Share on Pinterest
More share buttons

Ini Masjid Kampus Terbesar Indonesia yang ada di Bogor

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk memeluk agama Islam, Indonesia memiliki banyak sekali masjid disetiap penjuru kota dan desa, termasuk berupa masjid kampus yang selain digunakan sebagai sarana beribadah mahasiswa muslim dan muslimahnya, juga kerap kali digunakan sebagai tempat diskusi dan kajian dakwah Islam secara rutin.

Di Indonesia, hampir setiap kampus memiliki masjid dan atau mushala kecil untuk menunjang kegiatan ibadah mahasiswa dan warga kampus lainnya didalamnya, tapi ada beberapa kampus yang secara ekslusif membangun sebuah masjid yang cukup besar sehingga dapat menampung lebih banyak lagi jamaah di kampus tersebut.

Dan salah satu kampus yang disebut memiliki masjid kampus terbesar di Indonesia adalah kampus Institut Pertanian Bogor dengan masjid kampus yang dinamakan dengan Masjid Al-Hurriyah.

sumber : foursquare.com

sumber : foursquare[dot]com

Berdiri di dekat salah satu penginapan atau hotel Bogor yang merupakan salah satu lini bisnis kampus IPB, Wisma Amarilis, Masjid Al-Hurriyah memiliki konsep desain yang sangat unik, sehingga banyak orang tidak akan menyangka bahwa bangunan ini adalah masjid kampus yang bahkan masuk 7 besar masjid kampus terbesar di Indonesia.

Konsep arsitektur masjid ini menggunakan konsep segitiga yang juga banyak ditemukan pada pembangunan bangunan di kampus ini. Mulai dari bentuk luarnya yang terlihat seperti topi orang meksiko yang berbentuk segitiga terbalik, sampai ke konsep tiang penyangga langit-langit yang juga sangat kental dengan bentuk segitiga.

Uniknya, bentuk tiang penyangga langit-langit ini didesain secara khusus sehingga bangunan masjid ini tidak memiliki banyak tiang pancang yang biasanya berdiri ditengah-tengah area shalat dan area lainnya. Bahkan diarea utama shalatnya sendiri tidak ada tiang pancang sama sekali, sehingga jamaah bisa lebih merapatkan barisan saat melakukan shalat dan tidak menghalangi pandangan untuk memperhatikan khatib saat khutbah dilakukan.

sumber : alhurriyyah.lk.ipb.ac.id

sumber : alhurriyyah.lk.ipb.ac.id

Hal ini juga ditambah menarik dengan tidak banyaknya ditemukan dinding masjid kecuali pada area wudhu, tempat penitipan barang, perpustakaan, dan ruang multifungsi lainnya. Walaupun terdapat juga dinding masjid dinamis yang bisa dibuka tutup sesuai kebutuhan, namun dinding ini seringkali dibiarkan terbuka sehingga udara bebas dan cahaya akan dengan mudah masuk ke masjid dan membuat nyaman para jamaah untuk berlama-lama berisirahat di dalam Masjid Al-Hurriyah IPB ini. Apalagi disekitar masjid ini adalah taman hijau yang asri, sehingga sejuknya taman langsung terasa dari dalam masjid yang beralaskan lantai marmer ini.

Hal lain yang mungkin menjadi perhatian anda saat berkunjung ke masjid ini adalah hampir tidak adanya ukiran atau hiasan kaligrafi yang bisa anda temukan pada masjid ini. Dikutip dari Republika, berikut alasannya : “Ada yang bilang (ukiran dan kaligrafi— Red) akan mengganggu konsentrasi. Masalah ini memang sempat ada yang mempertanyakan.”

Meskipun demikian, hal ini tidak menjadi masalah bagi orang kebanyakan, sehingga masjid yang dibandung pada tahun 1992 dan berkapasitas 5000 jamaah ini tetap ramai dikunjungi dan difungsikan sebagaimana layaknya masjid biasanya.

Sudahkah anda menyempatkan diri untuk shalat di Masjid Al-Hurriyah IPB ini? 🙂

6892 Total Views 6 Views Today
Ini Masjid Kampus Terbesar Indonesia yang ada di Bogor
4 (80%) 2 votes
(Visited 2,324 times, 1 visits today)


About

Anak rantau yang bentar lagi bakal resmi jadi penduduk Bogor


'Ini Masjid Kampus Terbesar Indonesia yang ada di Bogor' have 1 comment

  1. 09/21/2015 @ 4:25 pm zaki

    masjid dengan arsitektur unik sayang nya ada di area kampus … keren

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool