Share on Pinterest
More share buttons
mengelilingi Kebun Raya Bogor

Jalan Jalan Mengelilingi Kebun Raya Bogor

Mungkin sudah banyak orang yang memasuki kawasan Kebun Raya Bogor, salah satu tempat wisata Bogor. Tapi sudahkah ada yang mencoba mengelilinginya? Mengelilingi Kebun Raya Bogor di sini artinya adalah benar-benar mengitari KRB dengan berjalan kaki. Ternyata banyak juga momen unik yang bisa didapatkan. Jika selama ini hanya melihat dari kendaraan, dengan berjalan kaki kita bisa mendapatkan hal yang lebih detail. Kegiatan itu bisa menjadi salah satu cara menghabiskan liburan di Bogor.
 
Titik point pertama adalah Tugu Kujang. Salah satu landmark Kota Bogor berdiri megah seakan menyambut kedatangan orang-orang yang masuk Kota Bogor karena lokasinya dekat dengan gerbang masuk kota yaitu exit tol Jalan tol Jagorawi di Baranangsiang. Namun keberadaan Tugu Kujang agak terganggu dengan adanya hotel yang berdiri tepat di depannya. Hotel tersebut menghalangi pemandangan Gunung Salak yang biasanya menampakkan keindahannya jika cuaca sedang cerah yang menjadi latar belakang dari Tugu Kujang ini.

mengelilingi Kebun Raya Bogor

Tugu Kujang

Dari Tugu Kujang kemudian berjalan menelusuri trotoar ke arah Rumah Dinas Walikota yang berada di pertigaan Jalan Jalak Harupat dan Pajajaran. Pohon rindang menjadi peneduh alami sehingga tidak panas terkena sinar matahari langsung.

Saat mengelilingi Kebun Raya Bogor, pada kawasan ini terdapat penyeberangan bawah tanah yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung KRB sehingga tidak mengganggu lalu lintas. Para pengunjung bisa parkir di kawasan kampus IPB, pool Damri atau Botani Square, kemudian menyeberang melalui area tersebut.

mengelilingi Kebun Raya Bogor

Salah satu sudut Kebun Raya Bogor

Kebetulan hari itu hari minggu, jadi kita akan memasuki kawasan Car Free Day di sekitar lapangan Sempur. Kota Bogor adalah kota pertama di Indonesia yang menerapkan Car Free Day setiap minggu. Kota lain masih terbatas setiap bulan atau dua minggu sekali. Banyak aktifitas yang dilakukan warga Bogor di area CFD ini antara lain lari, bersepeda, bermain futsal dan bahkan ada yang bermain skateboard.

Namun sayang acara ini juga disusupi oleh para pedagang kaki lima yang berjualan secara dadakan dan meninggalkan sampah yang berserakan ketika acara sudah berakhir. Namun belakangan ini para pedagang tersebut sudah ditertibkan dan tidak mengganggu lagi para warga yang sedang berolahraga sehingga hal itu dapat membuat Kalian dapat mengelilingi Kebun Raya Bogor dengan nyaman.

mengelilingi Kebun Raya Bogor

Suasana di Kawasan Car Free Day

Selepas dari lapangan Sempur mulai memasuki kawasan Istana Bogor. Diawali dengan tanjakan kita akan melewati Pintu I yang merupakan gerbang utama Istana Bogor. Pintu I ini merupakan pintu khusus untuk Presiden RI jika akan memasuki istana. Tamu dan undangan lainnya memasuki Pintu II dan yang lainnya.

Pemandangan dari sini adalah banyaknya rusa tutul yang menjadi penghuni setia Istana Bogor sejak puluhan tahun lalu. Banyak anak-anak yang memberikan makan berupa wortel kepada rusa-rusa tersebut yang sudah terlihat jinak.

mengelilingi Kebun Raya Bogor

Rusa Tutul di halaman Istana Bogor

Setelah melewati Istana saat mengelilingi Kebun Raya Bogor, kita akan menemukan gereja yang masuk di area KRB dan juga Kantor Pos. Di bagian depan kantor pos ada beberapa pelukis jalanan yang memamerkan karyanya dengan gallery di sepanjang trotoar. Karyanya cukup unik dan bisa ditebus dengan harga miring. Selain itu kita juga bisa pesan foto pribadi.

mengelilingi Kebun Raya Bogor

Seniman jalanan di depan Kantor Pos

mengelilingi Kebun Raya Bogor

Gallery Lukisan
Yuk keliling Bogor! Eits, ambil tiket pesawat promopaket perjalanan wisata & cari hotel murah sekarang!

 

Selanjutnya kita hampir mendekati pintu masuk utama pengunjung KRB yang berada di kawasan Pasar Bogor. Sebelumnya kita akan melewati Musium Zoologi yang merupakan tempat koleksi fosil berbagai spesies. Museum ini didirikan sejak tahun 1920 Di seberang pintu masuk KRB terdapat Vihara Dhanagun yang bisa dimasuki untuk eksplorasi.

mengelilingi Kebun Raya Bogor

Barisan lilin di Vihara Dhanagun

Setelah pintu masuk jalanan mulai menurun dan mendekati titik awal yaitu Tugu Kujang. Perjalanan ini ditempuh kurang lebih  2 jam dengan istirahat di beberapa tempat untuk foto-foto.

Nah, bagaimana sudah siap mengelilingi Kebun Raya Bogor?

 

6155 Total Views 7 Views Today
Jalan Jalan Mengelilingi Kebun Raya Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,227 times, 1 visits today)


About

Simple | Unique | Friendly


'Jalan Jalan Mengelilingi Kebun Raya Bogor' have 15 comments

  1. 02/02/2015 @ 2:08 pm Irvan Setya

    Wuiiih, postingan pertamaa ๐Ÿ˜€

    Reply

  2. 02/02/2015 @ 2:37 pm Melly Feyadin

    Ntr nyoba ah jalan kaki keliling KRB ๐Ÿ˜€

    Reply

  3. 02/02/2015 @ 3:01 pm Selviana

    Emang seru banget keliling Kebun Raya Bogor. Momen paling ajaib itu beberapa bulan lalu lagi lari pagi eh pas di depan istana bogor (sebrang sman1 bogor) ada rusa yang lagi melahirkan. Iya… rusa melahirkan! Bisa dilihat secara live. Uwowwww…

    Reply

  4. 02/02/2015 @ 3:09 pm Edo Sadewo

    jadi pingin piknik di kebun raya ๐Ÿ˜€

    Reply

  5. 02/02/2015 @ 10:01 pm delladiningtyas

    emang beneran keliling KRB, yah, kang ๐Ÿ˜€ keliling di lingkar luar KRB oke juga ternyata!

    Reply

  6. 02/02/2015 @ 11:13 pm citra

    Aaaaahhhhh seru paraaaaaaah! Keliling KRB yang paling anti mainstream ya kayak gini. Sukaaaaaa!!!!

    Reply

  7. 02/06/2015 @ 10:41 pm Angga Dwinovantyo

    Waktu SMP pernah coba olahraga keliling KRB kaya gini kang Harris, tapi gak sekeren sekarang ini. TOP! ๐Ÿ™‚

    Reply

  8. 03/02/2015 @ 6:50 pm widiag

    Wah, lumayan juga ya ternyata spotnya, padahal urang Bogor, mengelilinginya baru pakai motor aja nih gan, jalan ah sambil hunting heee

    Reply

  9. 10/03/2015 @ 8:12 pm alce agustina

    Wuih asyiknya saya mau coba minggu besok, I’m coming…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2015ย Hellobogor.comย a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool