Share on Pinterest
More share buttons
Ramadhan di Bogor

Jalan-Jalan Sehari Sambil ‘Ngabuburit’ ala HelloBogor

Marhaban ya Ramadhan, bulan suci Ramadhan telah datang menghampiri umat muslim di seluruh dunia. Sebelum puasa menjelang, Bogor memiliki tradisi cucurak alias makan bersama sebelum berpuasa. Nah saat menunggu buka puasa, ada istilah ngabuburit yang biasanya dilakukan oleh para pencari takjil 😀

hellobogor.com

Susi Dwi Hanifah dalam artikelnya menyebutkan bahwa istilah ngabuburit berasal dari bahasa Sunda dengan akar kata “burit” yang artinya sebuah representasi waktu yang menunjukkan mulainya malam hari. Nah, sekarang istilah ngabuburit sudah dipakai oleh semua orang yang mengartikannya sebagai kegiatan mengisi waktu sampai tiba saatnya berbuka puasa. Orang sunda pada masa itu selalu ngabuburit di tajug atau surau, mereka bersemangat pergi ke tajug untuk solat Maghrib berjamaah dan mengaji, lalu pulang ke rumah setelah salat Isya berjamaah. Tradisi ngabuburit yang dilakukan masyarakat Sunda tempo dulu juga diisi dengan beragam permainan rakyat, misalnya petak umpet dan gatrik. Untuk memeriahkan suasana, anak-anak di daerah perkampungan biasanya bermain lodong atau jeblugan untuk perang-perangan dengan media bambu yang dibuat mirip sebuah meriam dan diisi dengan karbit hingga menghasilkan suara dentuman. Istilah ngabuburit telah dikenal luas di tanah Sunda, yuk ngabuburit sambil wisata di Bogor! agar puasa tak terasa tau-tau sudah bedug aja. Dari arah Jakarta, kita keluar di gerbang tol Citeureup untuk melihat-lihat beragam kain dan pakaian jadi di Ruko Anggada Indah. Anggada juga banyak menjual barang-barang stock lot garment, baju-baju branded original yang bisa kita beli dengan harga murah, atau setengah harga dari aslinya, ada juga kain-kain cantik untuk dijahit dan bisa dipakai saat lebaran nanti.
stock lot

hellobogor.com

Ngabuburit nggak mesti harus belanja sih, bisa juga jalan-jalan murah dari museum ke museum. Mulai dari wisata sejarah ke Museum Perjuangan Bogor yang letaknya dekat dengan Stasiun Bogor. Cukup membayar 3000 rupiah, kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru seputar sejarah Kota Bogor. Bila kita membayangkan kehidupan masa lampau saat manusia menggunakan barang-barang yang tampak asing untuk era modern saat ini, masih bisa kita lihat di Museum Pasir Angin. Museum Etnobotani, Zoologi, Moseleum Van Motman di Bogor, dan Museum Mobil menambah pilihan tempat ngabuburit yang pas dikantong. Puasa sambil menuntut ilmu, makin tambah deh pahala ibadahnya.

cukuptau[dot]wordpress[dot]com

Pusat-pusat perbelanjaan modern di Bogor pun siap menyediakan beragam koleksi pilihan untuk dikenakan saat hari raya nanti, mulai dari kerudung dan aksesorisnya, pakaian, baju koko, sarung, sampai alas kaki. Hunting foto juga bisa dilakukan menjelang waktu buka puasa, Gunung Pancar dan taman ilalang menjadi tempat yang menarik untuk berfoto dengan berbagai gaya.

hellobogor.com

Semakin bogoh ka bogor deh jadinya, wisata edukasi sampai wisata belanja semuanya tersedia dan menjadi pilihan menunggu buka puasa. Masih bingung ngabuburit dimana? yuk liburan ke Bogor 😀

3318 Total Views 6 Views Today
Jalan-Jalan Sehari Sambil ‘Ngabuburit’ ala HelloBogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 569 times, 1 visits today)


About

Part of Disaster Management Student at Indonesia Defense University


'Jalan-Jalan Sehari Sambil ‘Ngabuburit’ ala HelloBogor' have 4 comments

  1. 06/29/2015 @ 8:27 pm Fakhri

    Wah ada museum mobil di bogor ?
    Dimana yah?

    Reply

  2. 07/06/2015 @ 8:20 am Dewi Rieka

    wahh iya banyak pilihan tempat ngabuburit yaaa….jadi binun iniii…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool