Share on Pinterest
More share buttons
Oleh-Oleh Bogor

Inovasi Oleh-oleh Bogor

Sepuluh atau duapuluh tahun lalu, setiap orang yang liburan di Bogor selalu mencari penjual talas. Talas Bogor dan Bangkuang adalah dua oleh-oleh yang harus dibawa pulang dari Bogor. Talasnya masih berwujud mentah. Biasanya wisatawan akan menggoreng atau merebus talas Bogor setibanya di rumah. Itulah kenangan saat liburan ke Bogor puluhan tahun yang lalu.

Zaman makin maju. Inovasi pun makin marak. Oleh-oleh khas Bogor makin beragam. Sudah tidak asing lagi jika para pelancong ke Bogor mencari Roti Unyil dan Lapis Talas. Dua brand tersebut kian hari kian identik dengan Bogor. Saking terkenalnya, sampai-sampai aku yang tinggal di Bogor paling menghindari belanja di kedua tempat penjualan tersebut karena sudah dipastikan antrean pembelinya mengular-phyton.

Sebenarnya inovasi produk oleh-oleh Bogor bukan Cuma pada dua brand itu. Masih banyak produk lainnya yang dikembangkan dalam 5 tahun belakangan ini. Aku mengenal keragaman produk oleh-oleh khas Bogor itu menyambangi sekelompok pengusaha muda Bogor. Di tempat mangkal mereka berjejer ragam produk yang mereka kembangkan bersama pemasarannya.

Yang membuatku salut adalah, di antara para pengusaha muda itu terlihat saling bantu. Ketika salah seorang rekan pengusahanya menceritakan berbagai hambatan dalam bisnis makanan, beberapa rekan sejawat tak pelit memberikan solusi. Mereka selalu mau berbagi kiat untuk meningkatkan omzet penjualan dan kiat pemasaran.

Apa saja ragam produk yang kucicipi saat berkunjung ke kelompok himpunan pengusaha muda di Bogor?

Papapia adalah salah satu yang kucicipi. Rasanya menurutku lebih enak dibandingkan bakpia mainstream dari Yogyakarta. Ini salah satu produk yang menurutku pantas bersaing sebagai icon baru oleh-oleh khas Bogor. Jika kebanyakan orang selalu mengaitkan bakpia dengan Yogyakarta, Papapia memiliki peluang besar untuk memecah peta Bakpia menjadi dua, yaitu Yogyakarta dan Bogor.

Walaupun tak menjadi mainstream dan kurang kusukai rasanya, dulu saat berkunjung ke Bogor juga biasa mendapatkan jajanan berupa manisan buah Pala. Produk itu pun kini mengalami inovasi menjadi sirup pala. Cielo merknya. Aku sempat mendatangi pabrik rumahan Cielo ini. Melihat dari proses pembuatan sampai pengemasan, aku pun akhirnya mencoba dua botol. Kesannya, kini aku suka sirup pala tersebut. Akhirnya aku jadi doyan buah Pala, meskipun dalam bentuk sirup.

Oleh-Oleh Bogor

Apa lagi?

Masih banyak. Ada Coklat Batik Batangan, Kerupuk Daun Ginz, Panda Bum Cupcake, Sari Lidah Buaya, Jus Lidah Buaya, Teh Rosela, Beras Kencur, Kunyit Asam, Pie Susu Rafles, Cengek Chili Bags, Sari Mengkudu, dan lainnya.

Di mana Anda bisa membeli oleh-oleh khas Bogor itu?

Gampang! Anda tinggal datang saja ke toko-toko yang menjual produk-produk dalam binaan HIPMI-Bogor tersebut. Misalnya saat Anda berbelanja di Gerai Lapis Talas, pasti produk-produk lainnya tersedia dalam etalasi gerai tersebut. Begitupun ketika Anda mampir ke toko Papapia, tersedia beragam produk lainnya di sana. Ini merupakan wujud saling bantu sesama pengusaha Bogor. Keragaman produk tak membuat persaingan mereka menjadi destruktif, justru malah saling bantu untuk berkembang dan sukses bersama demi menganekaragamkan produk oleh-oleh Bogor.

Oleh-Oleh Bogor

5331 Total Views 12 Views Today
Inovasi Oleh-oleh Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,053 times, 1 visits today)

Tagged:


About

tinggal di Bogor, suka kelayapan mengamati geliat masyarakat


'Inovasi Oleh-oleh Bogor' have 1 comment

  1. 03/30/2015 @ 11:52 am unggulcenter

    iya kang.. skrg ngebekalin oleh oleh kerabat yg datang ke rumah jadi makin mudah dan packagingnya premium. bawa oleh oleh dari bogor ga kayak baru dari kampung sebelah hehe.. keren gitu klo ada sodara jauh yg datang n mau pulkam naik pesawat ga malu malu lagi bawa talas utuh hihi..

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool