%) 3 votes
(Visited 7,659 times, 1 visits today)


About

Part of Disaster Management Student at Indonesia Defense University


'Jalan-jalan Sore di Bogor' have 29 comments

  1. 02/04/2015 @ 2:33 am Reni Indriaty

    Hadeeehhhhh tengah malem gini kenapa jadi pingin duren ya

    Reply

    • 02/04/2015 @ 8:32 pm Phenyukerooo

      Ke sop duren aja teh kalo ga ketemu 😀

      Reply

    • 12/22/2015 @ 10:34 pm buyung

      duren bukan bersal dari kebun warso farm, kebanyakan diambil dr kebun penduduk sekitar, qualitas duren tdk terjamin baik rasa maupun harga, pemebeli tdk bisa tuker jika duren yg telah dibuka jelek rasanya, harga tdk terbuka meskipun tertulis 45rb/kg namun berat dan harga satuan tdk di sebutkan
      karyawan hanya menjumlahkan secar langsung dgn kalkulator menyebutkan jumlah (diperkirakan lebih mahal 25-40rb dr harga pasaran)
      apalagi hr libur besar kemungkinan tidak terlayani utk memilih rasa dan menanyakan harga tidak mungkin.
      banyak tulisan bismillah tiap sudut, namun mushola yang tersedia hanya 1 dan hanya memuat 5 org dan bergabung dgn para wanita pada hari libur utk sholat antri panjang…padahal luas kebun duren puluhan hektar, musholanya hanya ukuran 4×4 ukurannya

      Reply

  2. 02/04/2015 @ 8:04 am Indriyatno Banyumurti

    Nah ini… parah aku belum pernah kesana…. Harus dateng pas musimnya kali yah?

    Reply

  3. 02/04/2015 @ 8:27 am Kartika DwiPutriani

    sama.. aku juga belum pernah ke sini :((
    kayanya asyiiikk.. dan aku baru tau kalo pohon buah naga itu kaya gitu, lucuuuuuu hihi *.*

    Reply

  4. 02/04/2015 @ 10:29 am Melly Feyadin

    Sekarang lg musim Duriaaaaan, enak nih bisa kesana, bisa pake motor kan ven?

    Reply

  5. 02/06/2015 @ 10:48 pm Angga Dwinovantyo

    Kebun duren?? Surgaaaa :))

    Reply

  6. 02/18/2015 @ 2:03 pm Rodame MN

    Ini uda sering banget masuk TV ya, tetep aja belum kesampen kesananya hehe 🙂 milih buah durian trus ditimbang dibelah dimakan disitu nikmatnya 🙂

    Reply

  7. 02/21/2015 @ 12:41 pm isna

    Aduh..menarik banget buat ke situ, Ven..
    Mauuuu! #notedtolist

    Reply

  8. 05/08/2015 @ 5:19 pm putri

    siapa yang buat patung duriannya

    Reply

    • 05/09/2015 @ 5:13 am Gioveny

      waduh nggak tanya juga tuh aku pas kesana 😀
      mungkin memang mesti kesana lagi supaya tau 🙂

      Reply

  9. 08/24/2015 @ 9:17 am M. iqbal putra

    kayanya asik tuhh… saya minta info contaknyaa dan setiap saya telepon tidak pernah bisa
    saya ingin berkunjung ke sanah tgl 7 september tolong minta info nya pada hari senin apa bs kita berkeliling di taman

    Reply

  10. 11/28/2015 @ 12:33 pm putri christina winarni

    alhamdulillah kebetulan sekali yang buat patung durian itu bapaku juga tulisan2nya.. dan patung2 lainnya
    nama beliau Gatot djoko pramono raharjo.. klu mau kesana bisa di tanyakan,, dan di bantu di jelaskan lumayankan jalan2 terus dapat ilmu

    Reply

  11. 11/28/2015 @ 12:44 pm putri christina winarni

    dan bapaku sama sama kelola di sana,pemateri juga.. banyak mahasiswa2 yg kesana untuk menggali ilmu

    Reply

  12. 02/26/2016 @ 6:06 am 6 Destinasi Petik Buah Naga di Pulau Jawa – Traveling Yuk

    […] Warso Farm, Bogor [image source] […]

    Reply

  13. 04/21/2016 @ 5:05 pm Chandra

    q belum tau…..dmn ya…..? q didaerah jasinga

    Reply

  14. 04/26/2016 @ 8:31 am M@i

    Nomer telp kebun durian warso farm susah sekali di hubungi. Ada referensi nomer telp yg dapat di hubungi tidak? Mw tanya ne, musim durenya bulan ap? Biar ga sia sia dateng kesana

    Reply

  15. 06/17/2017 @ 4:08 pm putri

    no bapakku saja..

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool