Share on Pinterest
More share buttons
Masjid Raya Bogor

Indahnya Berbuka Bersama di Masjid Raya Bogor

Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah. Saat Ramadhan adalah saat paling dinanti dan istimewa. Moment sahur dan buka puasa bersama orang-orang tersayang menjadi momen yang tak pernah rela untuk dilewatkan. Sudah dari jauh hari, banyak orang berburu tiket pesawat murah agar bisa segera pulang dari tempat rantauan dan berkumpul bersama sanak famili. Tak hanya itu, banyak pula yang sudah merencanakan destinasi liburan hari raya, salah satunya liburan di bogor.

Bogor tetap menjadi primadona. Jaraknya yang tak terlalu jauh dari ibukota membuat jalanan dan tempat wisata Bogor tak pernah sepi, terlebih wisata kulinernya. Banyak pengunjung yang sengaja datang ke Bogor untuk berbuka puasa bersama di resto atau cafe yang ada di Bogor. Jangan lupa, anda harus datang lebih awal, agar kebagian tempat. Tapi sesekali, cobalah berbuka puasa di masjid raya Bogor.

Masjid Raya Bogor

Masjid Raya Bogor Menjelang Maghrib
foto : Putri Fadhilah Fashya dok.pri

Masjid yang terletak di jalan raya Pajajaran no. 10 ini berjarak kurang lebih 400 meter dari terminal Baranang Siang. Masjid ini sering disinggahi oleh pelancong karena lokasinya yang terletak di tepi jalan raya. Masjid ini cukup luas dengan arsitektur modern yang terbilang mewah. Hanya saja para pedagang yang berdagang tidak teratur di depan area masjid membuat masjid ini terkesan kurang bersih.

Hari minggu yang lalu, saya dan teman saya datang ke masjid ini untuk menunaikan shalat ashar. Usai shalat ashar, ternyata ada kajian bedah buku dari seorang penulis sekaligus ustadz. Kami pun berdiam diri dan memutuskan untuk berbuka puasa bersama di masjid raya. Masjid raya memang sering sekali mengadakan kegiatan, mulai dari kajian atau ceramah keislaman sampai dengan bazzar makanan, buku, dan produk-produk muslim lainnya.

Masjid Raya Bogor

Shalat Berjamaah
foto : Putri Fadhilah Fashya dok.pri

Masjid Raya Bogor

Shalat Berjamaah di Masjid Raya
foto: Putri fadhilah Fashya dok.pri

Pelataran masjid yang luas dengan pemandangan gunung salak menambah keindahan masjid yang dibangun pada tahun 1970-an ini. Sehingga banyak pelancong yang memanfaat kesempatan untuk mengabadikan momen dengan latar gunung salak. Namun sayang saat saya datang, gunung salak sedang tertutup kabut sehingga tidak nampak.

Usai mengikuti bedah buku, saya dan teman saya menghampiri satu sudut masjid yang terdapat rak-rak berisi buku. Ya, bisa dibilang ini perpustakaan terbuka. Siapapun boleh membaca buku yang tersedia, tetapi tidak bisa dipinjamkan. Sembari menunggu maghrib, banyak orang yang terlihat duduk bersila membaca buku.

Masjid Raya Bogor

Membaca di Perpustakaan
photographer : Putri Fadhilah Fashya

Beberapa saat sebelum adzan maghrib, para pengurus masjid membagikan takjil dan makanan berbuka untuk para musafir. Kemudian musafir pun mengambil posisi di pelataran masjid untuk berbuka bersama, menanti detik-detik adzan berkumandang.

Masjid Raya Bogor

Detik-detik Saat Berbuka Besama

Suasana hening tercipta saat muadzin mengumandangkan adzan maghrib tiba waktu berbuka. Semua orang sejenak berhenti melakukan aktivitasnya dan berbuka bersama. Terasa sekali kenikmatan berbuka bersama dengan saudara sesama muslim meski tidak saling mengenal. Banyak di antara mereka dengan ramah menawarkan makanan yang mereka bawa untuk dimakan bersama, berbagi keberkahan Ramadhan. Usai menyantap makanan berbuka, kami pun shalat maghrib berjamaah. Melaksanakan rukun islam yang kedua.

3760 Total Views 3 Views Today
Indahnya Berbuka Bersama di Masjid Raya Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 423 times, 1 visits today)


About

Blogger. Freelancer. Contributor.


'Indahnya Berbuka Bersama di Masjid Raya Bogor' have 1 comment

  1. 09/20/2016 @ 11:01 am Realita Prawira

    Saya suka Bogor

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool