Share on Pinterest
More share buttons
Bogor

Jalan Jalan Sehari di Kota Bogor

Sebagai kota yang sangat dekat dengan Jakarta, Bogor sering menjadi tempat untuk refreshing di akhir pekan. TIdak heran setiap week end kota Bogor selalu terjadi kemacetan dimana-mana karena serbuan para pengunjung di sekitar Jabodetabek yang sedang berwisata ke Kota Bogor.

Ada alternatif lain untuk berkunjung ke Kota Bogor, tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi, tapi dapat memanfaatkan sarana transportasi kereta api dan angkutan umum (angkot). Hampir setiap jam selalu ada kereta yang datang dan pergi dari Stasiun Bogor menuju Kota dan Tanah Abang sampai Jatinegara. Berikut ini adalah itinerary selama sehari penuh jika ingin berwisata ke Kota Bogor menggunakan angkutan umum.

08.00 : Tiba di Stasiun Bogor setelah menggunakan kereta api dari Jakarta.

Stasiun Bogor

08.30 : Untuk mencari sarapan cobalah jalan kaki keluar stasiun melewati jembatan penyebrangan kemudian turun ke arah kanan, melewati jembatan merah, nanti ketemu pasar Devris, kemudian masuk ke Jalan Mantarena. Di sana ada pedagang Doclang, makanan khas Bogor yang rasanya cukup untuk mengganjal perut sampai siang.

Doclang Mantarena

Doclang Mantarena (Foto : Banyumurti)

09.00 : Setelah selesai sarapan, destinasi pertama yang akan dikunjungi adalah Kebun Raya Bogor. Untuk menuju ke sana cukup berjalan kaki sambil membakar kalori. Arahnya kembali menuju stasiun, kemudian lanjut sampai lampu merah kemudian ambil arah kanan. Di sana sudah sampai di kebun raya, tapi untuk masuk perlu kearah pintu masuk utama di kawasan Pasar Bogor. Sambil berjalan kita bisa melihat gereja, kantor pos lama, pelukis jalanan yang ada di sekitar kantor pos dan Museum Zoologi.

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor (Foto : Indriguli)

10.00 : Masuk Kebun Raya Bogor. Di sini kita bisa melihat berbagai macam koleksi tanaman yang dulu dikumpulkan oleh Raffless. Bisa foto-foto dulu dengan latar belakang Istana Bogor, atau melihat-lihat tanaman kaktus di Taman Meksiko. 2 jam cukup ya keliling-kelilingnya.

Rusa Istana Bogor

12.00 : Setelah keluar dari Kebun Raya di pintu yang sama, mampir sebentar ke Vihara Dhanagun yang ada di seberang jalan. Bisa foto-foto dulu karena bentuk bangunannya cukup unik.

Vihara

Suasana di dalam vihara

12.15 : Saatnya makan siang. Lanjut ke Gang Aut. Di sini sentra kuliner Bogor, silahkan tinggal pilih mana yang disuka. Untuk mencapainya bisa naik angkot 02 atau jalan kaki kalau masih kuat.

Laksa Gg Aut

Laksa Gg Aut, kuliner Khas Bogor (Foto : Banyumurti)

13.00 : Setelah makan siang, perjalanan kembali dilanjutkan. Kalau mau beli oleh2 khas seperti Roti Unyil Venus dan Asinan Gedong Dalem bisa naik 02 dan turun tepat di depan tokonya.

14.00 : Selanjutnya jika mau belanja tas bisa ke SKI Tajur. Naik 02 sampai Sukasari, lalu naik 03 sampai Bale Binarum , kemudian lanjut lagi angkot 13. Naik turun angkot sih tapi jaraknya pendek-pendek.

SKI Tajur, bukan hanya jualan tas, tapi ada juga aneka permainan anak.

16.00 Setelah puas belanja tas perjalanan bisa dilanjutkan ke Pia Apple Pie sambil minum bajigur.

17.00 : Masih belum puas, bisa kembali belanja di toko-toko factory outlet di jalan Padjadjaran. Harganya dijamin murah.

19.00 : Saatnya makan malam. Kalau mau nyobain makanan enak bisa jalan dikit ke Kedai Kita, di sana ada menu favorit mie lada hitam hot plate atau pizza bakar.

Kedai Kita

20.00 Saatnya kembali ke Stasiun Bogor tinggal naik angkot 03 jurusan Baranangsiang – Laladon. Kemudian naik kereta kembali ke Jakarta.

75357 Total Views 6 Views Today
Jalan Jalan Sehari di Kota Bogor
3.7 (73.33%) 3 votes
(Visited 28,774 times, 1 visits today)


About

Simple | Unique | Friendly


'Jalan Jalan Sehari di Kota Bogor' have 3 comments

  1. 06/07/2015 @ 4:14 am Teguh

    Tulisan perjalanan sehari di bogor yg bisa dijadikan panduan buat sy ke bogor tanpa kendaraan pribadi.

    Reply

  2. 11/17/2015 @ 10:08 am nitahair

    Waahhahaha…mantap…pengen banget ke Bogor naek commuter, jalan2, pulang hari deh sama si kecil. Panduannya mantaaapp..makasih kang

    Reply

  3. 02/01/2016 @ 12:56 pm Info Tiket Kereta Terbaru

    SKI Tajur itu seru, ada permainan bola yang di gelinding di air, saya kesana sudah lama sekali.
    Belum pernah ke sana lagi,,
    Jalan – jalan ke sana ga ngebosenin, banyak makanan enak yang bisa di cobain yang belum ada di sini..

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool